TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Ampuh untuk Bisa Tidur Lebih Cepat di Bulan Puasa

Mama ingin tidur cepat namun berkualitas di bulan puasa? Yuk simak tips ini!

pexels/ketut subiyanto

Tidur yang berkualitas agaknya menjadi dambaan banyak orang ya. Sebab seiring bertambahnya usia, kesibukan dan padatnya pekerjaan membuat seseorang kurang tidur, tak terkecuali Mama.

Mengurus anak dibarengi bekerja terkadang membuat Mama tidak punya waktu untuk tidur, sebagaimana yang dianjurkan para ahli yakni 8 jam. Belum lagi kini sudah masuk bulan Ramadhan dan Mama harus menyiapkan makan sahur. 

Lantas, bagaimana cara ampuh untuk bisa tidur lebih cepat dan mendapatkan tidur yang berkualitas di bulan Ramadan ini?

Berikut tips dari Popmama.com rangkum, 10 cara ampuh untuk bisa tidur lebih cepat saat puasa. Yuk Ma kita simak!
 

1. Matikan perangkat elektronik dan hindari 1 jam sebelum tidur

Pexels/cottonbro studio

Dikutip dari Healthline.com, pancaran sinar biru dari barang-barang elektronik seperti gadget, televisi, ataupun komputer dapat menghambat menahan hormon melatonin, hormon yang membuat rasa kantuk.

Inilah alasan mengapa Mama sulit tidur karena tak kunjung mengantuk. Maka dari itu, Mama disarankan untuk mematikan perangkat elektronik sebelum tidur ya!

2. Hindari minum kafein menjelang tidur

Freepik/freepik

Seperti yang kita ketahui, kafein dapat mencegah kita dari rasa kantuk. Maka dari itu, Mama menyarankan untuk tidak mengonsumsi kafein menjelang tidur. 

Apalagi disarankan untuk tidak minum kafein 6 jam sebelum tidur atau meminum kafein saat berbuka puasa. 

3. Buat kamar dan ranjang senyaman dan sehening mungkin

Pexels/Andrea Davis from Pexels

Cara ketiga yang bisa Mama lakukan agar bisa tidur lebih cepat antara lain membuat kamar dan kasur Mama terasa sangat nyaman.

Mama bisa mengatur suhu ruangan menjadi sedikit lebih dingin, mengatur posisi bantal, dan gunakan penutup mata atau telinga, agar terhindar dari kebisingan yang mengganggu. Dengan cara ini, Mama bisa bangun sahur lebih awal untuk menyiapkan makanan. 

4. Mandi air hangat untuk relaksasi otot

Pexels/nana

Mandi air hangat bisa membantu otot Mama lebih rileks dan membuat waktu istirahat lebih efektif sehingga saat bangun sahur Mama akan merasa lebih segar.  

Dikutip dari Healthline.com, metode in bisa Mama bisa coba dengan mandi air hangat sekitar 90 menit sebelum tidur. Dilansir dari sleepfoundation.org, penelitian memberikan kredibilitas pada efek mandi air hangat. Sebuah meta-analisis dari 17 penelitian menemukan bahwa mandi sore atau berendam.

Lihat Sumber dalam air antara 104 dan 108,5 derajat Fahrenheit meningkatkan kualitas tidur. Mereka yang mandi atau mandi satu hingga dua jam sebelum tidur juga lebih cepat tertidur.

5. Baca buku memancing rasa kantuk

Freepik/jcomp

Kegiatan membaca buku dapat membuat kita melepaskan stress dan membuat kita mengantuk dengan cepat.

Maka dari itu, cara ini bisa Mama ikuti agar rasa kantuk melanda, misalnya dengan mengajak si kecil membaca buku cerita menjelang tidur. 

6. Gunakan minyak atau lilin aromaterapi membantu relaksasi otot

Freepik/Nastyaofly

Mama bisa menggunakan minyak atau lilin aromaterapi apabila Mama sulit tidur. Wewangian aromaterapi yang sering dijumpai antara lain lavender, vanilla, dan bunga kamomil.

Namun biasanya, aromaterapi yang populer dikalangan banyak usia yakni aroma lavender, yang dipercaya membuat kualitas tidur lebih baik.
 

7. Coba metode pernapasan 4-7-8 untuk relaksasi

Freepik

Masih dikutip dari Healthline.com, metode pernapasan 4-7-8 ini dipercaya dapat meningkatkan ketenangan dan relaksasi, sehingga Mama bisa sedikit bersantai sebelum tidur. 

Metode 4-7-8 yang dimaksud yaitu dengan melakukan 4 detik tarikan nafas pertama lewat hidung, dilanjutkan 7 detik tahan nafas, dan diakhiri 8 detik buang nafas lewat mulut. 

Nah, itulah rangkuman dari Popmama.com mengenai 7 cara ampuh untuk bisa tidur lebih cepat di bulan puasa yang bisa Mama lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Baca juga:

 

The Latest