TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kiky Saputri Singgung Sandwich Generation dan Kesiapan Jadi Orangtua

Kiky Saputri berpesan agar orangtua bisa membahagiakan anak-anaknya

Instagram.com/kikysaputrii

Nama Kiky Saputri sempat viral terkait unggahan di Instagram. Sang komika kala itu menulis sebuah pesan menyentuh yang menyinggung masalah pada Sandwich Generation.

“Berbakti pada orangtua adalah sebuah keharusan.Tapi menuntut mereka di atas kemampuan sementara kita lalai menjaga tanggung jawab adalah hal yang keji. Selayaknya mereka tidak pernah minta untuk dilahirkan, sepatutnya pula kita “tidak menuntutnya” untuk membalas budi,” tulis Kiky di akun Instagram.

Bukan hanya untuk orang lain, tulisan tersebut juga ditujukkan untuk dirinya kelak saat menikah dan menjadi orangtua. Kiky juga mengedukasi agar menjadi orangtua harus siap secara mental dan finansial.

Nah, biar tak penasaran mengenai unggahan Kiky Saputri, berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta lainnya yang patut disimak.

1. Kiky berbicara mengenai kesulitan menjadi orangtua

Instagram.com/kikysaputrii

Dalam unggahannya, Kiky menyebut menjadi orangtua bukanlah hal yang mudah. Butuh banyak pertimbangan serta pemikiran yang matang agar anak tidak menjadi korbannya.

“Menjadi orangtua tidak mudah. Itulah kenapa semua pemikiran dan tindakan harus dilakukan secara matang dan penuh pertimbangan. Jangan sampai karena keegoisan orangtua, justru anak yang menjadi korban dan disalahkan,” katanya.

2. Dia juga menyinggung masalah Sandwich Generation yang sering terbebani

Instagram.com/kikysaputrii

Tulisan yang dibuat Kiky juga menyinggung masalah anak muda saat ini yang sering terbebani oleh kewajiban membalas budi kepada orangtua. Dalam situasi ini dikenal dengan istilah Sandwich Generation.

“Ketika orangtua menganggap bahwa: setiap anak “wajib” membalas budi atas apa yang sudah mereka keluarkan,” jelas Kiky.

Menurutnya, orangtua harus memiliki tanggung jawab kepada anaknya. Jangan biarkan anak kesusahan dalam masa mudanya yang pada akhirnya harus menanggung beban seluruh keluarganya.

“Sungguh kasihan, ketika kecil harus hidup susah dan kepayahan, setelah besar harus langsung menanggung beban hidup keseluruhan,” sambungnya.

3. Tulisan tersebut juga ditujukkan untuk dirinya sendiri

Instagram.com/kikysaputrii

Tak hanya untuk orang lain, tulisan tersebut dibuat sebagai pengingat untuk dirinya sendiri saat menjadi orangtua kelak. Dia juga tak menampik jika alasan tersebut menjadi penyebab dirinya belum kunjung menikah.

“Jika saya ingin punya anak, maka saya harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Mental dan material,” terang Kiky.

“Jika dia lahir atas keinginan saya, maka saya tidak akan membuatnya menjadi susah atas kelalaian saya,” lanjutnya.

4. Kiky berpesan agar tidak mengulangi kesalahan orangtua

Instagram.com/kikysaputrii

Dalam akhir kalimatnya, Kiky berpesan kepada seluruh calon orangtua agar tidak mengulangi kesalahan terdahulu. Dia juga mengatakan agar orangtua mengedepankan kebahagiaan anak-anaknya agar tidak menanggung kesalahan orangtuanya di masa mendatang.

“Jadilah orangtua yang bertanggung jawab dan menyenangkan. Jangan biarkan air mata anakmu jatuh karena ketidakmampuanmu,” ucap Kiky.

“Kamu yang membuatnya, kamu yang menginginkannya. Maka kamu yang harus mengusahakan kebahagiaannya,” tutupnya.

Itulah beberapa fakta mengenai unggahan Kiky Saputri mengenai pentingnya kesiapan menjadi orangtua, sehingga pada akhirnya tidak menyulitkan kehidupan anak-anaknya kelak.

Baca juga:

The Latest