TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Persiapan Membeli Baju Bayi saat Hamil Tua

Jangan sampai kalap saat berbelanja ya, Ma!

Freepik/Phudet

Jelang akhir kehamilan, Mama tentu sudah mulai mempersiapkan semua kebutuhan untuk menyambut si Kecil. Mulai dari tempat tidur bayi, selimut sampai baju untuk dipakai sehari-hari. Berbelanja memang menjadi sebuah rutinitas yang menyenangkan, terutama untuk Mama yang hobi shopping.

Belanja kebutuhan baju untuk si Kecil memang pelu dilakukan dari jauh-jauh hari, sehingga saat anak mama sudah lahir bisa menggunakan pakaian yang tepat. 

Namun, usahakan untuk tidak kalap ketika sedang berbelanja kebutuhan baju. Mengingat perlengkapan bayi memang terlihat menggemaskan, sehingga seringkali bisa membeli barang yang justru tidak diperlukan hanya karena lucu. 

Jangan sampai karena alasan lucu, Mama memborong bisa semua baju yang ada di toko. Pastikan untuk memilih baju atau perlengkapan yang memang dibutuhkan oleh bayi.

Lalu bagaimana cara memilih baju yang tepat untuk bayi saat ia belum lahir? Untuk membantu Mama terutama jika ini kehamilan pertama, kali ini Popmama.com merangkum beberapa tips yang perlu dipahami. 

Disimak dengan baik yuk, Ma!

1. Kenyamanan harus menjadi prioritas utama

Freepik/User18617236

Saat mencari pakaian yang ideal untuk bayi, hal pertama dan terpenting yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pakaian bayi harus sesuai. Untuk tumbuh dengan baik, bayi baru lahir perlu mengenakan pakaian nyaman dan tidak terlalu ketat.

Selain itu, bahan pakaian tidak bisa asal-asalan karena kulit bayi sangat sensitif. Jika bayi mengenakan baju yang terbuat dari bahan sintetis yang kasar, maka dapat meningkatkan risiko iritasi. Maka dari itu, Mama harus membeli pakaian dengan bahan yang nyaman saat digunakan oleh bayi.

2. Model yang dipilih harus sederhana

Freepik/Freephoto

Jenis pakaian untuk bayi memang terlihat sangat menggemaskan. Tak jarang, banyak orangtua yang mungkin lupa diri karena ingin membeli semuanya.  Ingin melihat si Kecil menggunakan gaun yang lucu yang menggemaskan. seringkali menjadi godaan tersendiri yang sulit untuk ditolak.

Namun, Mama tetap harus mengutamakan prioritas si Kecil dalam hal berpakaian. Usahakan untuk mencari pakaian yang lebih ideal digunakan bayi, khususnya saat baru dilahirkan. Pastikan si Kecil merasa nyaman dengan pakaian yang digunakan.

Perlu diketahui bahwa kancing dan pita yang menempel pada gaun dapat menimbulkan ruam pada kulit bayi. 

Itulah mengapa sebaiknya Mama harus mencari baju bayi baru lahir yang sederhana. Nanti ada waktunya bagi bayi untuk menggunakan pakaian yang lucu dan menggemaskan ya, Ma.

3. Beli pakaian yang tepat sesuai dengan musim

Maxpixel.net

Saat memilih pakaian untuk bayi, cuaca atau musim mempunyai peran penting. Maka dari itu, Mama harus memilih pakaian sesuai dengan cuaca.

Pakaian yang salah berisiko menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi, misalnya saat si Kecil mengenakan kaos tanpa lengan ketika memasuki musim hujan.

4. Perhatikan ukuran pakaian

Pixabay/themarketingshoppe

Mama harus memastikan bahwa baju yang akan dikenakan bayi benar-benar cocok untuknya. Jika tidak, maka itu bisa sangat bermasalah untuk kesehatan si Kecil terutama bagian kulitnya.

Si Kecil mungkin akan menerima banyak hadiah, termasuk baju. Saat mengenakan pakaian ke bayi, Mama harus memastikan si Kecil mengenakan pakaian dengan ukuran yang pas dan tidak kesempitan.

Ketika ingin membeli pakaian untuk bayi di akhir masa-masa kehamilan, Mama perlu mengetahui berapa lama perkembangan bayi di setiap ukuran pakaian. Mengingat di hari-hari awal kelahirannya, bayi akan tumbuh dengan sangat cepat. Jadi tidak heran jika pakaiannya akan menjadi sempit dalam waktu singkat.

5. Beli pakaian yang benar-benar dibutuhkan

Pixabay/PublicDomainPictures

Mama juga harus mengetahui beberapa pakaian terbaik untuk bayi baru lahir. Ini akan membantu Mama mendapatkan pakaian yang tepat untuk si Kecil. Berikut beberapa pakaian yang harus dimiliki oleh bayi antara lain: 

  • Piyama
  • Kaus dalam 
  • Baju sehari-hari untuk di rumah
  • Jaket dan sweater
  • Baju untuk bepergian

6. Membeli pakaian di tempat yang tepat

Pexels/Karolina Grabowska

Mama harus mencari tahu tempat untuk membeli pakaian bayi yang bagus dan berkualitas, bahkan dengan harga terjangkau. Mama dapat mencari beberapa pilihan dari toko, sebelum akhirnya memusatkan perhatian pada satu yang ingin Mama beli untuk kebutuhan si Kecil.

Selain itu, toko tersebut harus menyediakan pakaian berkualitas yang nyaman untuk bayi agar tidak menimbulkan masalah kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih toko yang tepat ketika sedang membeli berbagai pakaian bayi.

7. Bisa membeli pakaian secara online

Pexels/cottonbro

Toko online menawarkan berbagai macam desain dan bahan pakaian bayi untuk dipilih. Jika Mama tidak nyaman pergi keluar terutama saat sedang hamil tua, jauh lebih nyaman untuk membeli barang yang dibutuhkan secara online.

Mama mungkin menemukan penawaran dan promo menarik saat berbelanja secara online. Meski begitu, dalam membeli baju bayi jangan pernah kompromi dengan kualitas bahannya. Hindari juga memilih pakaian yang terlalu banyak hiasan atau pernak-pernik.

Selain itu, pilih pakaian yang mudah dikenakan dan dilepas. Pastikan juga pakaian si Kecil terbuat dari kain yang dapat membuat kulit bernapas. Begitu juga pesanlah pakaian dengan ukuran yang sesuai agar tidak kesempitan saat dipakai.

Perlu diingat kalau ukuran satu merek mungkin tidak sama dengan merek lainnya. Periksa setiap ulasan sebelum membeli, sehingga barang yang sampai nanti di rumah bisa sesuai dengan ekspektasi.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan ketika ingin membeli baju bayi ketika sedang hamil tua. 

Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

Baca juga:

The Latest