Pentingnya Kemampuan Menggenggam dalam Milestone si Kecil

Bukan sekadar refleks biasa, menggenggam adalah dasar menuju keterampilan tangan berikutnya

6 Maret 2020

Penting Kemampuan Menggenggam dalam Milestone si Kecil
Pexels/Pixabay

Momen di mana bayi dapat menggenggam dan memegang benda ternyata bukan sekadar keterampilan biasa. Kemampuan menggenggam merupakan tahapan penting dalam tonggak perkembangan kehidupan bayi mama. 

Belajar meraih, memegang dan menggenggam barang bukan hanya membuat bermain jadi lebih menyenangkan buat si Kecil lho, Ma. Melainkan juga menjadi alas tonggak pengembangan keterampilannya di masa depan, seperti memegang sendok-garpu atau memainkan benda-benda kecil dengan kedua tangannya. 

Sepenting apa sih kemampuan menggenggam bagi bayi? Berikut Popmama.com merangkum serba-serbinya, dilansir dari hellomotherhood.com:

Tipe-tipe Menggenggam

Tipe-tipe Menggenggam
Freepik/Onlyyouqj

Secara umum, ada dua jenis genggaman tangan bayi yang disebut genggaman Palmar dan genggaman menjepit.

Genggaman Palmar melibatan penggunaan seluruh tangan untuk 'membungkus' suatu obyek, kemudian memegangnya dan mengambilnya.

Sementara genggaman menjepit adalah genggaman yang terjadi saat bayi mengambil atau memegang benda di antara ibu jari dan jari telunjuknya.
 

Editors' Picks

Kapankah Bayi Mulai Mengembangkan Kemampuan Menggenggam?

Kapankah Bayi Mulai Mengembangkan Kemampuan Menggenggam
Freepik/Onlyyouqj

Secara naluriah, bayi lahir menggengam tangannya dengan posisi Palmar. Genggaman Palmar alamiah akan berangsur-angsur menghilang saat bayi berusia tiga bulan.

Di usia empat bulan, bayi mengembangkan genggaman Palmar dasar berupa cengkeraman tangan saat ia merasakan sesuatu yang menyentuh telapak tangannya. Awalnya, genggaman Palmar ini tidak melibatkan ibu jari. Tetapi, bayi akan segera menyadari bahwa mempergunakan ibu jari akan memberinya pegangan yang lebih nyaman dan lebih baik. 

Genggaman menjepit akan berkembang setelah bayi menginjak usia delapan bulan. Menurut Baylor University Medical Center, kendali genggaman yang sebenar-benarnya baru terlihat saat bayi menginjak usia dua tahun. 

Bagaimana Cara Mendorong Kemampuan Menggenggam Bayi?

Bagaimana Cara Mendorong Kemampuan Menggenggam Bayi
Freepik/Dragana_Gordic

Cara terbaik untuk mendorong kemampuan menggenggam pada bayi adalah dengan memberinya hal-hal menarik untuk digenggamnya. Letakkan mainan favoritnya tepat di sampingnya. Hal ini akan mendorongnya meregangkan tangan dan memegangnya untuk menariknya lebih dekat. 

Selepas usia delapan bulan, bayi sudah bisa diberi aneka buah dan sayur potong yang lunak untuk mengembangkan kemampuan menggenggam dan menjepit dengan jari-jari kecilnya.

Kapan Saatnya Kemampuan Menggenggam Mendapatkan Perhatian Khusus?

Kapan Saat Kemampuan Menggenggam Mendapatkan Perhatian Khusus
Freepik/Dragana_Gordic

Kemampuan menggenggam tiap bayi pasti berbeda-beda. Momen tonggak perkembangan bayi yang lahir prematur bisa jadi tidak sama dengan bayi yang lahir normal. Biasanya mereka akan lebih lambat sedikit. 

Tetapi, jika seorang bayi tidak menunjukkan upaya untuk menggenggam dan memegang suatu obyek pada usia sembila bulan, konsultasikan pada kondisi ini pada dokter anak. Dokter anak harus mengevaluasinya terkait keterlambatan perkembangan yang perlu mendapatkan penanganan yang komprehensif.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.