Apa Sih Manfaat Pijat untuk Bayi? Ini Daftarnya

Salah satu manfaat pijat adalah bisa meredakan bayi yang rewel

10 September 2019

Apa Sih Manfaat Pijat Bayi Ini Daftarnya
Freepik/peoplecreations

Pijat bayi beberapa waktu belakangan memang menjadi tren tersendiri di kalangan para orangtua. Biasanya pijat bayi ditawarkan bersama dengan spa bayi yang sudah banyak tersedia.

Meskipun kini sudah banyak jasa pijat bayi yang tersedia, tidak ada salahnya Mama memijat si Kecil sendiri di rumah. Sebab bayi pertama kali belajar berkomunikasi lewat sentuhan yang diberikan orangtuanya.

Pijat bayi biasanya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan, hal ini agar si Kecil merasa nyaman dan tidak rewel selama dipijat. Tidak ada batasan waktu pemberian pijatan, namun Mama bisa memberikan pijatan sekitar 15 menit dan dilakukan secara rutin.

Tidak hanya sekedar tren saja, memijat si Kecil terbukti memiliki berbagai manfaat nih, Ma. Pijat bayi bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi dengan memberikan stimulasi raba, gerak, dan kombinasi stimulasi lainnya.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 11 manfaat pijat bayi yang bisa didapatkan, disimak yuk, Ma!

1. Membangun ikatan batin antara orangtua dan bayi

1. Membangun ikatan batin antara orangtua bayi
Pixabay/PublicDomainPictures

Seperti yang sudah diketahui, bayi memang sudah belajar mengenal Mama dan Papa sejak ia lahir. Dengan memberikan sentuhan lembut pada si Kecil ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak.

Saat memberikan pijatan padanya, Mama bisa mengamati ekspresi si Kecil. Lihatlah bagaimana reaksi sentuhan dan pijatan yang Mama berikan, apa yang disukai atau tidak sukainya agar lebih nyaman dalam proses pemijatan.

2. Membuatnya lebih rileks

2. Membuat lebih rileks
Freepik

Selain bisa meningkatkan ikatan batin dengan orangtua, manfaat pijat bayi yang utama adalah menstimulasi sistem saaf pusatnya. Hal ini akan membuatnya nyaman karena otak memproduksi lebih banyak serotonin dan bisa menurunkan hormon stres.

Selain itu, kondisi seperti ini juga akan membuat detak jantung dan napas bayi lebih lambat, sehingga membuatnya lebih rileks.

3. Tidur lebih pulas

3. Tidur lebih pulas
Freepik

Si Kecil sering terbangun tengah malam dan disertai tangisan? Sepertinya Mama perlu mencoba memberikan pijatan padanya.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pijat bayi bisa membuatnya lebih rileks, hal ini tentu berdampak pada jam tidurnya di malam hari. Bayi akan tertidur dengan nyenyak tanpa harus terbangun terlalu dini sambil menangis.

Sudah pernah coba, Ma?

4. Tidak mudah rewel

4. Tidak mudah rewel
Freepik/v.ivash

Permasalahan satu ini biasanya yang membuat orangtua jengkel dan sering berakhir memarahi si Kecil. Padahal, hal seperti ini memang wajar dan sering terjadi pada bayi.

Namun, jika bayi sering rewel, Mama perlu memperhatikan apa penyebabnya. Hal umum biasanya disebabkan karena kondisi tubuhnya yang tidak fit.

Memberikan pijatan bisa menjadi cara untuk membuat bayi tidak mudah rewel. Bahkan, dipercaya bisa meringankan sembelit yang sering bayi alami.

Setelah diberikan pijatan, dijamin si Kecil tidak mudah rewel atau menangis secara berlebihan.

Editors' Picks

5. Melatih kepekaan saraf dan indera

5. Melatih kepekaan saraf indera
Pexels/Emma Bauso

Memberikan pijatan diyakini bisa membantu orangtua untuk melatih kepekaan saraf bayi. Sentuhan lembut yang diberikan pada bayi ternyata bisa menstimuli saraf dan indera perabanya, Ma.

Dengan pijatan, itu membuat si Kecil bisa membedakan sentuhan mana yang teralu besar dan mana yang tepat. Selain itu, pijat juga bisa membuat otot-ototnya lebih kuat dan fleksibel.

6. Mendukung pertumbuhan otak

6. Mendukung pertumbuhan otak
Freepik/prostooleh

Tidak hanya memberikan makanan bernutrisi untuk pertumbuhan otaknya, memberikan pijatan juga ternyata berguna bagi perkembangan otak si Kecil, Ma.

Saat ia menerima sentuhan dari pijat, itu akan merangsang terbentuknya sel-sel otak baru yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

Berbagai macam sentuhan, aroma dari minyak pijat, serta komunikasi Mama dengannya merupakan stimulasi yang akan menghasilkan melin, zat tersebut berfungsi untuk mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan sensorik dan motorik.

7. Menurunkan risiko kolik dan kembung

7. Menurunkan risiko kolik kembung
Babydigezt.com

Permasalahan umum bayi yang baru lahir adalah kolik dan kembung karena sistem pencernaan yang belum sempurna. Memberikan pijatan sejak dini terbukti ampuh melancarkan sistem pencernaannya, sehingga bisa menurunkan risiko kedua gangguan tersebut.

8. Mengoptimalkan proses pencernaan

8. Mengoptimalkan proses pencernaan
Freepik

Bayi memang sering mengalami permasalahan dalam pencernaan, hal ini wajar terjadi karena sistem pencernaan yang belum normal layaknya orang dewasa.

Cobalah berikan pijat bayi dengan baby oil, hal ini terbukti bisa membantu stimuli saraf yang menghubungkan antara otak dan perut, sehingga proses pencernaannya lebih optimal.

9. Meningkatkan berat badan

9. Meningkatkan berat badan
Parents.com

Manfaat pijat pada bayi biasanya hanya dikaitkan pada suasana psikis saja. Ternyata pijat bayi juga bisa mempengaruhi kondisi fisiknya lho, Ma.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa memberikan pijatan bisa meningkatkan berat badan bayi. Hasilnya akan lebih optimal jika diberikan bersama denga minyak pijat. Efek hangat dari minyak pijat mampu membuatnya lebih optimal dalam mencerna ASI atau MPASI.

10. Meningkatkan kepadatan tulang

10. Meningkatkan kepadatan tulang
Freepik/prostooleh

Pijat bayi diyakini mampu membuat detak jantung dan otak bayi menjadi lebih stabil. Manfaat lainnya juga bisa membantunya meningkatkan kepadatan tulang.

Terlebih jika bayi Mama adalah bayi yang lahir prematur, sangat cocok untuk membentuk kepadatan tulangnya agar tumbuh dengan baik.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Freepik/prostooleh

Tidak hanya orang dewasa, bayi yang rutin diberikan pijatan juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Sistem kekebalan tubuh biasanya diberikan melalui asupan zat besi yang cukup, zat ini memang sangat baik untuk bayi. Namun, tidak hanya memberikannya asupan zat besi, Mama bisa memberikan dukungan tambahan melalui pijatan agar sistem kekebalan tubuh si Kecil lebih kuat.

Itulah manfaat pijat bayi yang bisa didapatkan anak Mama. Yuk, berikan pijatan sejak dini untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.