7 Minyak Esensial yang Aman Digunakan untuk Pijat Bayi

Ketahui minyak esensial yang aman untuk bayi agar terhindar dari iritasi. Jangan salah pilih, ya!

9 Oktober 2018

7 Minyak Esensial Aman Digunakan Pijat Bayi
Unsplash/Chiến Phạm

Memijat bayi memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangannya khususnya untuk memelihara tubuh agar tetap sehat dan menjadikan tulang lebih kuat.

Mama dapat rutin memijat bayi untuk membangun ikatan emosional yang lebih kuat dengan si Kecil. Sentuhan tangan Mama pasti terasa lebih nyaman dan disukai anak. Bila rutin dipijat maka si Kecil akan aktif dan ceria serta mudah untuk tidur nyenyak.

Biasanya beberapa Mama menggunakan baby oil, minyak sayur, dan minyak esensial untuk memijat bayi. Apabila Mama termasuk salah satu yang menyukai minyak esensial, berhati-hatilah dalam memilihnya. Tidak semua minyak esensial cocok untuk bayi. Pilih yang tidak bersifat panas pada kulit sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Popmama.com akan membagikan 7 jenis minyak esensial yang aman digunakan untuk pijat bayi sebagai berikut:

1. Minyak kelapa

1. Minyak kelapa
prevention.com

Tumbuhan kelapa dikenal sangat bermanfaat mulai dari buah, batang dan daunnya. Daging buah kelapa dapat diolah menjadi minyak kelapa yang digunakan sebagai salah satu minyak pijat bayi.

Tekstur minyak kelapa terkenal ringan dan mudah diserap kulit. Selain itu minyak ini juga dapat memberikan efek pendinginan untuk tubuh serta mmiliki anti bakteri dan anti jamur sehingga cocok untuk memelihara kesehatan.

Apabila rutin mengoles minyak kelapa untuk pijat maka kulit bayi akan lembab dan kenyal. 

2. Minyak almond

2. Minyak almond
healthline.com

Almond selain memiliki rasa yang enak juga dapat diolah menjadi minyak yang memiliki banyak manfaat.

Minyak almond memiliki banyak kandungan vitamin E yang sangat bermanfaat memelihara kesehatan kulit dan mencerahkannya. Mama juga dapat menggunakan minyak almond sebagai campuran untuk mandi si Kecil.

Apabila rutin mengoleskan minyak almond pada kulit bayi maka akan dapat menenangkan bayi dan kualitas tidurnya pun akan meningkat.

Editors' Picks

3. Minyak lavender

3. Minyak lavender
food.ndtv.com

Minyak lavender dikenal sebagai ratu minyak esensial karena manfaatnya yang sangat banyak dan beragam.

Mama dapat menggunakan minyak ini untuk memijat si Kecil agar ia merasa lebih rileks sehingga tidurnya pun akan lebih nyenyak. Selain itu minyak lavender juga akan melindungi kulit dari gigitan nyamuk.

Mama dapat mengoleskan minyak ini setelah si Kecil mendapatkan vaksin, oleskan di sekitar area kulit yang disuntik maka ia akan merasa jauh lebih nyaman pada area tersebut.

Apabila rutin mengaplikasikan minyak lavender ke kulit bayi maka kelembaban kulitnya akan terjaga dan terhindar dari kulit kering serta ruam popok.

Lavender juga bisa sangat bermanfaat untuk Mama yang baru melakukan persalinan.

Mama dapat menghirup wanginya untuk mengurangi rasa pusing, sakit, dan mencegah baby blues, lho!

4. Minyak zaitun

4. Minyak zaitun
Pexels/Pixabay

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk memasak, akan tetapi juga bagus digunakan untuk memijat bayi karena kaya akan kandungan vitamin E. Minyak ini sangat aman digunakan dan kalaupun terjilat oleh bayi maka tidak akan menimbulkan penyakit maupun gangguan serius lainnya.

Apabila si Kecil mengalami konstipasi atau kolik, oleskan minyak zaitun hangat ke perut bayi dan pijat searah jarum jam. Dengan begitu maka tidurnya pun akan jauh lebih nyenyak.

Saat bayi baru lahir, kulit kepalanya rentan menjadi kering dan terbentuk lapisan atau kerak. Mama dapat mengaplikasikan minyak zaitun dengan cara mengoleskannya perlahan dan lap dengan handuk atau kain lembut, maka lapisan kerak yang kering pada kulit kepala bayi berangsur-angsur akan hilang.

5. Minyak mustard

5. Minyak mustard
food.ndtv.com

Minyak mustard tidak dapat diaplikasikan secara langsung pada kulit bayi karena memiliki efek panas. Oleh karena itu apabila Mama hendak menggunakan minyak ini harus dicampur terlebih dahulu dengan minyak esensial lain yang tidak bersifat panas.

Takaran minyak mustard yang digunakan pun cukup 1 tetes saja untuk bayi. Jika sudah balita maka dosis bisa ditingkatkan.

Mama dapat mencoba mengoleskannya terlebih dahulu pada kulit Mama, apabila tidak terasa panas baru oleskan pada si Kecil. Mengoleskannya pun jangan langsung di seluruh tubuh, coba gunakan di lengan bagian dalam dan biarkan beberapa jam. Apabila tidak ada iritasi baru boleh digunakan untuk tubuh.

Sifat minyak mustrad dapat menenangkan tubuh bayi sehingga merasa lebih nyaman dan tidak rewel.

6. Minyak jarak

6. Minyak jarak
food.ndtv.com

Minyak jarak merupakan salah satu minyak yang baik untuk memijat bayi. Mama dapat mengoleskannya sebelum mandi sambil dipijat perlahan.

Penggunaan rutin dari minyak jarak akan membuat tubuh bayi menjadi lembab karena efek minyak yang dapat menghidrasi kulit dan mencegah kulit kering.

Selain itu minyak ini juga bersifat anti bakteri dan anti jamur sehingga Mama dapat mengoleskannya di sekitar area kulit bayi yang baru disuntik atau diberi vaksin.

Apabila pencernaan si Kecil sedang tidak baik, oles minyak jarak ke bagian perut dan pijat searah jarum jam untuk memperbaiki sistem pencernaannya.

7. Minyak biji anggur

7. Minyak biji anggur
healthline.com

Minyak biji anggur merupakan salah satu minyak yang aman digunakan untuk pijat bayi. Sebaiknya pilih yang food grade sehingga aman bila terjilat oleh bayi. Mama juga harus memastikan bila minyak biji anggur ini diproses secara cold-pressed yang bebas dari pelarut kimia dan panas tinggi dalam pembuatannya.

Minyak esensial yang satu ini memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, bahkan melebihi minyak zaitun. Selain itu juga mengandung omega 6. Perpaduan omega 6 dan vitamen E sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas.

Mama juga dapat menggunakan minyak ini untuk kecantikan lho! Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak biji anggur pada wajah setiap mau tidur dan bangun tidur. Minyak ini bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mencerahkannya, menghilangkan jerawat, mengencangkan wajah, memudarkan bekas luka bahkan bisa menghapus sisa makeup yang menempel di kulit.

Minyak biji anggur juga dapat diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala karena dapat menyehatkan, menghilangkan ketombe membandel, dan menambah kilau rambut. Wow, banyak sekali ya manfaatnya.

Nah, itulah 7 minyak esensial yang aman digunakan untuk pijat bayi.

Mana yang menjadi pilihan Mama? Apakah salah satunya?

Baca juga: Pengalaman ngeri seorang Mama yang anaknya meninggal karena salah memilih minyak esensial 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk