Lakukan 5 Hal Ini saat Mempekerjakan Pengasuh di Masa Pandemi

Terapkan protokoler kesehatan demi menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga

28 Mei 2020

Lakukan 5 Hal Ini saat Mempekerjakan Pengasuh Masa Pandemi
atlantisthepalm.com

Bagi orangtua yang masih bekerja terutama yang memiliki bayi, mungkin kebijakan bekerja dari rumah tatkala pandemi Covid-19 ini adalah kebijakan yang melegakan sekaligus menantang. Melegakan, karena meminimalkan  risiko tertular virus saat bekerja di luar rumah. Tetapi juga menantang karena harus bisa membagi fokus dan perhatian antara pekerjaan dengan si Kecil. 

Sebagian orangtua akhirnya harus meminta bantuan dari pengasuh untuk mengasuh bayi saat mereka harus berkonsentrasi bekerja di rumah. Tentu saja, mempekerjakan pengasuh adalah sebuah pilihan yang tak lepas dari risiko. Lalu, bagaimana protokoler kesehatan dan tips-tips terkait kesehatan yang penting diketahui dan disosialisaikan pada pengasuh bayi yang bekerja di rumah?

Berikut Popmama.com merangkum lima hal yang harus Mama lakukan saat mempekerjakan pengasuh di masa pandemi:

1. Wajib menerapkan prosedur higienitas

1. Wajib menerapkan prosedur higienitas
Freepik

Kebersihan merupakan hal pertama yang wajib diterapkan di rumah, tak terkecuali kepada para pengasuh. Minta pengasuh bayi untuk melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah, mandi, dan berganti pakaian bersih sebelum memasuki area rumah dan menyentuh anak-anak.

Cuci tangan wajib dilakukan setiap saat, terutama setelah dari luar rumah, sebelum dan sesudah menyentuh wajah, sebelum menyajikan makanan, begitupun setelah batuk dan bersin. 

Jika pengasuh juga membantu mama mengerjakan pekerjaan rumah, mintalah ia untuk membersihkan area-area yang sering disentuh, seperti permukaan meja, gagang pintu, dan sebagainya, dengan cairan disinfektan. Tak lupa pula untuk menyemprot semua barang yang diterima dari luar rumah dengan disinfektan untuk mensterilkannya.

Editors' Picks

2. Mengenakan masker itu wajib

2. Mengenakan masker itu wajib
freepik

Virus Covid-19 atau pun virus flu dapat menyebar lewat bersin, batuk, ataupun cipratan ludah yang tak disadari. Untuk menjaga kesehatan semua orang yang berada di rumah,  maka pengasuh wajib mengenakan masker. Apalagi bagi mereka yang baru saja datang dari kerumunan orang banyak. Pasar atau supermarket, misalnya. 

Peraturan mengenakan masker ini wajib ditaati. Akan lebih baik lagi jika diikuti dengan menerapkan aturan jarak fisik semaksimal mungkin.

3. Usahakan hanya di rumah saja

3. Usahakan ha rumah saja
https://www.mommyish.com/

Ingatkan pengasuh untuk tidak keluyuran untuk urusan yang tidak penting. Usahakan hanya di rumah saja dan menghindari kerumunan. Apabila sang Pengasuh pulang ke rumahnya sendiri setiap harinya, pastikan ia menerapkan semua protokoler kesehatan sebelum memasuki area rumah, seperti poin nomor satu dan dua.

Namun bila sang Pengasuh menginap di rumah mama setiap harinya, berikan pengertian dan penjelasan logis mengapa harus di rumah saja untuk menekan potensi risiko terjangkit virus Covid-19.

4. Cek kesehatan pengasuh secara berkala

4. Cek kesehatan pengasuh secara berkala
Pixabay/Guvo59

Hal ini sangatlah penting diterapkan. Terutama bagi pengasuh yang sifatnya datang-pulang setiap harinya karena kita tidak bisa memantau pergerakannya selepas pulang dan menuju ke rumah mama. Jadi, sediakan termometer khusus untuk mengukur suhu tubuhnya setiap hari sebelum beraktivitas mengasuh si Kecil.

Bagikan panduan dan informasi-informasi penting seputar gejala dan penyebaran virus Covid-19 ini. Pastikan mereka memahami gejala sakit yang harus diwaspadai. Apabila mereka merasa tidak sehat, sekecil apapun gejala itu, mintalah mereka untuk terbuka menyampaikan kondisi kesehatannya pada Mama. Mereka harus beristirahat, tidak bekerja, dan tidak berinteraksi dengan orang lain sampai benar-benar sembuh.

Jika gejala sakitnya tak kunjung mereda, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter dan hanya dokter lah yang bisa memastikan apakah mereka sudah boleh kembali bekerja.

5. Berikan upah tambahan

5. Berikan upah tambahan
Freepik/Oundum101

Mungkin di saat pandemi Covid-19 ini pengasuh anak mama rela tidak pulang kampung saat Lebaran atau bekerja lebih ekstra dari biasanya karena harus menjaga anak lebih lama dari biasanya, sementara orangtua harus bekerja lebih pula. Hargailah kehidupan pribadinya yang harus dikorbankan demi keluarga mama.

Berikan apresiasi untuk mereka atas waktu lebih yang diberikan dan pengertiannya karena mau menjaga diri sendiri dan orang lain dengan tetap di rumah saja. Mama bisa mengapresiasinya dengan memberikan upah tambahan ataupun bingkisan untuknya, selama masa pandemi ini berlangsung. 

Sesuaikan upah tambahan dengan kemampuan keluarga mama. Sekecil apapun itu, pasti sangat berharga bagi mereka dan membuat mereka senang serta loyal terhadap keluarga mama. Karena bagaimanapun, mereka juga memiliki keluarga di rumah yang sebetulnya juga membutuhkan perhatian mereka, bukan hanya keluarga mama yang membutuhkannya.

Situasi ini mungkin cukup menyulitkan bagi sebagian orang. Kita harus membiasakan diri dengan keadaan normal baru ini. Komunikasikan dan terbukalah tentang apa yang menjadi perhatian mama kepada pengasuh. Ingatlah bahwa pengasuh anak juga bagian dari keluarga kita, yang kita ingin jaga agar tetap sehat dan selamat. 

Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.