Ukuran Lapangan dan Peraturan saat Main Voli yang Perlu Anak Ketahui

Yuk ajak anak-anak memahami peraturan permainan bola voli dengan baik!

13 Juni 2021

Ukuran Lapangan Peraturan saat Main Voli Perlu Anak Ketahui
kids.lovetoknow.com

Ada remaja mama suka permainan olahraga? Biasanya mereka memainkan olahraga apa saja? Mungkin biasanya mereka bermain bola basket, futsal, atau bahkan juga voli. 

Bola voli sendiri merupakan salah satu olahraga jenis bola besar yang disukai oleh banyak orang di Indonesia.

Permainan bola voli ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. Mengingat voli dimainkan dengan cara yang cukup berbeda dari olahraga lainnya. 

Bola voli dimainkan oleh dua tim yang masing-masingnya terdiri dari 6 orang dan posisinya berganti-ganti di setiap gilirannya. Dan dalam setiap permainannya membutuhkan lapangan voli dengan net dan bola voli. 

Permainan bola voli akan terasa lebih menyenangkan bila anak-anak remaja mama memahami aturan yang berlaku.

Untuk itu, Popmama.com akan memberikan penjelasan aturan mendasar dan informasi mengenai lapangan voli yang perlu anak remaja mama ketahui sebelum bermain. 

1. Mengenai bola voli

1. Mengenai bola voli
Pixabay/wolfganggerth

Pada dasarnya, bola voli merupakan salah satu olahraga yang dimainkan menggunakan tangan. Baik itu dengan cara memukul ataupun melambungkannya ke arah lapangan tim lawan. Permainan ini termasuk ke dalam jenis olahraga bola besar dan dimainkan oleh kedua tim yang masing-masing memiliki 6 pemain. 

Di Indonesia sendiri terdapat federasi bola voli yang bernama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia, atau yang disebut dengan PBVSI.

Sedangkan federasi internasional yang menaungi olahraga voli disebut dengan Federation Internationale de Volleyball atau FIVB.

Permainan bola voli sendiri dimainkan dengan beberapa cara mendasar yang berbeda dari olahraga lainnya, yaitu seperti teknik servis, teknik passing, teknik smash, dan juga teknik blocking.

Editors' Picks

2. Peraturan permainan bola voli

2. Peraturan permainan bola voli
raisingarizonakids.com

Salah satu hal penting dalam permainan olahraga ialah peraturan yang berlaku. Dengan memahami dan mengikuti aturan bola voli, permainan dapat berjalan dengan lebih lancar. Dan tentunya lebih menyenangkan.

Peraturan ini disusun oleh organisasi resmi tingkat dunia yang menaungi permainan ini adalah FIVB (Federation Internationale de Volleyball).

Sebagai salah satu olahraga yang banyak diminati, bola voli memiliki beberapa aturan penting dalam permainannya, diantaranya ialah:

  • Setiap regu atau tim memiliki kesempatan tiga kali untuk memukul bola.
  • Di awal pertandingan, salah seorang pemain wajib melakukan serve ke arah area lawan yang dilakukan oleh seorang server.
  • Tim yang memenangkan rally berhak mendapat satu poin serta memiliki hak untuk melakukan serve.
  • Saat rally telah selesai, pemainnya harus bertukar tempat dengan memutar searah jarum jam.
  • Jumlah pemain dalam satu regu adalah enam orang. Hanya tiga pemain yang bisa melakukan blocking di dekat net. Sedangkan pemain lainnya bertugas memukul bola melewati net, dari belakang garis serang atau garis tiga meter (garis yang memisahkan garis depan dengan belakang lapangan).
  • Pergantian pemain diperbolehkan selama pertandingan berlangsung.
  • Komposisi pemain dalam permainan voli ialah seorang setter, dua blocker, dua receiver-hitter, serta seorang spiker.
  • Satu tim atau regu dapat mecetak satu poin di setiap rally, terlepas tim mana yang melakukan serve terlebih dahulu.
  • Pertandingan permainan voli terdiri atas lima set. Empat set pertama menggunakan sistem 25 rallypoint. Sedangkan pertandingan terakhir menggunakan sistem 15 poin.
  • Adanya peran libero, yang tidak bisa melakukan serve, pergantian posisi, serta melakukan pukulan bola. Libero menggunakan seragam berwarna beda yang berdiri di bagian belakang lapangan. Libero bertugas untuk menjaga sistem pertahanan bagian belakang serta untuk memperpanjang sistem rally point.
  • Sistem penilaian yang ada di dalam permainan bola voli yaitu setiap tim wajib dapat memainkan bola yang masuk ke area lapangannya paling banyak 3 kali sentuhan. Lalu, bola perlu dilemparkan melewati net ke area lapangan permainan tim lawan.

3. Lapangan bola voli

3. Lapangan bola voli
sportsimports.com

Sama seperti olahraga bola besar lainnya, bola voli memiliki lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu. Lapangan ini membagi area bermain kedua tim.

Namun terdapat sebuah net panjang pada bagian tengah lapangan, mirip dengan model lapangan pada olahraga bulu tangkis. 

Lapangan bola voli sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu Indoor dan Outdoor. Sesuai namanya, lapangan Outdoor berada di dalam ruangan, sedangkan lapangan Indoor umumnya berada di luar. 

Contohnya seperti di pesisir pantai yang alasnya terbuat dari bahan-bahan pasir pantai yang halus dan juga lembut.

Meskipun begitu, ada ketetuan umum yang perlu dipenuhi sebuah lapangan voli, seperti permukaannya harus datar, horizontal dan juga kondisi pada lapangan yang kondisinya sama rata.

Mengapa demikian? Sebab jika tidak rata maka itu dapat berisiko membuat pemain voli terjatuh dan mendapat cidera yang harus benar-benar ditangani secara khusus.

4. Ukuran lapangan bola voli

4. Ukuran lapangan bola voli
sportsimports.com

Selain mengenai peraturan, tidak ada salahnya bagi anak mama mengetahui dan menambah informasi mengenai ukuran lapangan bola voli.

Umumnya panjang kedua sisi lapangan bola voli adalah 18 meter dan memiliki lebar lapangan 9 meter.

Namun ada juga lapangan bola voli yang memiliki panjang 24 meter. Lapangan persegi panjang ini memiliki garis yang membagi lapangan menjadi dua sisi yang menempatkan pemain di dua sisi yang berlawanan. 

Lapangan bola voli juga memiliki keterangan dan ukuran lainnya yang penting, seperti:

  • Panjang garis serang lapangan bola voli = 3 meter.
  • Area servis lapangan bola voli = 3 meter.
  • Lebar garis dalam lapangan bola voli = 5 sentimeter.
  • Luas lapangan bola voli = 162 meter² (18m x 9m).
  • Area clearance = 3 meter sampai dengan 8 meter, dan bagian sampingnya dengan ukuran 3 meter sampai dengan 5 meter.

Untuk net bola voli sendiri memiliki lebar 1 meter, namun tingginya berbeda, yaitu setinggi 2,43 meter untuk putra sedangkan setinggi 2,24 meter untuk putri.

Sedangkan jarak antara tiang net dengan garis yang berada di samping lapangan bola voli ialah setengah meter hingga 1 meter. Net bola voli sendiri memiliki panjang 9 meter. 

Tinggi lainnya seputar net lapangan voli yang penting ialah:

  • Tinggi antena pada net bola voli = 80 cm (di atas net).
  • Pita tepian samping net bola voli = 5 cm (dengan panjang 1 meter).
  • Pita tepian atas net bola voli = 5 cm.
  • Ukuran mata jala net bola voli (berbentuk persegi) = 10 cm (10 sentimeter).

Terlepas dari ukuran lapangan, bola voli sendiri memiliki ukurannya sendiri. Berikut penjelasan ukuran bola voli yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional:

  • Diameter bola = 18 - 20 cm.
  • Keliling bola = 65 - 67 cm.
  • Tekanan bola = 0.30 - 0.325 kg/cm² atau 294.3 - 318.82 mbar atau 4.26 - 4.61 hPa/psi.
  • Berat bola = 260 - 280 gram.

Itulah informasi seputar permainan bola voli yang penting untuk diketahui anak mama, terutama jika mereka menyukai olahraga satu ini. Yuk ajak anak mama melakukan olahraga yang menyenangkan ini dengan pemahaman yang baik!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.