Makin Jago, Begini 5 Potret Gemas Sekala saat Bermain Sepak Bola

Sepak bola bisa meningkatkan fisik anak dan merangsang sistem saraf pusat lho, Ma

3 Desember 2020

Makin Jago, Begini 5 Potret Gemas Sekala saat Bermain Sepak Bola
Instagram.com/dittopercussion

Dia Sekala Bumi, anak pertama dari pasangan Muhammad Pradana Budiarto atau Ditto dan Ayudia Bing Slamet sedang senang sekali bermain sepak bola. Terlihat beberapa foto yang diunggah oleh Ditto ke dalam Instagram pribadinya. 

Tak hanya foto-foto Sekala ketika sedang bermain sepak bola saja, namun ketika ia terlihat senang karena berhasil mencetak gol. Aksi selebrasi Sekala sangat gemas ketika diabadikan oleh sang Papa. 

“GOLL! Nak, siapa yang ngajarin selebrasi heboh begitu hahaha,” tulis Ditto pada unggahan fotonya.

Ditto juga membagikan beberapa momen ketika Sekala latihan sepak bola pada InstaStory. Dalam video berdurasi 15 detik tersebut, Sekala menunjukan selebrasi saat masuknya bola ke gawang. Putra pertama dari Ayudia ini terlihat sangat senang sampai melompat kegirangan.

Kegiatan yang dilakukan Sekala setiap Selasa dan Kamis ini membuatnya melatih fisik, sekaligus memperlihatkan berbagai perkembangan dari minggu ke minggu saat latihan sepak bola. 

Perlu Mama ketahui bahwa permainan sepak bola yang dilakukan oleh anak-anak tidak hanya bagus untuk ketahan fisiknya saja, namun memberikan segudang manfaat lain. Jika ingin mengetahui beberapa manfaat dari bermain sepak bola untuk anak-anak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Mampu melatih kerja sama antar tim

1. Mampu melatih kerja sama antar tim
Instagram.com/dittopercussion

Dengan bermain sepak bola yang tentunya olahraga yang satu ini membutuhkan kekompakan sebuah tim. 

Ketika anak sudah mulai bermain sepak bola, maka ia pelan-pelan akan belajar terkait kerja sama. Hal ini perlu dilakukan dengan baik karena ia tidak menjalani permainan sendirian. Kerja sama sangat diperlukan agar tim menciptakan gol dan memenangkan pertandingan.

Ketika anak mama sudah bisa melatih kerja sama dengan baik bersama tim, maka ini menjadi langkah baru untuk mengembangkan karakternya. Dengan adanya sikap kerja sama dalam tim akan muncul karakter lainnya yang berkembang, seperti rasa tanggung jawab, saling membantu dan saling menghargai.

Tentu hal ini sangat bagus bukan, Ma?

Editors' Picks

2. Membuat anak tetap sehat dan kuat

2. Membuat anak tetap sehat kuat
Instagram.com/dittopercussion

Menjalani olahraga sesuai dengan kesukaannya membuat fisik anak menjadi lebih terlatih. Saat bermain sepak bola, anak mama pun akan lebih banyak bergerak, aktif dan lincah. Saat konsisten dilakukan, maka fisik si Kecil akan lebih sehat dan kuat dibandingkan anak-anak lain yang jarang berolahraga. 

Demi menciptakan ketahanan fisik anak-anak ketika sedang bermain sepak bola, Mama perlu memberikan gizi yang seimbang agar tubuhnya lebih sehat. 

Asupan makanan yang bergizi akan membantu si Kecil meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas selama bermain sepak bola.  

3. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

3. Meningkatkan konsentrasi fokus
Instagram.com/dittopercussion

Setiap permainan sepak bola harus dilakukan dengan konsentrasi dan fokus selama berada di dalam lapangan, sehingga bisa berhasil mencetak gol dan menang. 

Jika anak mama tidak berkonsentarsi dengan baik saat permainan sepak bola, maka lawan pun akan bergerak lebih cepat dan memengkan pertandingan. Sebelum itu terjadi, maka anak-anak yang sedang giat bermain sepak bola perlu melatih fokus dan konsentrasinya dengan baik.

Saat hal tersebut dilakukan secara konsisten, maka konsetrasi dan fokus selama di lapangan bisa membantunya melakukan permainan. Tak hanya untuk bermain sepak bola saja, namun konsentrasi dan fokus ini juga akan membantu perkembangan anak di masa mendatang.

4. Membantu kemampuan ABCs terus berkembang

4. Membantu kemampuan ABCs terus berkembang
Instagram.com/dittopercussion

Ma, perlu diketahui bahwa anak-anak yang terus bermain sepak bola secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan ABCs. ABCs dikenal sebagai istilah mengenai agility, balance dan coordination.

Kemampuan ABCs perlu diasah dengan berbagai cara selama bermain sepak bola, termasuk keseimbangan saat berlari mengajar bola atau koordinasi dengan tim agar bisa menang. Kemampuan ini juga akan berhubungan dengan perkembangan sistem saraf pada anak-anak. 

Maka dari itu, anak mama perlu aktif ketika sedang bermain sepak bola dengan melakukan gerakan sederhana. Beberapa hal yang bisa dilatih, mulai dari berlari, menendang dan menangkap bola. 

Dari gerakan ini, perkembangan sistem saraf anak akan terlatih dan rangsangannya mnejadi lebih sempurna. 

5. Melatih anak cepat mengambil keputusan

5. Melatih anak cepat mengambil keputusan
Instagram.com/dittopercussion

Saat bermain sepak bola, anak-anak akan menjalani kerja sama dengan orang lain di dalam sebuah tim.

Di setiap permainan, anak mama pun akan belajar untuk mengambil sebah keputusan tersendiri apabila sedang terdesak. Cara anak untuk mengoper bola ke salah satu anggota tim mampu melatih dirinya untuk belajar cepat mengambil keputusan. 

Apalagi setiap keputusan harus cepat diambil, agar langkah-langkah selama bermain bisa tepat dan memperoleh kemenangan. 

Itulah beberapa manfaat dari bermain sepak bola untuk anak. Jika anak mama ingin seperti Sekala, sebaiknya terus didukung karena terdapat banyak manfaat positif untuk perkembangannya.

Dukung hobi dan minat anak-anak yuk, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.