Ukuran dan Gambar Lapangan Sepak Bola yang Perlu Dipelajari Anak

Bagaimana ketentuan ukuran lapangan dan peraturan dalam olahraga sepak bola?

10 Juni 2021

Ukuran Gambar Lapangan Sepak Bola Perlu Dipelajari Anak
Freepik/jcomp

Sepak bola merukan salah satu olahraga favorit yang mendunia. Di Indonesia pun penggemarnya sangat banyak. Laki-laki atau perempuan, tua atau muda, hampir sebagian besar populasi menyukainya.

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang universal, bukan hanya digemari masyarakat kelas ekonomi tinggi tapi olahraga ini juga menjadi permainan yang merakyat.

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang memperebutkan bola untuk dimasukkan ke dalam gawang lawan. Jumlah pemain masing-masing tim ada 11 orang. Selain 22 orang yang berebut bola juga ada wasit sebagai pengawas dan membuat olahraga ini tampak sangat seru.

Seperti olahraga lainnya, sepak bola pun memiliki ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh asosiasi internasional. Mulai dari lapangan sampai peraturan pertandingannya.

Apa saja yang ketentuan dalam olahraga sepak bola?

Di bawah ini, Popmama.com akan bahas satu per satu tentang gambar lapangan sepak bola beserta ukuran dan peraturan sepak bola. Simak bersama yuk, agar anak mama lebih paham.

1. Ukuran lapangan sepak bola

1. Ukuran lapangan sepak bola
id.wikipedia.org

Lapangan sepak bola memiliki ukuran minimum dan maksimum yang telah ditentukan oleh FIFA (Federation Internationale de Football Association). Ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan standar nasional dan internasional pun berbeda.

Ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan standar nasional yaitu:

  • Panjang (garis sentuh): 90-120 meter
  • Lebar (garis gawang): 45-90 meter

Sedangkan ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan standar internasional yaitu:

  • Panjang (garis sentuh): 100-110 meter
  • Lebar (garis gawang): 64-75 meter

Lingkaran tengah lapangan dibuat dengan jari-jari 9,5 meter. Area gawang yang merupakan kotak kecil di dalam area pinalti, berukuran 18,32x5,5 meter.

Area pinalti berukuran 40,32x16,5 meter dengan titik pinalti terletak 11 meter dari garis gawang. Di luar area pinalti yang garisnya sejajar dengan garis gawang, ada busur lingkaran yang dibuat dengan jari-jari 9,15 menter dari titik pinalti.

Di setiap sudut lapangan ada garis seperempat lingkaran. Dibuat dengan jari-jari 1 meter dari titik sudut lapangan.

2. Lapangan sepak bola

2. Lapangan sepak bola
Pexels/Tom Fisk

Lapangan untuk bermain sepak bola biasanya menggunakan lapangan berumput.

Dilansir dari laman footballhistory.org, rumput pada lapangan sepak bola memiliki ukuran tinggi yang khas, yaitu 25-30 milimeter.

Kita sering melihat ada garis-garis berbeda warna di rumput lapangan sepak bola. Ini sengaja dibuat untuk membantu asisten wasit melihat offside dengan lebih mudah.

Di dalam pedoman UEFA, ada juga pertimbangan tentang drainase lapangan sepak bola. Agar lapangan tidak tergenang air saat hujan lebat, di bawah rumput harus didominasi pasir. Di bawah zona yang didominasi pasir itu ada sub-base pipa pengeringan.

Editors' Picks

3. Peraturan olahraga sepak bola

3. Peraturan olahraga sepak bola
Freepik/freepik

Selain ukuran lapangan sepak bola, FIFA juga telah menentukan peraturan permainannya. Mulai dari jumlah pemain sampai pelanggaran-pelanggarannya.

Peraturan pemain sepak bola

  • Pertandingan dimainkan oleh 2 tim. Masing-masing tim terdiri dari 11 pemain termasuk 1 penjaga gawang. Pertandingan tidak bisa dimulai kalau jumlah pemain salah satu tim kurang dari 7 orang.
  • Jumlah pemain yang keluar lapangan maksimal 4 orang, tidak termasuk pemain dengan kondisi cedera.
  • Batas jumlah pemain pengganti yaitu sebanyak 3 orang untuk pertandingan resmi. Untuk pertandingan uji coba, jumlah pemain pengganti bisa disepakati bersama oleh kedua tim pemain dan diinformasikan kepada wasit sebelum pertandingan dimulai.
  • Menyediakan pemain cadangan. Maksimal jumlah pemain cadangan adalah sebanyak 12 orang.
  • Ada wasit yang bertugas. Setiap pertandingan diawasi oleh 1 orang wasit dan 2-4 orang hakim garis.

Peraturan wasit

Wasit memegang jalannya pertandingan sepak bola secara penuh. Ia memiliki wewenang untuk memberi keputusan kalau ada pemain yang melanggar peraturan. Apa saja tugas-tugas wasit?

Tugas wasit antara lain:

  • Memastikan perlengkapan pemain dan bola yang digunakan sesuai dengan peraturan
  • Menjaga waktu dan catatan pertandingan
  • Menegakkan peraturan permainan sepak bola dengan dibantu oleh 2 hakim garis dan para ofisial kedua tim
  • Menindak pemain yang melakukan pelanggaran

Selain tugas, wasit tentu juga punya hak. Wasit berhak menghentikan, menggantung, atau meninggalkan pertandingan kalau ada campur tangan pihak lain.

Durasi pertandingan sepak bola

Total durasi pertandingan sepak bola adalah 90 menit. Pertandingan dilakukan dalam 2 babak yang masing-masing memiliki durasi 45 menit.

Durasi bisa dikurangi atas kesepakatan antara wasit dan kedua tim pemain. Ini ditentukan sebelum pertandingan dimulai dan sesuai dengan aturan pertandingan.

Waktu pertandingan akan terus berjalan, walaupun ada pergantian pemain, gangguan, dan pemain cedera.

Namun jika hal-hal tersebut terjadi selama pertandingan, wasit bisa memberikan injury time atau waktu tambahan di akhir pertandingan sebagai pengganti waktu yang terbuang. Lama durasi ditentukan oleh wasit, tapi biasanya sekitar 1-5 menit.

Kalau kedua tim mendapatkan skor seimbang, akan diadakan perpanjangan waktu atau extra time selama 2x15 menit sampai ada pemenangnya.

Kalau kedua tim masih seimbang, akan diadakan adu pinalti. Dalam adu pinalti, masing-masing tim menyiapkan 5 penendang pertama. Tim yang berhasil mencetak gol lebih banyak adalah pemenangnya.

Kedua tim berhak mendapat jeda paruh waktu atau half time selama 15 menit setelah babak pertama berakhir.

Pelanggaran-pelanggaran pada olahraga sepak bola

Seperti yang kita tahu, olahraga sepak bola merupakan olahraga menggiring bola dan memasukkannya ke gawang lawan menggunakan kaki tanpa keluar dari garis batas lapangan sepak bola.

Jika bola keluar garis batas lapangan, bola akan dioper masuk lapangan oleh salah satu pemain dari tim lawan. Bola keluar garis bukanlah pelanggaran.

Selain dengan kaki, setiap pemain boleh bermain dengan menggunakan seluruh anggota badan, tapi tangan dan lengan tidak diperbolehkan (kecuali penjaga gawang).

Selain peraturan-peraturan di atas, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh pemain ketika bertanding sepak bola, yaitu:

  • Melakukan kekerasan atau tindakan yang dianggap berbahaya bagi pemain itu sendiri maupun pemain lain
  • Berdiri terlalu dekat dengan penjaga gawang ketika penjaga gawang akan melepaskan bola
  • Keluar-masuk lapangan tanpa izin wasit
  • Melecehkan pemain lain, seperti berkata kasar

Itulah hal-hal seputar olahraga sepak bola, mulai dari gambar lapangan sepak bola beserta ukuran dan peraturan sepak bola. Semoga artikel ini bisa membantu anak menambah pengetahuan tentang olahraga favorit ini ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.