6 Olahraga Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah selama Pandemi

Walaupun area terbatas, olahraga tetap bisa dilakukan dengan menyenangkan lho!

22 Mei 2021

6 Olahraga Anak Bisa Dilakukan Rumah selama Pandemi
Freepik/Teksomolika
Dok. Jovee

Di tengah situasi pandemi saat ini, menjaga kesehatan tubuh anak sangatlah penting. Mama tentu tak ingin buah anak terserang sakit di tengah pandemi, bukan? 

Selain dengan menjaga asupan nutrisi, aktivitas olahraga juga penting untuk dilakukan. Berolahraga selama pandemi juga akan membuat anak tidak mudah merasa bosan. Selain itu, aktivitas ini juga membantu tubuh anak tetap fit dan tidak mudah sakit.

Meskipun tak bisa leluasa beraktivitas di luar rumah, Mama tetap bisa mengajak anak untuk tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga di dalam rumah.

Sebelum membahas macam-macam olahraga yang bisa dilakukan anak selama masa pandemi, Popmama.com juga akan membahas apa saja manfaat olahraga pada anak selama pandemi berdasarkan informasi dari Dr. Irma Lidia yang merupakan salah satu tim kesehatan dari Jovee.

Simak informasinya di bawah ini yuk!

Manfaat Olahraga pada Anak selama Pandemi

Manfaat Olahraga Anak selama Pandemi
Freepik/Master1305
Dok. Jovee

Mengapa olahraga perlu dilakukan oleh anak-anak di masa pandemi ini? Tentu hal ini disebabkan oleh adanya banyak manfaat yang bisa didapatkan lewat aktivitas olahraga tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga bagi anak selama masa pandemi:

  • Menghilangkan rasa bosan di rumah
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Melatih kekuatan fisik
  • Menyeimbangkan metabolisme
  • Mencegah gangguan mental pada anak selama pandemi

1. Senam

1. Senam
Freepik/Drobotdean

Senam merupakan olahraga yang ringan, menyenangkan, dan bisa dilakukan di rumah adalah senam. Mama bisa menggunakan musik pengiring seru agar anak semakin bersemangat. Supaya gerakan senam lebih terarah, Mama dapat menggunakan panduan dari video Youtube.

2. Menari

2. Menari
Freepik/Pch.vector

Selain senam, Mama juga bisa mengajak anak untuk beraktivitas fisik lewat menari. Putar lagu kesukaannya agar anak merasa bersemangat dan lakukan gerakan-gerakan yang seru. Menari bisa jadi salah satu aktivitas fisik yang tidak terasa membosankan bahkan bisa membuat anak ketagihan.

Editors' Picks

3. Lompat tali

3. Lompat tali
Freepik/user18526052
Dok. Jovee

Selama pandemi, lebih baik pilih aktivitas olahraga yang simpel. Salah satunya adalah bermain lompat tali. Mama bisa mengajak anak untuk bermain lompat tali sambil menghitung. Permainan ini akan terasa menyenangkan sekaligus menyehatkan untuk anak.

4. Lempar tangkap bola

4. Lempar tangkap bola
Freepik/Shangarey

Ada banyak jenis olahraga yang sebenarnya bisa dicoba di rumah. Salah satunya adalah lempar tangkap bola. Aktivitas ini mungkin sangat sederhana tapi lumayan untuk melatih kekuatan fisik anak. Mama bisa mengajak anak untuk bermain lempar tangkap di halaman rumah.

5. Bermain Hula Hoop

5. Bermain Hula Hoop
Freepik/Zinkevych

Pilihan aktivitas olahraga yang tak kalah menyenangkan berikutnya adalah bermain hula hoop. Anda bisa mengajak anak untuk bermain hula hoop bersama. Permainan ini pasti akan terasa menyenangkan dan membuat anak tidak merasa bosan di rumah.

6. Bulutangkis

6. Bulutangkis
Freepik/Seventyfour

Salah satu pilihan olahraga anak selama pandemi yang juga tak boleh dilewatkan adalah bulutangkis. Mama bisa mengajak anak untuk bermain bulutangkis di halaman rumah. Aktivitas olahraga ini bisa bermanfaat untuk motorik anak dan melatih anak agar lebih fokus.

Setelah mengetahui olahraga apa saja yang bisa dilakukan anak di rumah selama masa pandemi, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara membuat kegiatan olahraga di rumah menjadi lebih menyenangkan.

Simak tipsnya di bawah ini ya!

Tips Mengajak Anak untuk Rutin Berolahraga

Tips Mengajak Anak Rutin Berolahraga
Freepik/undrey

Mengajak anak berolahraga seringkali tidak terasa mudah ya Ma? Apalagi di masa pandemi seperti saat ini di mana sulit mengajak anak ke luar rumah untuk olahraga. Namun, ada beberapa tips untuk menjadikan olahraga bersama anak semakin menyenangkan walaupun di rumah saja:

Pilih yang simpel

Tak perlu melakukan olahraga yang rumit dan susah. Pilih jenis aktivitas olahraga yang simpel. Gerakan dan aktivitas yang sederhana akan membuat anak lebih bersemangat untuk berolahraga.

Lakukan dengan cara menyenangkan

Aktivitas olahraga harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Ciptakan gerakan olahraga anak yang seru dan membuat anak tertawa. Jangan menjadikan olahraga sebagai suatu beban melainkan buatlah sebagai aktivitas yang membuat anak senang.

Putar lagu favorit

Akan jauh lebih efektif jika aktivitas olahraga diiringi lagu kesukaan anak. Memutar lagu favorit anak akan membangkitkan semangatnya saat berolahraga. Suasana seru dan ceria akan langsung tercipta setelah lagu favorit anak terdengar. Selain itu cara ini juga membuat anak tidak mudah merasa bosan.

Ciptakan suasana bermain

Daripada fokus berolahraga, lebih baik buatlah olahraga tampak seperti aktivitas bermain. Ciptakan suasana bermain sehingga anak merasa lebih bersemangat dan ingin terus berolahraga. Jika Mama memiliki lebih dari satu anak, maka tak ada salahnya untuk membuat sebuah aktivitas olahraga dengan tema pertandingan.

Ajak anak memilih

Ketika memilih jenis olahraga, jangan selalu orangtua yang menentukan. Ajak anak untuk memilih ingin melakukan aktivitas olahraga seperti apa. Ini akan membuat anak semakin bersemangat karena jenis olahraga yang dilakukan sesuai keinginan. Cara ini juga akan melatih anak menjadi lebih kreatif karena bisa menciptakan aktivitas olahraga sendiri.

Lakukan olahraga minimal satu jam dalam sehari

Awalnya anak mungkin malas melakukan olahraga karena memakan waktu yang cukup lama, namun ingatkan anak bahwa olahraga tak perlu waktu yang lama kok, apalagi ketika dibagi menjadi beberapa sesi dalam sehari!

“Usahakan untuk mengajak anak bermain aktif/berolahraga minimal sejam sehari, yang dapat dilakukan langsung 1 jam atau dibagi beberapa sesi dalam sehari,” menurut dr. Irma Lidia.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai aktivitas olahraga anak selama pandemi. Sebagai orangtua, Mama memang harus aktif memberikan anak kegiatan yang bermanfaat dan menyehatkan, salah satunya berolahraga.

Lakukan aktivitas ini secara rutin setiap hari demi tubuh dan mental yang sehat. Jangan lupa, konsultasikan kondisi kesehatan secara rutin agar tubuh tetap sehat di tengah pandemi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.