7 Rekomendasi Pondok Pesantren yang Bagus di Bekasi

Referensi bagi Mama dan Papa yang ingin menyediakan pendidikan berbasis Islam untuk anak

28 Mei 2021

7 Rekomendasi Pondok Pesantren Bagus Bekasi
Pexels/Aam Mas

Ada beragam fasilitas pendidikan yang dapat orangtua pilih untuk menunjang proses belajar anak-anak. Mulai dari sekolah formal, homeschooling, atau pondok pesantren. 

Mama dan Papa bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Sekolah formal atau homeschooling mungkin telah cukup populer dan banyak informasi yang bisa didapat dengan mudah. 

Lain halnya dengan pondok pesantren. Pilihan pendidikan non-formal berbasis agama Islam ini biasanya lebih diminati oleh masyarakat daerah. Namun, kini telah banyak juga orangtua dan anak-anak di kota besar yang berminat menempuh pendidikan di pesantren. 

Salah satunya pesantren di Kota Bekasi, Jawa Barat. Ada beragam pondok pesantren yang dapat orangtua pilih sebagai tempat menuntut ilmu si Kecil.

Berikut yang telah Popmama.com rangkum daftar pondok pesantren di Bekasi yang bagus dari berbagai sumber. 

1. Pesantren An Nida Al Islamy

1. Pesantren An Nida Al Islamy
Instagram.com/ponpes_annidaalislamy

Pondok Pesantren An Nida Al Islamy Bekasi didirikan salah seorang ulama yang sangat berperan di Bekasi, yaitu Syekh Muhammad Muhadjirin Amsar Addary. 

Menyediakan pendidikan formal mulai dari jenjang TPA, MTs, MA, hingga STIT. Juga pendidikan informal berupa Madrasah Diniyah dan Tahfidz Al Quran. 

Dengan beragam fasilitas untuk menunjang pendidikan anak, seperti masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi, dan klinik kesehatan.

Bagi Mama dan Papa yang tertarik untuk menyekolahkan si Kecil di pesantren ini, bisa datang ke alamat ke Jalan Ir. H. Juanda, Margahayu, Bekasi Timur, RT.001/RW.007, Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat. 

Dapat juga menghubungi ke nomor (021) 8801 394 atau (021) 8839 7828 untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya. 

2. Pesantren An Nur YAPINK

2. Pesantren An Nur YAPINK
Instagram.com/santri_yapink

Yayasan Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf (YAPINK) beralamat di Jalan Sultan Hasanudin No.226, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. 

Pesantren ini telah dibuka dan mulai menjalankan operasional pendidikan sejak tanggal 20 Pebruari 1969. Dengan 2 pengasuh utama, yaitu KH Mohammad Dawam Anwar dan KH Ahmad Kholid Dawam.

Memiliki pilihan pendidikan formal, seperti Raudhatul Athfal (TK Islam), Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, SMP, Madrasah Aliyah, SMA, dan Institut Agama Islam Sholahuddin Al-Ayyubi (INISA).

Selain itu, juga menyediakan pendidikan non formal, seperti Madrasah Diniyah, Tahfidzil Quran, dan Tahassus Pendalaman  Kitab Kuning. Jadi, orangtua dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. 

Dengan ditunjang oleh fasilitas pendidikan lengkap nan mumpuni. Terdapat juga beragam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat anak-anak pilih sesuai minat dan bakatnya. 

Mama dan Papa dapat datang langsung ke alamat yang tertera di atas atau menghubungi nomor 021-88326854 jika tertarik mendaftarkan anak ke Pesantren An Nur YAPINK. 

Editors' Picks

3. Pondok Pesantren Modern Al Hassan

3. Pondok Pesantren Modern Al Hassan
Instagram.com/ppm_alhassan

Pondok pesantren yang berada di Jalan Jambu Ujung, RT.003/RW.011, Jatimakmur, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat ini mungkin dapat orangtua pilih untuk menunjang pendidikan anak. 

Pesantren Modern Al Hassan berstatus wakaf di bawah naungan Yayasan Al Hassan yang didirikan pada tanggal 27 Februari 2004. Dengan ketua Yayasan Ust Mahfudz Abdurrahman dan saat ini pesantren dipimpin oleh Prof DR KH Ahmad Satori Ismail, MA. 

Al Hassan merupakan sebuah pesantren dengan sistem modern dalam menyiapkan bibit ulama dan pemimpin. Secara singkat, Al Hassan memiliki program dan ciri sebagai berikut:

  • program tahfidz 30 juz,
  • pengajaran bahasa arab secara integral,
  • semua mata pelajaran agama disampaikan dengan bahasa arab,
  • semua pengajar agama di pesantren berkompeten,
  • adanya kurikulum terpadu untuk melatih kepemimpinan santri mulai dari sistem organisasi di setiap kamar, kelas, klub khitobah, kulub olahraga, hingga pramuka, dan
  • pesantren yang peduli dengan lingkungan hidup dan melaksanakan banyak program untuk lingkungan. 

Apabila tertarik mendaftarkan anak Mama dan Papa ke Pondok Pesantren Modern Al Hassan, dapat datang langsung ke alamat di atas atau menghubungi nomor 021-84970404.

4. Pondok Pesantren Al Muchtar

4. Pondok Pesantren Al Muchtar
Instagram.com/ponpes_almuchtar

Pondok Pesantren Al Muchtar menyediakan pilihan pendidikan formal berbasis agama Islam. Mulai dari jenjang TKIT, SDIT, SMPIT, hingga SMAIT. 

Pesantren ini berlokasi di Jalan KH. Muhtar Tabrani No.32, RT.004/RW.004, Perwira, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat. Dengan fasilitas yang lengkap untuk menunjang proses pendidikan anak-anak. 

Selain belajar berdasarkan pendidikan formal dan agama Islam, Pondok Pesantren Al Muchtar juga memiliki beragan pilihan kegiatan lain. Mulai dari olahraga, kegiatan pengembangan diri, outing, dan lainnya yang dapat disesuaikan minat serta bakat anak. 

Jika Mama dan Papa tertarik bisa mencari informasi lanjutan dengan datang langsung ke alamat di atas atau menghubungi nomor 021-88892829.

5. Pondok Pesantren Attaqwa

5. Pondok Pesantren Attaqwa
http://Instagram.com/official_ponpesattaqwaputra

Pondok Pesantren Attaqwa terbagi dalam 2 jenis, yaitu pondok pesantren putra dan pondok pesantren putri. 

Baik Pondok Pesantren Attaqwa Putra maupun Putri, keduanya berada di Jalan KH. Noer Ali, Jalan Ujung Harapan No.89, Bahagia, Kecamatan Babelan, Bekasi, Jawa Barat. Namun, gedungnya terpisah. 

Dengan fasilitas penunjang pendidikan lengkap dan didukung oleh staf serta guru yang kompeten. Menggunakan sistem pengajaran kombinasi antara Kurikulum Pemerintah dengan Kurikulum Pondok dan Kurikulum Luar Negri (Al-Azhar Mesir & Cambridge).

Mama dan Papa dapat mendatangi langsung lokasi ponpes di atas. Dapat juga menghubungi 021-8920391 (asrama putra) atau 021-89132254 ( asrama putri).

6. Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah

6. Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah
Instagram.com/alhidayahmumtazah

Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah Bekasi mengembangkan program terpadu, yaitu pendidikan selama 6 tahun. Meliputi, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dengan pendidikan Diniyah secara reguler.

Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah juga membuka program pendidikan singkat (intensif) untuk Diniyah yang dibarengi program 3 tahun bagi lulusan MTs dan SMP yang ingin melanjutkan studi di Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah. 

Dengan catatan, para santri harus mengikuti program pendidikan mengajar atau pengabdian minimal 1 tahun di luar waktu pendidikan. 

Tidak hanya pendidikan formal berbasis agama Islam, anak-anak yang menempuh pendidikan di pesantren ini dapat mengikuti beragam kegiatan sesuai minat dan bakat. 

Mulai dari Tahsin dan Tahfidz, pengkajian kitab kuning (Kutubutturots), pidato 3 bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), marawis, hadrah, praktik ubudiyah, pramuka, paskibra, qalami, dan grup pianika. 

Apabila Mama dan Papa tertarik memilih Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah sebagai tempat menuntut ilmu anak, dapat mengunjungi alamat Jalan Wibawa Mukti II Gg. H. Longkot Rt.05/001 No.45, Kp. Pedurenan, Jatiluhur Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat atau menghubungi 021-82737793.

Itulah 7 pondok pesantren yang berdomisili di Bekasi, Jawa Barat. Berdasarkan informasi serta ulasan dari Google. Semoga dapat dijadikan referensi dalam memilih pendidikan bagi anak, ya. 

7. Pondok Pesantren Al Istighotsah

7. Pondok Pesantren Al Istighotsah
Instagram.com/alistighotsah

Pondok pesantren ini didirikan oleh KH. Mahfudz Syafi’i seorang ‘Alim dari Jombang, Jawa Timur pada tahun1414 H./1994 M.

Beralamat di Jalan Kramat Cijengkol/Sasak Dempul, Kp. Cinyosog, RT.2/RW.5, Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Bekasi, Jawa Barat. 

Menyediakan pendidikan formal yang meliputi, Madrasah Tsanawiyah
dan Madrasah Aliyah. Juga pilihan pendidikan non formal, seperti pondok pesantren, pengajian kitab kuning, dan thoriqoh. 

Dengan didukung fasilitas pendidikan yang mumpuni serta tenaga pengajar kompeten di bidangnya. Selain itu, pesantren ini menyediakan beragam kegiatan yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat anak.

Jika Mama dan Papa tertarik, dapat datang langsung ke alamat yang tertera atau menghubungi nomor 081213905932 untuk informasi selengkapnya. 

Itulah rekomendasi tempat pesantren di Bekasi yang bagus dan bisa jadi pilihan untuk anak mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.