Tambah Playlist! 7 Lagu Cover Terpopuler Shanna Shannon, Idola Remaja

Shanna Shannon sempat dinobatkan menjadi Duta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

27 April 2021

Tambah Playlist 7 Lagu Cover Terpopuler Shanna Shannon, Idola Remaja
Instagram.com/Shannashannonsiswanto

Shanna Shannon adalah seorang aktris, penyanyi, sekaligus youtuber Indonesia yang sempat viral atas video cover-nya untuk lagu “Kulihat Ibu Pertiwi”.

Pemilik nama asli Shanna Shannon Siswanto ini dikenal sebagai penyanyi lagu nasional. Sejak usia 9 tahun, ia sudah aktif mengcover lagu-lagu nasional di channel Youtube-nya. Ia bernyanyi dengan sangat merdu dan penghayatannya tak kalah dengan orang dewasa.

Anies Baswedan bahkan telah menobatkannya menjadi Duta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pada tahun 2017. Ia pun sempat diminta untuk menyanyikan lagu “Indonesia Raya” di acara Asian Para Games 2018.

Belum lama ini ia menginjak usia 15 tahun. Ia lahir tepatnya pada 4 April 2006. Sampai saat ini, rasa cintanya pada Indonesia masih terus ia salurkan lewat video-video cover lagu.

Beberapa di antaranya mendapat perhatian besar. Bahkan, ada yang mencapai lebih dari 20 juta penonton, lho! Yuk, lihat daftar lagu cover Shanna Shannon yang paling populer yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini, Ma!

1. “Indonesia Pusaka”

1. “Indonesia Pusaka”
Instagram.com/Shannashannonsiswanto

Shanna memulai channel Youtube-nya dengan mengcover lagu nasional “Indonesia Pusaka”. Ketika itu, ia masih berusia 9 tahun.

Namun, jangan salah, Ma! Walaupun masih kecil, suaranya sudah terdengar jernih dan merdu. Penghayatannya pun luar biasa.

Melihatnya dapat membuat kita kembali mengingat bahwa kita lahir dan hidup di tanah Indonesia, kita rakyat Indonesia.

"Indonesia tanah air beta

Pusaka abadi nan jaya

Indonesia sejak dulu kala

Slalu dipuja-puja bangsa

Di sana tempat lahir beta

Dibuai dibesarkan Bunda

Tempat berlindung di hari tua

Sampai akhir menutup mata"

2. “Gugur Bunga”

2. “Gugur Bunga”
Instagram.com/Shannashannonsiswanto

Lagu “Gugur Bunga” diciptakan oleh Ismail Marzuki untuk mengenang para pahlawan Indonesia. Shanna mengcover lagu nasional tersebut pada tahun 2015.

Dalam videonya, ia bernyanyi sambil berjalan di tengah-tengah aula dengan membawa buket bunga. Denting piano dan suara dari anak-anak paduan suara sebagai penyanyi latar menambah syahdu suasana dalam video.

“Betapa hatiku takkan pilu

Telah gugur pahlawanku

Betapa hatiku takkan sedih

Hamba ditinggal sendiri

Siapakah kini plipur lara

Nan setia dan perwira

Siapakah kini pahlawan hati

Pembela bangsa sejati”

Editors' Picks

3. “Tanah Airku”

3. “Tanah Airku”
Instagram.com/Shannashannonsiswanto

Lagu nasional yang satu ini diciptakan oleh Ibu Sud. Beliau merupakan seorang pemusik, guru musik, pencipta lagu anak-anak, penyiar radio, dramawan, sekaligus seniman batik Indonesia.

Ketika kita mendengar lagu “Tanah Airku”, bukankah rasanya sangat nyaman seperti sedang di rumah, Ma? Apalagi jika sambil melihat keindahan Indonesia. Rasanya sangat bangga memiliki rumah seindah ini.

Shanna pun tampaknya ingin berbagi perasaan tersebut lewat video covernya. Ia menyanyi di atas perahu nelayan di tepi pantai yang sangat indah.

Ada juga adegan ia berlari membawa bendera merah putih di sepanjang pantai. Sangat menyentuh dan menyegarkan, ya! Jadi rindu menikmati keindahan alam Indonesia.

4. “Indonesia Raya”

4. “Indonesia Raya”
Instagram.com/Shannashannonsiswanto

Masih ingat ketika Mama dulu upacara bendera semasa sekolah? Lagu nasional ciptaan W. R. Supratman ini selalu dinyanyikan oleh kelompok paduan suara setiap pengibaran bendera merah putih.

Setiap tanggal 17 Agustus juga pasti lagu ini diputar di mana-mana. TV pun tak ketinggalan memutarnya untuk memeringati kemerdekaan Indonesia.

Pada 17 Agustus 2016, Shanna mengunggah videonya menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dalam rangka HUT RI ke-71. Namun, video ini bukan milik Shanna pribadi, melainkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pihak Kemendikbud pun turut mengunggah video tersebut di channel Youtube Kemendikbud RI, walaupun tidak bertepatan pada hari kemerdekaan Indonesia.

5. “Kulihat Ibu Pertiwi” #DoaUntukNegeri

5. “Kulihat Ibu Pertiwi” DoaUntukNegeri
Instagram.com/Shannashannonsiswanto

Ini dia video cover Shanna yang sempat viral karena penghayatannya yang luar biasa! Bahkan, Shanna sampai menangis dalam video tersebut.

Video cover ini dirilis pada tanggal 4 Oktober 2018. Namun, banyak orang yang kembali menontonnya akhir-akhir ini.

Bagaimana tidak? Lagu “Kulihat Ibu Pertiwi” rasanya sangat sesuai dengan kondisi negeri akhir-akhir ini.

"Kulihat Ibu Pertiwi

Sedang bersusah hati

Air matanya berlinang

Mas intannya terkenang

Hutan gunung sawah lautan

Simpanan kekayaan

Kini Ibu sedang susah

Merintih dan berdoa"

Covid-19 membuat perekonomian jatuh. Banyak pula warga dan tenaga medis gugur dalam perjuangan melawan virus ini.

Seolah pandemik belum cukup, bencana alam pun bermunculan. Belum lagi banyak tragedi yang terjadi. Seperti tenggelamnya KRI Nanggala 402 beberapa waktu lalu yang mengirim 53 awaknya mengabdi selamanya.

Kejadian-kejadian ini membuat se-Indonesia berduka. Selaras dengan deskripsi yang tertulis di bawah video cover Shanna tersebut, “Air mata mereka adalah duka kita, senyum mereka adalah bahagia kita. Kita bersaudara! Kita INDONESIA!”

6. “Kamu dan Kenangan” OST Habibie Ainun 3

6. “Kamu Kenangan” OST Habibie Ainun 3
Instagram.com/Shannashannonsiswanto

Mama tentu tahu film Habibie & Ainun. Film ini menjadi hits beberapa tahun lalu sampai dibuat 3 seri. Kesetiaan dan kemurnian cinta Pak Habibie dan Bu Ainun membuat masyarakat Indonesia mengagumi kisah cintanya.

Tahun 2019 lalu, Shanna mengcover salah satu OST film Habibie Ainun 3 yang berjudul “Kamu dan Kenangan”. Video ini menjadi video covernya yang paling banyak ditonton, yaitu sebanyak 22 juta kali.

Ia pun mengaku dalam kolom deskripsinya bahwa ia mengagumi Pak Habibie dan Bu Ainun karena kisahnya memberi banyak teladan.

Lagu ini bercerita tentang kehilangan seseorang. Rasanya pedih, sepi, dan rindu.

Ditambah lagi, penghayatan dan kelembutan suara Shanna dalam menyanyikan lagu ini membuat para penonton terkenang orang-orang tersayang yang telah pergi. Tak sedikit penonton yang berbagi kisah di kolom komentar.

7. “Cinta Sejati” OST Habibie & Ainun

7. “Cinta Sejati” OST Habibie & Ainun
Instagram.com/Shannashannonsiswanto

"Cinta kita melukiskan sejarah

Menggelarkan cerita penuh sukacita

Sehingga siapa pun insan Tuhan pasti tahu

Cinta kita sejati"

Pernah dengar lirik lagu ini, Ma? Lagu OST film Habibie & Ainun yang satu ini sempat hits juga bersamaan dengan filmnya.

Video cover Shanna untuk lagu tersebut diunggah pada tanggal 5 Oktober 2019. Ia mengcover lagu ini untuk mengenang B. J. Habibie yang telah wafat pada bulan sebelumnya, September 2019.

Dalam kolom deskripsinya tertulis, “Teladan yang mengukir sejarah cinta abadi…, kini dalam kenangan.”

Itulah 7 lagu cover terpopuler Shanna Shannon. Semuanya lagu Indonesia. Shanna memiliki salam khas yang tercantum dalam kolom deskripsi setiap videonya, yaitu “Indonesia Banget”. Memang Indonesia banget ya, Ma!

Melihat Shanna, ternyata rasa nasionalisme dan cinta tanah air dapat ditanamkan pada anak sedari kecil. Dimulai dari memperkenalkan lagu-lagu nasional.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.