7 Manfaat Mabar di Roblox untuk Anak

Anak bisa mengasah berbagai keterampilan dengan mabar di Roblox

28 Mei 2022

7 Manfaat Mabar Roblox Anak
whatifgaming.com

Video game adalah salah satu hiburan yang populer sejak lama, terutama di kalangan anak-anak hingga remaja. Apalagi di masa pandemi ketika sekolah dilakukan secara online, semakin banyak anak yang memainkannya.

Salah satu game yang populer belakangan ini adalah Roblox. Mama pernah mendengarnya? Atau mungkin anak mama juga memainkannya?

Roblox merupakan platform game online gratis yang memungkinkan pengguna memainkan game yang dibuat oleh pengguna lain. Dengan Roblox, pengguna juga bisa mendesain game sendiri.

Roblox dirancang sebagai platform game yang ramah anak lho, Ma. Platform ini memiliki sensor yang cukup ketat. Ketika ada pemain yang menggunakan kata-kata jorok di kolom chat, kata-kata tersebut langsung kena sensor.

Di dalam Roblox juga tersedia pengaturan “kontrol orangtua” yang dapat Mama aktifkan. Pengaturan ini akan membuat anak mama tidak bisa mengakses Roblox sembarangan.

Selain itu, Roblox pun menyediakan banyak sekali game yang bisa anak mama mainkan. Jenisnya beragam, jadi anak mama tidak akan bosan.

Apalagi jika ia main bareng teman-temannya alias mabar. Pasti sangat seru, Ma.

Selain seru, mabar di Roblox bisa memberikan banyak manfaat untuk anak, lho. Apa saja, ya?

Yuk, simak 7 manfaat mabar di Roblox untuk anak yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini, Ma.

1. Bonding dengan teman di kala PJJ

1. Bonding teman kala PJJ
Youtube.com/AKUDAV

Sudah hampir 2 tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sekolah dilakukan secara online atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) untuk melindungi anak-anak.

Walaupun beberapa sekolah telah mulai dibuka untuk menjalankan pembelajaran secara offline, tapi itu pun ada penyesuaian-penyesuaian untuk mengurangi risiko terjadinya klaster sekolah. Bahkan masih ada sekolah-sekolah yang menjalankan PJJ sepenuhnya.

Di kala PJJ, anak bisa cepat bosan di rumah terus. Yang tadinya belajar di sekolah bersama teman-teman, sekarang harus belajar sendirian di rumah.

Roblox memiliki fitur chat untuk berkomunikasi dengan teman-teman bermain. Anak mama bisa saling berkirim chat dengan teman di Roblox, bahkan sambil bermain game bersama.

Ini bisa menjadi salah satu cara yang asyik bagi anak untuk menjaga hubungan pertemanannya di tengah situasi yang membatasinya bertemu teman. Dengan begini, Mama tak perlu khawatir ia akan canggung dengan teman-temannya ketika nanti ia masuk sekolah lagi.

2. Menghilangkan stres

2. Menghilangkan stres
Pexels/Katerina Holmes

Sebagai platform game, tentunya Roblox dapat menghibur anak mama ketika ia sedang suntuk dengan rutinitasnya. Seperti yang kita ketahui, game merupakan salah satu sumber hiburan yang populer, terutama bagi anak-anak dan remaja.

Bermain game sendirian saja sudah bisa menghibur diri. Jika bertemu teman di platform game tersebut dan bermain bersama, pasti lebih seru lagi.

Dengan bermain game, anak bisa menghilangkan stresnya. Jangan salah lho Ma, anak juga rentan mengalami stres. Stres akibat tugas yang menggunung, seharian di rumah terus, materi pelajaran yang sulit dikuasai, dan sebagainya.

Stres pada anak bisa menjadi parah dan berakibat fatal jika terus dibiarkan. Oleh karena itu, anak perlu mengalihkan perhatiannya sementara ke hal-hal yang menyenangkan untuk menghilangkan stres.

Salah satu caranya adalah dengan mabar. Ia jadi bisa bermain sambil curhat dengan temannya.

Editors' Picks

3. Mengumpulkan Robux

3. Mengumpulkan Robux
Pexels/maitree rimthong

Roblox memiliki mata uang dalam aplikasi yang disebut Robux. Anak bisa membeli Robux untuk mengakses fitur-fitur tambahan dan bergabung dalam Builders Club.

Ini bisa memberi kesempatan pada anak untuk mendapatkan Robux melalui kreasinya di Roblox lho, Ma. Setelah menghabiskan banyak waktu untuk merancang game, ia bisa memilih untuk mengatur gamenya menjadi berbayar.

Pengguna lain bisa memainkan gamenya, tapi harus memberikan Robux untuk memainkannya.

4. Mengasah kreativitas

4. Mengasah kreativitas
Youtube.com/AlvinBlox

Roblox tidak seperti game anak lainnya yang memiliki cerita. Platform game ini memungkinkan anak untuk menyusun ceritanya sendiri.

Ketika ia membuka game, ia diantar ke lingkungan dunia terbuka yang mendorongnya untuk mulai membangun struktur dan objek lain di studio Roblox. Ia dapat belajar membuat game atau menggunakan imajinasinya untuk membuat cerita.

Inilah daya tarik Roblox, Ma. Anak bisa mengasah kreativitasnya di platform ini.

Jika anak mabar di Roblox, mereka bisa saling bertukar pikiran dan mendapatkan inspirasi untuk gamenya sendiri. Tanpa sadar, kreativitas mereka akan sama-sama terasah.

5. Belajar programming dan coding

5. Belajar programming coding
Youtube.com/AlvinBlox

Dilansir dari laman funtech.co.uk, Roblox dirancang dengan mempertimbangkan pengkodean, Ma. Dibangun menggunakan bahasa pengkodean sederhana bernama Lua.

Bahasa ini jugalah yang ada di dalam studio Roblox, area untuk anak merancang game, lingkungan, dan objeknya sendiri. Memang kelihatannya agak rumit, tapi tidak sesulit pemrograman lain, kok.

Sebagai pemula, anak mama bisa memilih menggunakan berbagai menu visual untuk menempatkan karakter dan objek di layar. Ini adalah cara yang nyaman dan mudah untuk dipelajari.

Namun, jika anak mama ingin membuat objek atau lingkungan yang lebih canggih, ia bisa memasukkan kode-kode. Ia bisa mempelajarinya di Roblox juga karena studionya memiliki skrip bawaan yang secara alami memaparkannya pada bahasa pengkodean.

Lama-lama, anak akan terbiasa memindahkan dan menempatkan objek dengan potongan-potongan kecil kode. Lalu, ia akan bisa menulis kode yang panjang setelah memahami bentuk pengkodean yang lebih kompleks.

Nah, dengan mabar di Roblox, anak mama juga bisa sama-sama belajar pemrograman dan bahasa pengkodean untuk merancang gamenya sendiri. Ia bisa  bertanya pada temannya yang sudah lebih dulu mengerti sehingga ia tidak kebingungan sendirian.

Belajar bersama lebih baik daripada belajar sendirian. Setuju, Ma?

6. Meningkatkan keterampilan komputasi

6. Meningkatkan keterampilan komputasi
Pexels/Miguel A. Padrinan

Sebenarnya, anak akan memperoleh dan meningkatkan keterampilan komputasinya sendiri dengan cara menjelajahi internet. Namun, cara ini kurang efektif dalam mengajarkan keterampilan komputasi dasar pada anak, apalagi jika sebagian besar waktunya hanya dihabiskan untuk menonton video Youtube atau melihat-lihat unggahan di media sosial.

Dilansir dari laman funtech.co.uk, Roblox disebut dapat mengajarkan keterampilan komputasi yang penting pada anak. Anak dapat memperoleh keterampilan seperti navigasi menu dan kepercayaan diri dalam menggunakan perangkat lunak berbasis web.

Jika anak mabar di Roblox, kecepatan mengetik dan keterampilan dalam komunikasi online yang efektif juga akan meningkat karena anak butuh teman bermain untuk mengasah kedua keterampilan ini.

7. Memperluas lingkup pertemanan

7. Memperluas lingkup pertemanan
Pexels/Anthony Shkraba

Seperti game online lainnya, Roblox memiliki sistem pertemanan yang memungkinkan penggunanya berteman bahkan dengan orang yang sebelumnya tidak dikenal. Hal ini memang sedikit mengkhawatirkan.

Namun, jika anak mabar dengan temannya, ia bisa berteman dengan orang asing yang sudah terbukti tidak berbahaya untuknya. Temannya bisa memperkenalkannya pada teman online yang baik sekaligus menyenangkan.

Dengan begitu, lingkup pertemanan anak dapat semakin luas dengan risiko yang lebih rendah. Anak bisa saja jadi punya teman online dari berbagai negara dan belajar bahasa mereka atau minimal belajar berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Walaupun begitu, anak tetap harus dibekali dengan pengetahuan tentang apa yang tidak boleh dilakukannya dalam berteman dengan orang asing secara online, perilaku seperti apa yang berbahaya untuknya, dan bagaimana caranya melindungi diri dari kejahatan cyber, Ma.

Itulah 7 manfaat mabar di Roblox untuk anak, Ma. Ternyata, banyak manfaat yang dapat diperoleh anak dari mabar di Roblox. Namun, jangan sampai ia jadi lupa waktu ketika mabar. Bagaimanapun, ia masih memiliki tugas-tugas lain yang harus diselesaikannya. Tanggung jawab dan kemampuannya dalam mengatur waktu perlu Mama asah juga, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk