Akibat Menelan Permen Karet Tanpa Sengaja, Apa yang Terjadi pada Anak?

Cari tahu informasi pasti dan tidak perlu panik ya, Ma!

15 Juni 2019

Akibat Menelan Permen Karet Tanpa Sengaja, Apa Terjadi Anak
Pixabay/GiselaFotografie

Permen karet memang dikonsumsi dengan cara dikunyah hingga rasa manisnya hilang dan sisa karetnya tentu tidak ditelan. Namun, tak jarang banyak anak-anak yang tidak sengaja atau bahkan sengaja karena penasaran menelan permen karet setelah selesai dikunyah. 

Sebenarnya mengunyah permen karet disela-sela waktu beraktivitas dapat menyengarkan napas anak, mengurangi stres serta memberikan hiburan sekaligus belajar cara meniup balon gelembung. Orangtua yang sudah memperbolehkan anaknya mengonsumsi permen karet, seharusnya juga perlu mengajarkan bagaimana caranya mengeluarkan permen karet setelah selesai mengunyah agar tidak tertelan. 

Bila tidak permen karet yang dikonsumsi si Anak tertelan, Mama perlu mengetahui bahaya serta penanganan setelah si Anak menelan permen karet tanpa sengaja. Kali ini Popmama.com telah merangkum mengenai permen karet usai tertelan hingga mencapai saluran pencernaan

Simak pembahasan ini yuk, Ma!

1. Banyak menelan permen karet memicu gangguan pencernaan

1. Banyak menelan permen karet memicu gangguan pencernaan
Freepik

Dilansir dari Livestrong, orang dewasa atau anak-anak bisa mengalami reaksi tersedak ketika pertama kali menelan permen karet tanpa sengaja. Namun, permen karet yang terlalu banyak tertelan dapat memicu masalah tersendiri daan mengganggu pencernaan. 

Menurut American Academy of Pediatrics, permen karet yang tertelan terlalu banyak tanpa disadari dapat memicu sembelit karena semakin sulit buang air besar. Saluran pencernaan anak-anak pun terganggu akibat masalah ini. 

Bahkah dampak penyumbatan terhadap sistem pencernaan bisa terjadi ketika permen karet ditelan bersama benda asing, seperti koin. Anak-anak yang melakukan tindakan berbahaya ini biasanya sering menonton tayangan atau adegan orang dewasa di televisi. 

Perlu hati-hati nih!

Baca juga: 

Editors' Picks

2. Penelitian mengatakan kalau permen karet yang tertelan hanya bertahan tidak lebih dari seminggu

2. Penelitian mengatakan kalau permen karet tertelan ha bertahan tidak lebih dari seminggu
Freepik

Menurut paparan penelitian dari Ohio State University, permen karet yang tertelan cukup jarang berada di dalam tubuh seseorang lebih dari seminggu. Kondisi ini terjadi karena lambung setiap orang secara berkala akan mengosongkan seluruh diisinya ke dalam usus kecil. 

Ketika anak mama menelan permen karet tanpa sejaga akan berakhir keluar hingga menjadi kotoran. 

Sering menelan permen karet akan merusak tubuh, apalagi ketika jumlahnya cukup banyak. Edwin McDonald sebagai dokter ahli pencernaan sempat menjelaskan bahwa menelan permen karet berulang kali bisa memicu bezoar atau gumpalan. Bahkan kandungan dari permen karet yang tidak dapat dicerna karena terlalu banyak tertelan berpotensi menyebabkan obstruksi usus. 

Demi menghindari masalah kesehatan yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk mengajarkan si Anak untuk selalu membuang permen karena ketika rasanya sudah tidak lagi manis. Terus menyimpannya di dalam mulut hanya akan membuat dirinya tidak sengaja menelan permen karet karena terus dikunyah. 

3. Perbanyak air putih saat anak tidak sengaja menelan permen karet

3. Perbanyak air putih saat anak tidak sengaja menelan permen karet
Unsplash/Kobu Agency

Kebiasaan anak-anak mengonsumsi permen karet membuat dirinya seringkali tidak segaja menelannya. Ketika ini terjadi pada anak mama di rumah, usahakan tidak terlalu panik karena kepanikan dapat membuat si Anak ketakutan. 

Permen karet akan tetap bisa keluar bersama dengan feses, meskipun membutuhkan proses. Saat menelan permen karet, usahakan tidak berusaha memuntahkan permen karet yang sudah tertelan atau bahkan berusaha mengorek tenggorokan sendiri. 

Usahakan untuk segera meminum air putih dalam jumlah yang banyak agar kerongkongan anak mama terasa lebih nyaman ketika tidak sengaja menelan permen karet. 

Perlu diingat bahwa menelan permen karet sesekali tidak akan berbahaya. Asalkan tetap memperbanyak konsumsi air puttih ketika tidak sengaja menelannya. 

Itulah beberapa informasi yang bisa Mama dapatkan ketika si Anak menelan permen karet tanpa sengaja. Berbicaralah kepada anak mama untuk mengusahakan kejadian seperti ini tidak kembali terulang karena dapat berbahaya bagi sistem pencernaannya. 

Tetap perhatikan dan kontrol kesehatan anak-anak di rumah ya, Ma!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;