5 Manfaat Positif Rutin Minum Air Putih untuk Anak-Anak

Rutin meminum air putih dapat memberikan banyak manfaat

1 Maret 2019

5 Manfaat Positif Rutin Minum Air Putih Anak-Anak
Freepik

Setiap orang, termasuk Mama tentunya ingin memberikan asupan dan gizi yang terbaik bagi seluruh anggota keluarga. 

Selain kebiasaan pola hidup sehat, kebutuhan mineral menjadi salah satu kondisi terpenting. Perlu disadari bahawa manusia membutuhkan asupan air minum yang cukup banyak di kesehariannya. 

Pada acara press conference dan peluncuran produk Cuckoo Water, Dr. Boy Abidin SP.OG pun mengatakan bahwa pada umumnya dianjurkan untuk meminum 2 liter atau 8 gelas air setiap harinya agar kebutuhan mineral dan cairan tubuh tetap tercukupi. 

Namun, ada kendala untuk mendapatkan air minum yang 100 persen murni dan bebas kontaminan. Tak jarang air yang biasa diminum sehari-hari belum tentu terjamin secara higienis dan kualitasnya.

"Melihat kondisi air minum di Indonesia pada umumnya dikemas dalam botol dan galon plastik, dijemur di bawah panas matahari, berisiko terkena debu dan disimpan dalam ruangan gelap dan lembab. Maka dari itu, kami tergerak untuk menawarkan sebuah gaya hidup yang lebih sehat. Langkah pertama untuk mencapai mimpi tersebut adalah dengan menghadirkan pemurni air, ini dikarenakan air minum murni adalah sebuah kebutuhan dasar dan sudah seharusnya dapat dijangkau oleh setiap orang," jelas Bapak Toh Seng Lee, Presiden Direktur Cuckoo Indonesia.

Kebutuhan Air Putih Bisa Dilihat dari Produksi Urine 

Kebutuhan Air Putih Bisa Dilihat dari Produksi Urine 
Unsplash/Kobu Agency

Sebagai orangtua, Mama perlu mengetahui produksi urine anak-anak setiap harinya. Warna urine secara tidak langsung dapat memberitahukan bahwa seberapa banyak air putih yang telah dikonsumsi. Berikut warna urine yang perlu diketahui, di antaranya: 

  • Warna kuning pekat berarti sangat membutuhkan banyak minum. 
  • Warna kuning muda berarti membutuhkan banyak minum.
  • Warna kuning bening berarti jumlah minum sudah cukup baik. 
  • Warna bening berarti jumlah minum sudah tercukup dengan baik.

Perlu diketahui juga bahwa anak-anak yang berusia 1-3 tahun membutuhkan asupan 1,3 liter air putih, sedangkan yang berusia 4-8 tahun perlu mendapatkan asupan 1,7 liter air mineral setiap harinya.

Penasaran mengenai manfaat positif dari kebiasaan si Kecil yang rutin mengonsumsi air putih? Kali ini Popmama.com sudah merangkum manfaat dari kebiasaan minum air putih. 

1. Mencegah kerusakan gigi 

1. Mencegah kerusakan gigi 
Unsplash/Ethan Sykes

Menurut American Dental Association, fluoridasi yang terdapat pada air putih dapat mengurangi kerusakan gigi sebesar 20 hingga 40 persen. 

Perlu disadari bahwa air putih termasuk minuman yang sehat dan menyegarkan. Air putih juga bebas dari gula serta soda, sehingga tidak ada satupun yang menempel pada gigi si Kecil. 

Untuk mempermudah Mama dalam menerapkan kebiasan anak-anak dalam mengonsumsi air putih, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain: 

  • Cobalah untuk membuat aktivitas minum air putih menjadi sangat menyenangkan. 
  • Usahakan terapkan peraturan atau kebiasaan agar si Kecil terlebih dahulu mengonsumsi air putih. Setelah itu, baru diperbolehkan untuk mengonsumsi segala camilan rumah. 
  • Jelaskan manfaat minum air putih kepada si Kecil agar dirinya mengerti bahwa kebiasaan ini perlu diterapkan setiap hari. 
  • Lakukan perubahan secara bertahap, salah satunya dengan menyediakan dispenser yang mudah dijangkau anak-anak. 

Cara ini perlu diterapkan di rumah nih, Ma!

Baca juga: 7 Cara Mendorong si Kecil Mau Minum Air Putih Secara Rutin

2. Menjaga kesehatan fisik serta mental 

2. Menjaga kesehatan fisik serta mental 
Freepik/rawpixel.com

Kesehatan fisik dan mental bisa dijaga melalui berbagai cara, salah satu yang sederhanaa yaitu dengan mengonsumsi air putih. 

Air putih merupakan salah satu komponen utama dalam penyusunan darah, sehingga berfungsi untuk membawa oksigen serta nutrisi agar dapat mengalir ke seluruh bagian tubuh. 

Selain itu, air putih dapat memberikan manfaat positif seperti: 

  • Menjaga tubuh tetap berada pada suhu normal. 
  • Menjaga sistem saraf pusat seperti sumsum tulang belakang, serta organ-organ vital lainnya. 
  • Menyusun cairan limfa dalam sistem peredaran getah bening untuk membantu sistem kekebalan tubuh. 

Saat si Kecil rutin mengonsumsi air putih, tanpa disadari dapat berdampak langsung pada kesehatan tubuhnya. 

Baca juga: 3 Bahaya Air Putih Bagi Kesehatan Bayi Baru Lahir

Editors' Picks

3. Mencerdaskan pola pikir anak 

3. Mencerdaskan pola pikir anak 
Freepik

Meminum air putih yang cukup juga dapat memberikan manfaat positif pada daya konsentrasi anak serta meningkatkan kinerja otaknya. 

Apalagi perlu diketahui kalau air termasuk komponen penting sebagai pembentk darah, sehingga menyampaikan kebutuhan oksige serta nutrisi penting lainnya ke otak. 

Jika rutin mengonsumsi air putih, tidak menutup kemungkinan kalau si Kecil bisa terbantu menjadi sosok yang cerdas pola pikirnya. 

Baca juga: Selain Menghaluskan Kulit, Ini Manfaat Minum Air Putih

4. Memperlancar sistem pencernaan 

4. Memperlancar sistem pencernaan 
Freepik/rawpixel.com

Tak jarang, sistem pencernaan anak-anak juga bisa terganggu. Sembelit atau susah buang air besar tergolong umum terjadi pada anak-anak, apalagi saat asupan makanan dan minumannya tidak bisa dikontrol dengan baik. 

Untuk mengatasi sembelit dan semakin memperlancar sistem pencernaannya, Mama bisa rutin memberikan si Kecil air putih. 

Kebiasaan meminum air putih setelah bangun tidur juga bisa membantu si kecil membantu Mama memperlancar sistem pencernaan. Kondisi pencernaan di dalam tubuh si Kecil akan bersih dan terbebas dari segala sumber sampah makanan. Selain itu, meminum air putih saat perut kosong bisa mencegah asam lambung naik.

Baca juga: Hati-Hati, Kekurangan Air Mineral Saat Masa Kehamilan

5. Membantu anak lebih lincah bergerak 

5. Membantu anak lebih lincah bergerak 
Unsplash/Ibrahim Boran

Ma, air putih bisa berfungsi sebagai pelumas. Fungsinya ini dapat menjaga lubrikasi dan bantalan persendian, sehingga saat kekurangan air putih dapat membuat si Kecil mudah lesu. 

Tak jarang, kondisi tubuh yang lemas dan enggan untuk beraktivitas bisa terjadi ketika anak mama kekurangan air putih. Sebelum ini terjadi, usahakan untuk ingatkan kembali bahwa air putih sangat bermanfat bagi tubuhnya. 

Itulah beberapa informasi, seperti manfaat air putih untuk si Kecil hingga jenis urine yang dapat memprediksi bahwa seseorang sedang kurang mengonsumsi air putih. 

Semoga informasi dari Popmama.com kali ini bisa berguna untuk keluarga di rumah ya, Ma!

Baca juga: Ingin Anak Menjadi Sosok Generasi Maju? Eksplor 5 Potensi Ini

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!