Dari Action Hingga Romance, Ini 7 Rekomendasi Film Korea untuk Remaja

Bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luang anak

6 Januari 2021

Dari Action Hingga Romance, Ini 7 Rekomendasi Film Korea Remaja
Freepik

Menghabiskan akhir pekan di rumah saja mungkin akan terasa membosankan dengan kegiatan yang itu-itu saja. Terlebih bagi anak usia remaja yang lebih banyak menghabiskan waktu bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya di luar rumah.

Mengingat kasus Covid-19 yang kembali melonjak di Indonesia, para orangtua pun diminta untuk mengawasi anak-anak mereka agar tetap berada di rumah saja demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Agar akhir pekan anak tidak terasa membosankan, terlebih setelah seminggu harus menyelesaikan segala tugas-tugas sekolahnya, Mama bisa merekomendasikan anak berbagai tayangan yang menghibur.

Misalnya serial drama Korea yang tahun 2020 silam menjadi ramai diperbincangkan. Namun, jika anak mama bosan dengan tayangan serial drama yang tersedia dalam banyak episode, coba ajak anak menyaksikan film saja, Ma!

Selain durasi waktu yang lebih singkat dari drama, deretan film Korea yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini dijamin bisa membuat waktu luang atau akhir pekan anak menjadi lebih seru.

Mulai dari genre action yang bikin tegang, hingga romansa percintaan yang bisa bikin anak dibuat baper karena film tersebut. Berikut 7 rekomendasi film Korea untuk remaja yang bisa ditonton untuk mengisi waktu luang.

1. Tune in for Love (2019)

1. Tune in for Love (2019)
Soompi.com

Tune in for Love, sebuah film Korea yang disutradarai oleh Jung Ji-wo ini mengisahkan percintaan dua manusia sebatang kara yang berjuang di tengah kehidupan penuh godaan, kesulitan ekonomi, trauma psikis, dan stigma.

Dibintangi oleh dua aktor dan aktir ternama yaitu Jung Hae-in sebagai Hyun-1oo, serta Kim Go-eun sebagai Mi-soo. Kisah ini dimulai ketika Hyun-woo mendatangi toko roti milik Mi-soo.

Mi-soo yang mewarisi toko roti dari mendiang sang Mama dan mengelola bersama juru masak Eun-ja yang dibintai Kim Gook-hee, Mi-soo tak bisa memenuhi permintaan Hyun-woo tersebut.

Keinginan Hyun-woo ini membuat Mi-soo dan Eun-ja menduga pria itu baru keluar dari penjara, mengingat mengonsumsi tahu adalah tradisi para warga binaan Lapas Korea setelah menghirup udara bebas.

Begitu mendapatkan informasi, Hyun-woo dan Mi-soo terlibat dalam perbincangan terkait kehidupan masing-masing. Keduanya ternyata memiliki nasib yang sama dan Hyun-woo pun diizinkan untuk menyambung hidup dengan bekerja paruh waktu di toko roti itu.

Seiring berjalannya waktu, benih asmara antara keduanya pun tumbuh perlahan. Meski tidak ada banyak kata atau aksi, sorotan mata keduanya pun seolah berbicara soal asmara itu.

Selayaknya film romansa lain, perjalanan cinta kedua anak manusia dengan latar belakang dan sifat berbeda itu juga tak selamanya mulus. Penasaran kelanjutnya? Langsung tonton saja yuk!

2. On Your Wedding Day (2018)

2. On Your Wedding Day (2018)
Soompi.com

Mengisahkan kisah cinta seorang yang terobsesi pada cinta pertamanya, film On Your Wedding Day menjadi film Korea lainnya yang bergenre roamntis.

Film ini merupakan karya sutradara Lee Seok-Geun yang menceritakan seorang lelaki yang tidak dapat berpaling dari mantan kekasih yang merupakan cinta pertamanya.

Kisah film ini dimulai saat Hwang Woo-yeon (Kim Young-kwang) mendapatkan undangan pernikahan dari mantan kekasihnya saat bangku sekolah, Hwan Seung-hee (Park Bo-young).

Film ini menyajikan alur cerita maju-mundur yang akan menjelaskan bagaimana perjalanan kisah cinta pasangan ini. Mulai dari pertemuan keduanya di sekolah hingga dewasa menjadi latar konflik film ini.

Kisah manis dan menggemaskan antara kedua pasangan ini akan membuat anak remaja mama ikut hanyut dalam film tersebut. Terlebih penampilan aktor Park Bo-young menjadi daya tarik film ini setelah 3 tahun hiatus dari dunia perfilman.

Editors' Picks

3. Exit (2019)

3. Exit (2019)
Soompi.com

Jika anak mama menyukai musik genre K-Pop yang marak disukai remaja lainnya, tentu nama Im YoonA yang merupakan anggota dari girlband Girls' Generation sudah tak asing baginya.

Di film Exit yang tayang pada 2019 lalu, YoonA menjadi pemeran utama perempuan yang memerankan kemampuan atletik yang amat baik lantaran adegan berlari serta memanjat yang ia lakukan dalam film tersebut.

Film yang mengisahkan bencana di Korea ini membuat aktris sekaligus penyanyi YoonA beradu akting bersama Jo Jung-suk yang berperan sebagai Yong-nam. Dikisahkan saat Yon-nam, seorang laki-laki lajang pengangguran yang masih tinggal dengan orangtua serta tak memiliki kekasih dan rumah.

Sementara berbanding kebalik, YoonA yang berperan sebagai Eui-joo justru memiliki kehidupan yang sedikit lebih baik dibanding Yong-nam. Eui-joo adalah seorang asisten manajer di sebuah restoran.

Awalnya, Eui-joo dan Yong-nam bertemu di klub pemanjat tebing. Kemudian kisah menjadi lebih hangat saat Yong-nam menggelar acara ulang tahun ke-70 untuk sang Mama di restoran tempat Eui-joo bekerja.

Ini dilakukan Yon-nam demi menarik perhatan Rui-joo yang seolah sengaja menempatkan Yong-nam di situasi firendzone. Namun, saat itu gas beracun tengah menyebar di seluruh kota Seoul. Hingga keduanya harus berjuang menyelamatkan diri serta keluarga masing-masing.

Film Exit memang fokus menceritakan perjuangan kedua tokoh yang selamat dari bencana, namun sang sutradara juga tak lupa menyelipkan bumbu humor melalui berbagai ulah dan tingkah Jo Jung-suk dan YoonA kala berusaha menyelamatkan hidup.

4. Be With You (2018)

4. Be With You (2018)
Soompi.com

Anak remaja identik dengan kecintaannya terhadap film bergenre melodrama, terlebih bagi anak perempuan. Jika anak mama termasuk orang yang menyukai genre tersebut, film Korea berjudul Be With You ini bisa menjadi pilihan.

Diperankan oleh aktris dan aktor ternama Korea Selatan, Son Ye Jin yang namanya ramai diperbincangan karena drama Crash Landing On You (2020) harus beradu akting dengan So Ji Sub yang populer lewat drama Master Sun (2014) dan Battleship Island (2017).

Film ini mengisahkan keluarga kecil beranggotakan Mama, Soo Ah (Son Ye Jin), Papa, Woo Jin (So Ji Sub) dan anak laki-laki mereka, Ji Ho (Kim Ji Hwan). Dikisahkan hidup bahagia, keluarga ini kemudian menimpa kemalangan ketika sang Mama harus meninggal dunia karena sakit.

Woo Jin kemudian mengurus Ji Ho seorang diri sebagai orangtua tunggal. Woo Jin yang dahulu diceritakan sebagai mantan atlet renang ini berhenti karena fisiknya melemah akibat penyakit yang dideritanya. Ia kini bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah fasilitas kolam renang.

Sementara, Ji Ho, putranya, belum bisa menerima kematian sang ibu. Ia selalu percaya bahwa ibunya belum meninggal, tetapi hanya pergi ke atas awan. Ia percaya ibunya akan kembali pada mereka suatu hari nanti.

Kisah melodrama yang menyentuh ini mungkin akan membuat anak remaja mama hanyut ke dalam cerita. Tertarik membagikannya kepada anak mama?

5. Parasite (2019)

5. Parasite (2019)
Instagram.com/hyeonjun_mama

Popularitas film Parasite yang tayang pada tahun 2019 menjadi ramai diperbincangkan lantaran film ini menjadi film Korea Selatan pertama yang meraih piala Oscar untuk kategori paling bergengsi dalam Academy Awards, yakni Best Picture.

Film ini mengisahkan keluarga Ki-taek (Song Kang Ho) beranggotakan empat orang pengangguran dengan masa depan suram menanti mereka. Suatu hari Ki-woo (Choi Woo Shik) anak laki-laki tertua direkomendasikan oleh sahabatnya yang merupakan seorang mahasiswa dari universitas bergengsi agar Ki-woo menjadi guru les yang dibayar mahal dan membuka secercah harapan penghasilan tetap.

Dengan penuh restu serta harapan besar dari keluarga, Ki-woo kemudian pergi menuju rumah keluarga Park untuk wawancara. Setibanya di rumah pemilik perusahaan IT global, Ki-woo bertemu dengan Yeon-kyo (Cho Yeo Jeong), perempuan muda yang cantik di rumah itu. Setelah pertemuan itu, serangkaian kejadian dimulai.

Film ini diawali dengan plot yang lambat, namun seiring berjalannya durasi film, akan terlihat kesuraman dan ketegangan yang diberikan. Film Parasite sendiri menjadi paket lengkap dari tontonan yang menghibur, sebab film ini menyajikan tontonan thriller dengan bumbu dark comedy.

Ada plot twist yang sangat tak terduga yang mempertontonkan kesenjangan sosial dalam bentuk sarkasme. Ini membuat siapa saja yang menonton akan hanyut ke dalam film karena merasa tersambung dengan kenyataan.

6. Forgotten (2017)

6. Forgotten (2017)
Youtube.com/Trailler & All Rex

Mengisahkan Jin-Seok (Kang Ha-Neul) yang pindah ke rumah baru bersama kakak laki-lakinya Yoo-Seok (Kim Moo-Yul), Mama (Na Young-Hee) dan Papa (Moon Sung-Geun), film ini menjadi salah satu film bergenre misteri yang banyak ditonton.

Dikisahkan Jin-Seok yang menderita hipersensitivitas, tetapi dengan obat-obatan ia dapat hidup secara normal. Hingga suatu malam hujan, Jin-Seok melihat kakaknya dilempar ke dalam mobil van oleh sekelompok pria. Setelah 19 hari, Yoo-Seok kembali ke rumah, namun membuat dirinya tidak meningat apa pun.

Jin-Seok memperhatikan perubahan yang cukup berbeda dalam kepribadian dan perilaku sang kakak, sehingga ia mulai memiliki kecurigaan bahwa orang yang telah kembali bukanlah Yoo-Seok. Sampai suatu ketika, Jin-Seok terus mendengar suara asing yang berasal dari gudang penyimpanan barang-barang pemilik rumah sebelumnya yang terkunci.

Penasaran kelanjutannya? Yuk, langsung ajak anak remaja mama menontonnya bersama!

7. A Taxi Driver (2017)

7. A Taxi Driver (2017)
Youtube.com/Well Go USA Entertainment

Film yang dibintangi Song Kang-ho, Yoo Hae-jin, Ryu Jun-yeol, Thomas Kretschmann ini menjadi Film Korea Selatan Terbaik versi Blue Dragon Film Awards 2017 dan Daejong Film Awards 2017. 

Film ini mengadaptasi kisah seorang pengemudi taksi bersama reporter asing yang tanpa sadar berujung ikut menuliskan sejarah yang terjadi di di Gwangju pada 1980.

A Taxi Driver bermula dari seorang reporter asal Jerman, Peter, bekerja di Tokyo pada Mei 1980. Pada suatu hari, ia mendapat kabar bahwa sesuatu hal aneh dan misterius terjadi di Gwangju, Korea Selatan.

Hingga suatu ketika, saat Peter tiba di Korea, ia harus mencari supir taxi yang bersedia mengantarkannya ke Gwangju hingga ia menemukan Kim Man-seob, seorang supir taxi yang hidup bersama anak perempuannya dan harus bekerja keras mencari banyak uang untuk anaknya dan demi membayar biaya sewa rumah.

Man-seob mendengar seorang turis asing bersedia membayar tinggi bagi yang mau mengantarkannya ke Gwangju. Tak banyak yang mau mengambil tawaran tersebut karena mengetahui situasi panas di Gwangju.

Namun demi kehidupan ia dan sang anak, ia langsung bergegas pergi dan menemui Peter. Keduanya pun bersepakat dan akhirnya pergi ke Gwangju dengan taksi Man-seob. Dari situlah kisah menebarkan yang membuat para penonton ikut tegang dimulai.

Nah, itu tadi rekomendasi 7 film Korea untuk remaja mama tonton saat mengisi waktu luang atau pun di akhir pekan. Yuk, pilih tontonan yang membuat anak mama tertarik.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.