8 Makanan Penting Saat Sahur yang Bikin Anak Mama Kuat Puasa Seharian

Biar ABG Mama kuat dan lancar puasanya, jangan salah pilih makanan saat sahur, Ma!

11 Mei 2019

8 Makanan Penting Saat Sahur Bikin Anak Mama Kuat Puasa Seharian
healthxchange.sg/

Makanan yang dikonsumsi saat sahur sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh ABG mama ketika menjalani ibadah puasa. Menurut Tan Sheau Kang, ahli gizi dari Singapore General Hospital, "Ketika kamu memutuskan apa yang hendak dimakan selama bulan Ramadan, ingatlah bahwa waktu sahur dan berbuka puasa dapat membantu mempertahankan puasa pada hari berikutnya."

Tan pun menambahkan, "Mengonsumsi makanan yang tepat adalah penting." Jadi, Mama setidaknya harus bisa mengatur jenis makanan apa yang akan dikonsumsi anak selama bulan puasa, khususnya ketika sahur.

Itulah sebabnya mengapa makanan yang Mama sediakan untuk si Anak harus menyediakan energi yang cukup agar bisa bertahan berjam-jam saat puasa.

Dengan demikian, makanan apakah yang tepat dikonsumsi untuk anak mama? Berikut ini Popmama.com uraikan jenis-jenis makanan yang wajib menjadi hidangan sahur.

1. Beras merah dan roti gandum

1. Beras merah roti gandum
lettyskitchen.com

Kalau biasanya menyajikan makanan sahur dengan menu pokok nasi putih dan lauk-pauknya, Mama bisa menggantinya dengan makanan tinggi serat karbohidrat.

Beras merah dan roti gandum termasuk jenis makanan demikian, Ma. Jika anak mama mengonsumsi makanan tinggi serat karbohidratnya, energi dalam tubuh anak akan bisa bertahan lebih lama, sehingga sangat ideal ketika dibarengi dengan aktivitas anak yang tinggi.

2. Buah dan sayuran

2. Buah sayuran
Pixabay/RitaE

Tidak hanya kaya akan serat, buah-buahan dan sayuran sangat penting dikonsumsi selama berpuasa lantaran dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu mencegah sembelit, Ma.

Selain itu, buah dan sayuran juga mengandung vitamin, mineral, dan phytochemicals yang bisa menjaga kesehatan anak mama dengan baik.

3. Kandungan air tinggi

3. Kandungan air tinggi
Pixabay/congerdesign

Mama tidak perlu memberikan suplemen tambahan kepada anak, karena kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam buah dan sayuran sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian si Anak.

Yang terpenting ketika Mama memilih buah dan sayuran, pilihlah yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti semangka, stroberi, mentimum, dan selada agar anak mama tidak mudah dehidrasi.

4. Daging dan susu

4. Daging susu
organic-center.org

Ketahuilah Ma, ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu yang rendah lemak adalah sumber protein yang baik sekaligus membatasi asupan lemak anak mama.

Manfaat lainnya adalah membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh serta membangun sistem kekebalan pada tubuh ABG mama.

Editors' Picks

5. Lemak sehat

5. Lemak sehat
nibblesandfeasts.com

Dalam memilih makanan yang mengandung lemak sehat, ada berbagai jenis pilihan yang bisa Mama jadikan rekomendasi untuk sahur anak.

Meski lemak mendapat reputasi yang buruk, tapi sebenarnya lemak sehat adalah bagian penting dari diet untuk membantu fungsi tubuh secara optimal. Oleh karena itu, tambahkan lemak sehat ke dalam menu sahur anak mama agar dia lebih kenyang.

Pilihan lemak sehat yang bisa Mama sediakan antara lain alpukat, selai kacang atau almond, biji bunga matahari, mur atau kacang-kacangan, dan biji hemp.

6. 2 porsi buah dan 2 porsi sayuran

6. 2 porsi buah 2 porsi sayuran
Pixabay/silviarita

Health Promotion Board merekomendasikan bagi orang yang berpuasa untuk mengonsumsi 2 porsi sayuran dan 2 porsi buah per hari. Tan menyebutkan, "Pastikan anak mama mengonsumsi 1 porsi buah dan 1 porsi sayuran di waktu sahur dan berbuka puasa."

Memang secara tradisional selama Ramadan, kurma dimakan di awal berbuka puasa untuk menyimbolkan usainya ibadah puasa di hari tersebut.

Selain merupakan sumber energi yang sangat baik, kurma juga kaya akan potasium, serta membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik. Namun Mama harus ingat jangan terlalu banyak mengonsumsi kurma karena tinggi akan gula.

7. Makanan tinggi protein

7. Makanan tinggi protein
Pixabay/mandarinMD

Selama sahur, usahakan Mama selalu menyediakan makanan yang mengandung banyak protein, seperti selai kacang, keju rendah lemak, yoghurt, atau susu.

Anak Mama juga harus mengonsumsi kacang-kacangan, daging tanpa lemak, oatmeal, telur dan produk turunan susu. Ditambah lagi, pilihan asupan serat dan jenis sayur-sayuran, roti gandum, kacang polong, sereal gandum, dan buah kering.

Sebenarnya tidak terlau sulit menyiapkan makanan sahur buat ABG Mama, asalkan penuhilah gizi seimbang sesuai dengan rekomendasi di atas agar puasanya kuat dan lancar.

8. Minum air putih

8. Minum air putih
Freepik/rawpixel.com

Saat berpuasa, tubuh mudah kehilangan cairan karena aktivitas berlangsung biasa namun tidak bisa bebas minum. Nah, saat sahur, anak mama harus cukup mengonsumsi cairan. Minum air putih lebih baik daripada minuman manis. Cukupkan minum dua gelas air putih saat sahur. Air itu akan memenuhi kebutuhan tubuh hingga tiba waktu buka puasa. 

Semangati dia agar berpuasa hingga waktu berbuka ya, Ma!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!