5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online untuk Anak SD, Bantu saat Ujian

Bisa nih, si Anak belajar sendiri untuk ujian SD dengan memakai aplikasi

27 September 2021

5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Anak SD, Bantu saat Ujian
thefashionablehousewife.com

Tak terasa, meski tahun ajaran baru rasanya baru dimulai namun anak Sekolah Dasar akan segera mendekati waktunya ujian. Demi persiapan yang matang, tak heran jika banyak orangtua yang kini sedang sibuk mencarikan tempat les untuk anak-anaknya.

Namun, tak jarang juga orangtua yang lebih memilih untuk memberikan anaknya fasilitas untuk belajar secara online melalui aplikasi smartphone.

Baik bimbel biasa maupun aplikasi belajar online, keduanya punya keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Beberapa anak tetap memilih belajar tambahan di bimbel dengan alasan lebih interaktif sehingga, bila ada pertanyaan atau belum mengerti tentang pelajaran yang dijelaskan, anak dapat langsung bertanya kepada guru yang mengajar.

Namun di era serba digital dan penggunaan internet yang cukup tinggi di kalangan pelajar, aplikasi belajar online bisa menjadi alternatif yang sangat baik.

Cukup dengan membuka website belajar online atau mendownload aplikasinya di Playstore, anak dapat dengan cepat belajar materi yang diinginkan tanpa harus menunggu waktu bimbel.

Harga berlangganan aplikasi belajar online yang relatif lebih murah dibandingkan dengan bimbel pun dapat menekan biaya yang dikeluarkan oleh orangtua untuk belajar tambahan di luar sekolah.

Mengetahui ada begitu banyak manfaat yang bisa anak dapatkan melalui aplikasi belajar online, Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasi aplikasi belajar online untuk anak SD. Yuk simak!

1. KelasKita

1. KelasKita
kelaskita.com

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah KelasKita. Aplikasi belajar online KelasKita menawarkan fitur sosial, dimana anak dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya sehingga aktivitas belajar pun menjadi semakin menyenangkan.

Di KelasKita, anak juga bisa memilih kelas sesuai dengan minat kita masing-masing, mulai dari pemrograman, desain grafis, bahasa, agama, dan lain sebagainya. Anak pun dapat memilih kelas mulai dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, hingga umum.

Selain itu, KelasKita juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya, yaitu fitur kampus (untuk membuat kelompok belajar umum atau pribadi/privat), fitur tambahan penghasilan (membuat kelas berbayar pribadi), fitur sertifikat (setelah anak berhasil menyelesaikan suatu kelas), serta fitur instruktur dan partner yang berasal dari beberapa lembaga pendidikan yang sudah terpercaya.

Editors' Picks

2. LESGO!

2. LESGO
play.google.com

Aplikasi LESGO! memungkinkan para orangtua untuk dapat mencari guru les privat secara online untuk anaknya masing-masing berdasarkan tingkat atau jenjang pendidikan, mata pelajaran, lokasi, hingga kesesuaian jadwal.

Tujuan aplikasi belajar online yang satu ini yaitu untuk memfasilitasi kebutuhan para orangtua yang memiliki keterbatasan waktu dalam mencari tenaga guru dan tutor berkualitas bagi anak mereka.

Khususnya untuk di wilayah seperti Jabodetabek dengan tingkat kesibukan yang tinggi. Mencari guru les privat tidak hanya terkait tingkatan dan mata pelajaran saja, melainkan juga terkait kecocokan jadwal antara murid dan guru.

3. PrivatQ

3. PrivatQ
privatq.co.id

PrivatQ merupakan aplikasi belajar online yang juga memungkinkan anak untuk mencari dan memesan jasa para guru privat kapan saja dan dimana saja.

Dengan menggunakan PrivatQ, anak pun dapat mencari guru dan mentor yang sesuai dengan kebutuhannya.

Guru dan mentor tersebut pun akan datang ke lokasi dalam waktu yang telah disepakati untuk mendampingi disetiap kegiatan belajar sang Anak.

Guru dan mentor PrivatQ terdiri dari tenaga pengajar yang telah terlatih dan berpengalaman. Dengan metode pembelajaran yang proaktif dan menyenangkan, PrivatQ pun siap untuk membantu para siswa atau pelajar agar dapat belajar secara lebih efektif.

4. Ruang Guru

4. Ruang Guru
privatq.co.id

Mencari aplikasi untuk belajar online sekaligus dengan tutor dan guru yang membimbing?

Ruangguru bisa jadi pilihanmu!

Ruangguru menyediakan les privat secara online. Aplikasi yang satu ini juga merupakan aplikasi belajar online dengan solusi terlengkap untuk mengatasi segala kesulitan belajar anak mama.

Ruangguru menyediakan konten untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, hingga SMA sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh pengajar-pengajar terbaik yang sudah berpengalaman.

Di dalam aplikasinya, anak juga bisa melakukan sesi tanya jawab dengan tutor dan guru secara langsung baik via chat maupun video call.

Selain itu, tersedia juga banyak video belajar untuk mempersiapkan ujian yang bisa anak tonton setiap saat. 

Di aplikasi ini anak juga ditemani oleh teman virtual yang akan menambah semangatnya. Sistem mengumpulkan poin setiap mengikuti kegiatan live streaming juga membantu anak untuk menimbun koin agar namanya bisa masuk ke leader board mingguan.

Berminat untuk mencobanya?

5. Zenius.net

5. Zenius.net
Zenius.net

Zenius.net adalah ruang belajar online yang menekankan kepada science and reason?

Zenius percaya bahwa siapapun perlu menerapkan prinsip berpikir saintifik dan rasional pada proses pertimbangan, analisis, dan pengambilan keputusan yang penting. Dengan menjadi pribadi rasional dan selalu berpikir secara ilmiah, para pelajar Indonesia akan menjadi manusia yang lebih matang serta bertanggung jawab secara pribadi, sosial, maupun profesional.

Zenius menekankan materi pelajaran matematika dan sains dalam aplikasinya. Tetapi, khusus untuk kegiatan UN, ia memiliki bank data lengkap untuk semua mata pelajaran UN. 

Kini Zenius juga menghadirkan wadah baru bagi orangtua dan anak untuk jelajahi dunia belajar bersama melalui ZeniusLand, platform belajar yang dirancang khusus untuk mengembangkan kemampuan fundamental dan cara berpikir kritis siswa sekolah dasar di Indonesia. 

Platform ini bisa menjadi pilihan media belajar edukatif untuk meningkatkan kecerdasan kognitif maupun emosional anak. Selain itu juga bisa menambah semangat eksplorasi dan belajar anak, karena terdapat karakter animasi yang membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan.

Di sini anak usia SD dapat menguasai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris melalui proses gamifikasi yang seru, interaktif, dan menyenangkan.

Misal, si Anak harus menyelesaikan misi dan memperoleh hadiah kostum karakter dengan berbagai tema yang menarik. 

Di sini juga ada ‘teman’ virtual menyenangkan bernama Tiga Sekawan, yang mewakili nilai-nilai karakter anak yang perlu digali sejak dini; Gika untuk kemampuan logika, Imaji untuk imajinasi, dan Aksa untuk literasi. 

“Tantangan terbesar pada siswa di Indonesia adalah kurangnya motivasi mereka untuk belajar. Pada dasarnya, anak-anak tidak bisa dipaksa untuk belajar, karena hanya akan membuat mereka hafal sejenak, kemudian lupa. Itulah mengapa kami memasukkan elemen fun atau keseruan dalam kegiatan belajar di sini, supaya kita bisa memupuk kecintaan belajar dan rasa ingin tahu dalam diri mereka sedari dini. Harapannya, tentu agar bekal ini dapat membentuk mereka menjadi seorang pembelajar seumur hidup,” jelas Sabda P.S, Chief Education Officer Zenius. 

“Tidak hanya bermanfaat bagi siswa dan siswi di sekolah dasar, aplikasi ini juga memudahkan orangtua untuk bisa mengawasi perkembangan anak-anak mereka melalui platform yang sama. Orang tua bisa mengakses laporan hasil pembelajaran dari platform yang sama, sehingga mereka mengetahui kelebihan atau kekurangan anak, serta mendapatkan rekomendasi belajar yang terpersonalisasi. Orangtua juga bisa mengajak anak untuk belajar dan mengerjakan tugas, tanpa membuat anak merasa terbebani atau stres,” tambah Sabda.  

Pada tahap awal, aplikasi ini menghadirkan  lebih dari 200 pertanyaan, dan lebih dari 40 materi pembelajaran interaktif untuk siswa kelas 4-6 SD. Platform ini telah tersedia di Android, dan akan segera tersedia di iOS, yang dapat diakses dengan biaya langganan sebesar Rp800.000 per tahun. 

Nah, itulah 5 rekomendasi aplikasi belajar online untuk anak SD yang dapat dicoba.

Selain mudah, aplikasi belajar online pun tak membutuhkan banyak biaya lho Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.