Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra: Pengertian, Tanda Serta Dalilnya

Wajib diketahui oleh anak agar semakin beriman

27 Juli 2021

Kiamat Sugra Kiamat Kubra Pengertian, Tanda Serta Dalilnya
Freepik/Iluzishan

Kiamat sugra dan kubra adalah dua macam bentuk Hari Kiamat yang harus diimani oleh umat Islam. Hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima. Maka dari itu, sebagai umat islam kita wajib untuk percaya dan mengimaninya. Hal ini wajib diajarkan pada anak sejak dini. 

Sebab, hari kiamat akan benar-benar datang suatu saat nanti, namun tak ada seorang pun yang tahu kapan waktu pastinya. Hanya Allah SWT yang mengetahuinya. 

Allah berfirman dalam QS. Al-Araf ayat 187 seperti berikut ini.  

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ 

Yas`alụnaka 'anis-sā'ati ayyāna mursāhā, qul innamā 'ilmuhā 'inda rabbī, lā yujallīhā liwaqtihā illā huw, ṡaqulat fis-samāwāti wal-arḍ, lā ta`tīkum illā bagtah, yas`alụnaka ka`annaka ḥafiyyun 'an-hā, qul innamā 'ilmuhā 'indallāhi wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn 

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorangpun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." 

Dalam Islam kiamat dibagi menjadi dua yaitu kiamat sugra dan kubra. 

Untuk lebih jelasnya, Popmama.com telah merangkum informasi tentang pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra, tanda-tanda beserta dalilnya berikut ini. Simak dan ajarkan pada anak yuk, Ma! 

1. Pengertian kiamat sugra 

1. Pengertian kiamat sugra 
Pixabay/dianaperiodista93

Kiamat sugra adalah kehancuran sebagian kecil dari kehidupan di dunia dan dimaknai sebagai hari berakhirnya kehidupan seseorang atau sebagian makhluk hidup di muka bumi. Dalam bahasa Arab, "sugra" artinya kecil.

Maka arti kiamat sugra adalah kiamat kecil. Bencana alam dan kematian seseorang juga bisa disebut kiamat sugra. 

Adapun dalil atau surat Alquran yang menjelaskan tentang kiamat sugra yakni QS. Al-Araf ayat 51-52 berikut ini. 

وَنَادَىٰ أَصْحَابُ النَّارِ أَصْحَابَ الْجَنَّةِ أَنْ أَفِيضُوا عَلَيْنَا مِنَ الْمَاءِ أَوْ مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ ۚ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَهُمَا عَلَى الْكَافِرِينَ 

Wa naadaaa Ashaabun Naari Ashaabal jannati an afiiduu 'alainaa minal maaa'i aw mimma razaqakumul laah; qooluu innal laaha harrama humaa 'alal kaafiriin 

Artinya: Dan penghuni neraka menyeru penghuni surga: "Limpahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang telah direzekikan Allah kepadamu". Mereka (penghuni surga) menjawab: "Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya itu atas orang-orang kafir. 

الَّذِينَ اتَّخَذُوا دِينَهُمْ لَهْوًا وَلَعِبًا وَغَرَّتْهُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا ۚ فَالْيَوْمَ نَنْسَاهُمْ كَمَا نَسُوا لِقَاءَ يَوْمِهِمْ هَٰذَا وَمَا كَانُوا بِآيَاتِنَا يَجْحَدُونَ 

Allaziinat takhazuu diinahu lahwanw wa la'i-banw wa gharrat humul hayaatud dunyaa; fal Yawma nnannsaahum kamaa nasuu liqooa'a Yawmihim haazaa wa maa kaanuu bi aayaatinaa yajhaduun 

Artinya: (Yaitu) orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main-main dan senda gurau, dan kehidupan dunia telah menipu mereka". Maka pada hari (kiamat) ini, Kami melupakan mereka sebagaimana mereka melupakan pertemuan mereka dengan hari ini, dan (sebagaimana) mereka selalu mengingkari ayat-ayat Kami. 

Adapun hadis yang mendukung kiamat sugra seperti disebutkan berikut ini:

“Jika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka kursinya diperlihatkan kepadanya pada saat pagi-sore hari. Jika ia termasuk ahli surga, maka ia akan melihat jelas gambaran dirinya sebagai ahli neraka. Dikatakan kepadanya, “Ini kursimu hingga Allah membangkitkanmu pada hari Kiamat”. (HR. Bukhari). 

Editors' Picks

2. Ciri-ciri kiamat sugra 

2. Ciri-ciri kiamat sugra 
Freepik/Wirestock

Walaupun tidak diketahui waktu pasti terjadinya kiamat, Allah telah memberi tahu beberapa ciri-ciri dari kiamat sugra sebagai berikut: 

  • Perempuan berpakaian tapi telanjang
  • Banyak terjadinya kerusakan alam
  • Semakin meluasnya kebodohan
  • Muncul banyak pembunuhan 
  • Waktu yang terasa semakin singkat
  • Berkurangnya jumlah orang baik dan bertambahnya jumlah orang jahat
  • Maraknya perbuatan riba
  • Disia-siakannya sebuah amanat 

Adapun beberapa contoh kiamat sugra yang bisa dialami oleh setiap makhluk yang hidup di muka bumi ini, yakni:

1. Kematian 

Semua makhluk hidup yang bernyawa, pasti akan kembali ke Sang Pencipta. Semuanya memiliki waktu kematiannya masing-masing dengan waktu yang tidak seorang pun mengetahuinya.  

2. Bencana Alam 

Terjadinya bencana alam akibat manusia ataupun murni gejala alam juga tidak diketahui kapan akan datang. Beberapa bencana alam yang kerap terjadi yakni banjir, tanah longsor, tsunami, gempa, gunung meletus, angin topan dan masih banyak lainnya. 

3. Kiamat kubra 

3. Kiamat kubra 
Unsplash/Buzz Andersen

Kiamat kubra adalah kehancuran seluruh alam semesta beserta isinya termasuk manusia, binatang, hingga tumbuh-tumbuhan. Kubra dalam bahasa arab artinya besar. Maka arti kiamat kubra adalah kiamat besar.

Nantinya bumi akan digoyangkan dan  menjadi hancur, laut akan meluap, benda langit akan berjatuhan dan orang-orang akan berlari berlalu lalang mencari keselamatan namun berakhir kepada kematian. 

Maka dari itu, kiamat kubra ini dapat dikatakan sebagai hari akhir kehidupan seluruh makhluk hidup dan nantinya akan digantikan dengan kehidupan di akhirat yang kekal. 

Berikut ini beberapa dalil atau surat Alquran yang menjelaskan tentang kiamat kubra:

QS. Al-Zalzalah ayat 1-5 

إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا

Izaa zul zilatil ardu zil zaalaha

Artinya: Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat, 

وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا

Wa akh rajatil ardu athqoolaha

Artinya: dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, 

وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا

Wa qoolal insaanu ma laha

Artinya: Dan manusia bertanya, "Apa yang terjadi pada bumi ini?" 

يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا

Yawmaa izin tuhad dithu akhbaaraha

Artinya: Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya, 

بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا

Bi-anna rabbaka awhaa laha 

Artinya: karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya. 

QS. Al-Alaq ayat 33 

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوۡا رَبَّكُمۡ وَاخۡشَوۡا يَوۡمًا لَّا يَجۡزِىۡ وَالِدٌ عَنۡ وَّلَدِهٖ وَلَا مَوۡلُوۡدٌ هُوَ جَازٍ عَنۡ وَّالِدِهٖ شَيۡـــًٔا‌ ؕ اِنَّ وَعۡدَ اللّٰهِ حَقٌّ‌ ۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُمۡ بِاللّٰهِ الۡغَرُوۡرُ‏ 

Yaaa ayyuhan naasuttaquu Rabbakum wakhshaw Yawmal laa yajzii waalidun 'anw waladihii wa laa mawluudun huwa jaazin 'anw waalidihii shai'aa; innaa wa'dal laahi haqqun falaa taghurran nakumul hayaatud dunyaa wa laa yaghur rannakum billaahil gharuun 

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutlah pada hari yang (ketika itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya, dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikit pun. Sungguh, janji Allah pasti benar, maka janganlah sekali-kali kamu teperdaya oleh kehidupan dunia, dan jangan sampai kamu teperdaya oleh penipu dalam (menaati) Allah. 

Adapun hadis yang menjelaskan tentang kiamat kubra sebagai berikut ini. 

"Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat. Maka, apabila matahari terbit dari sebelah barat, lalu manusia pun akan beriman seluruhnya. Akan tetapi, kelakukan yang demikian itu di saat tidak berguna lagi keimanan seseorang yang belum pernah beriman sebelum beriman setelah kejadian tersebut atau memang berbuat kebaikan dengan keimanan yang sudah dimilikinya itu," (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud). 

4. Ciri-ciri kiamat kubra 

4. Ciri-ciri kiamat kubra 
youtube.com/FTD Facts

Ada beberapa hal yang menandakan akan terjadinya kiamat kubra, yakni: 

  • Munculnya dukhan atau asap yang mengakibatkan makhluk hidup di bumi terserang flu. 
  • Munculnya Dajjal. Rasulullah SAW sering menceritakan Dajjal memiliki satu mata dan mata sebelah kanannya buta. Ia hadir di bumi membawa fitnah besar yang akan merenggut keimanan seseorang, sehingga banyak orang akan mendengar suaranya dan berpaling dari Allah SWT. 
  • Datangnya binatang besar seperti binatang melata. Hal tersebut untuk menunjukkan kebesaran Allah 
  • SWT. 
  • Matahari yang biasanya muncul dari timur saat kiamat akan muncul dari barat. 
  • Turunnya Nabi Isa AS untuk membunuh Dajjal.
  • Penenggelaman bumi di muka bumi yang meliputi bagian barat, timur, daerah jazirah Arab.
  • Munculnya api dari Yaman dan akan menggiring manusia ke Syam. 

Adapun hadis yang menerangkan beberapa tanda kiamat kubra sesuai dengan sabda Rasul. 

Rasulullah bersabda: "Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya, asap, dajjal, binatang besar, matahari yang terbit dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam Alaihisalam, adanya Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi yang ada di timur, barat, dan Semenanjung Arab, serta api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan membuat manusia ke Padang Mahsyar mereka." (HR. Muslim).

Itulah beberapa pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra, ciri-ciri beserta dalilnya. Yuk, ajak anak mama untuk selalu menjalankan segala hal yang diperintahkan oleh Allah SWT akan selamat saat kiamat tiba. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.