Beri Tahu Anak 8 Ciri-Ciri Dajjal Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

Untuk melindungi diri ketika akhir zaman

12 Juli 2021

Beri Tahu Anak 8 Ciri-Ciri Dajjal Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW
Popbela.com/Niken Ari

Ada beberapa tanda datangnya hari kiamat yang diberikan oleh Allah SWT untuk manusia. Salah satunya yakni menurunkan Dajjal. 

Kehadiran Dajjal nantinya akan menyesatkan para umat manusia di muka bumi ini. Ia akan mengajak manusia menjadi pengikutnya dan meninggalkan Allah SWT. Seram sekali bukan, Ma? 

Namun, jika kita termasuk golongan beriman, kita akan dilindungi oleh Allah SWT supaya terhindar dari fitnah Dajjal. Maka dari itu, penting sekali untuk kita agar selalu taat menjalankan aturan Allah SWT supaya di akhiri zaman mendapat perlindungan dari-Nya. 

Selain itu, untuk terhindar dari fitnah Dajjal mari pelajari juga ciri-cirinya. 

Berikut ini, Popmama.com telah merangkum beberapa ciri-ciri Dajjal berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari tafsir Ibnu Katsir. Simak yuk, Ma! 

1. Sosoknya menyerupai pemuda berambut keriting dan bermata satu

1. Sosok menyerupai pemuda berambut keriting bermata satu
youtube.com/FTD Facts

Ciri-ciri Dajjal yang pertama adalah sosoknya menyerupai pemuda dengan rambut keriting. Dajjal pun digambarkan memiliki mata satu yang menonjol. 

Ciri-ciri secara spesifik tersebut telah dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW. 

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ، حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ جَابِرٍ الطَّائِيُّ -قَاضِي حِمْصَ-حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ جُبَير بْنِ نُفَير الْحَضْرَمِيُّ، عَنِ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّوّاس بْنَ سمْعانَ الْكِلَابِيَّ قَالَ: ذَكَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدَّجَّالَ ذَاتَ غَداة، فخَفَض فِيهِ ورَفَع، حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ، [فَلَمَّا رُحْنَا إِلَيْهِ عَرَفَ ذَلِكَ فِي وُجُوهِنَا، فَسَأَلْنَاهُ فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، ذَكَرْتَ الدَّجَّالَ الْغَدَاةَ، فَخَفَّضْتَ فِيهِ وَرَفَّعْتَ حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ]. فَقَالَ: "غَيْرُ الدَّجَّالِ أخْوَفُني عَلَيْكُمْ، فَإِنْ يَخْرُجْ وَأَنَا فِيكُمْ فَأَنَا حَجِيجُه دُونَكُمْ، وَإِنْ يَخْرُجْ وَلَسْتُ فِيكُمْ فَامْرُؤٌ حَجِيجُ نَفْسِهِ، وَاللَّهُ خَلِيفَتِي عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ: إنه شاب جَعْدُ قَطَط عينه طَافِيَةٌ، وَإِنَّهُ يَخْرُجُ خَلَةَ بَيْنَ الشَّامِ وَالْعِرَاقِ، فَعَاثَ يَمِينًا وَشِمَالًا يَا عِبَادَ اللَّهِ اثْبُتُوا"

Artinya: Nabi SAW bersabda, "Bukan Dajjal yang aku khawatirkan akan memudaratkan kalian. Karena jika Dajjal muncul, sedangkan aku masih berada di antara kalian, maka akulah yang akan menghadapinya, bukan kalian. Jika dia muncul, sedangkan saya tidak lagi berada di antara kalian, maka setiap orang muslim wajib membela dirinya, dan Allah-lah yang menjaga setiap orang muslim sepeninggalku. Sesungguhnya Dajjal adalah seorang yang berusia muda, berambut keriting, dengan bola mata yang menonjol. Dan sesungguhnya pasukan berkudanya memenuhi kawasan antara negeri Syam dan Irak, lalu menyebar ke segala penjuru. Hai hamba-hamba Allah, berpendirian teguhlah kalian." (HR Ibnu Majah)

2. Hanya memiliki satu mata karena mata lainnya buta

2. Ha memiliki satu mata karena mata lain buta
Popbela.com

Dajjal hanya memiliki satu mata di sebelah kiri karena mata kanan miliknya buta. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW berikut.

عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ ذُكِرَ الدَّجَّالُ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ لَا يَخْفَى عَلَيْكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَيْسَ بِأَعْوَرَ وَأَشَارَ بِيَدِهِ إِلَى عَيْنِهِ وَإِنَّ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ أَعْوَرُ الْعَيْنِ الْيُمْنَى كَأَنَّ عَيْنَهُ عِنَبَةٌ طَافِيَةٌ

Artinya: Dari Nafi` dari `Abdullah berkata, "Dajjal disebut-sebut di sisi Nabi shallallahu `alaihi wasallam, lantas beliau berkomentar" `Allah tidak samar bagi kalian, Allah tidak buta sebelah -sambil beliau mendemontrasikan dengan tangannya ke matanya- `dan bahwasanya Al Masih Addajjal buta sebelah kanan, seolah-olah matanya anggur yang menjorok." (HR. Bukhari) [No. 7407 Fathul Bari] Shahih.

3. Menguasai bumi selama 40 hari

3. Menguasai bumi selama 40 hari
unsplash/James Day

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, Dajjal akan menguasai bumi selama 40 hari. Namun, durasi per harinya tidak seperti hari biasa. Ada satu hari yang terasa seperti satu tahun, satu hari terasa seperti satu bulan dan satu hari terasa satu minggu. 

 يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَا لُبْثُهُ فِي الْأَرْضِ؟ قَالَ: "أَرْبَعِينَ يَوْمًا، يَوْمٌ كَسَنَةٍ، وَيَوْمٌ كَشَهْرٍ، وَيَوْمٌ كَجُمُعَةٍ، وَسَائِرُ أَيَّامِهِ كَأَيَّامِكُمْ

Rasulullah SAW  menjawab, "Empat puluh hari; sehari ada yang lamanya sama dengan satu tahun, sehari ada yang lamanya sama dengan satu bulan, sehari ada yang lamanya sama dengan satu minggu, sedangkan hari-hari lainnya sama dengan hari-hari kalian sekarang ini.

Editors' Picks

4. Dajjal memiliki kecepatan seperti hujan disertai angin besar

4. Dajjal memiliki kecepatan seperti hujan disertai angin besar
unsplash/Eutah Mizushima

Saat menguasai bumi selama 40 hari, Dajjal memiliki kekuatan  berupa  kecepatan seperti hujan disertai angin besar.  Kekuatan tersebut dapat menjamah banyak wilayah dengan cepat sehingga Dajjal memiliki banyak pengikut dalam waktu singkat. 

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW berikut ini.

قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَمَا إِسْرَاعُهُ فِي الْأَرْضِ؟ قَالَ: "كَالْغَيْثِ اسْتَدْبَرَتْهُ الرِّيحُ

Kami bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah kecepatan perjalanan Dajjal (dan pasukannya) di muka bumi?" Rasulullah AW. bersabda, "Seperti hujan yang diiringi dengan angin besar."

5. Dajjal mampu menurunkan hujan dan menyuburkan tanah yang tandus

5. Dajjal mampu menurunkan hujan menyuburkan tanah tandus
Freepik/jcomp

Salah satu fitnah Dajjal yang akan disebarkan saat akhir zaman nanti yakni  Dajjal mampu menurunkan hujan dan menyuburkan tanah yang tandus. Kekuatan Dajjal ini bisa saja membuat manusia takjub dan terjerumus menjadi pengikutnya.

Fitnah Dajjal ini sesuai dalam hadis yang pernah disebutkan oleh Rasulullah SAW berikut ini.

فَيَأْتِى عَلَى الْقَوْمِ فَيَدْعُوهُمْ فَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَجِيبُونَ لَهُ فَيَأْمُرُ السَّمَاءَ فَتُمْطِرُ وَالأَرْضَ فَتُنْبِتُ فَتَرُوحُ عَلَيْهِمْ سَارِحَتُهُمْ أَطْوَلَ مَا كَانَتْ ذُرًا وَأَسْبَغَهُ ضُرُوعًا وَأَمَدَّهُ خَوَاصِرَ ثُمَّ يَأْتِى الْقَوْمَ فَيَدْعُوهُمْ فَيَرُدُّونَ عَلَيْهِ قَوْلَهُ فَيَنْصَرِفُ عَنْهُمْ فَيُصْبِحُونَ مُمْحِلِينَ لَيْسَ بِأَيْدِيهِمْ شَىْءٌ مِنْ أَمْوَالِهِمْ وَيَمُرُّ بِالْخَرِبَةِ فَيَقُولُ لَهَا أَخْرِجِى كُنُوزَكِ. فَتَتْبَعُهُ كُنُوزُهَا كَيَعَاسِيبِ النَّحْلِ

Artinya: “Ia mendatangi kaum dan menyeru mereka, mereka menerimanya. Ia memerintahkan langit agar menurunkan hujan, lalu langit menurunkan hujan. Ia memerintahkan bumi agar mengeluarkan tumbuh-tumbuhan, lalu bumi mengeluarkan tumbuh-tumbuhan. Lalu binatang ternak mereka pergi dengan punuk yang panjang, lambung yang lebar dan kantong susu yang berisi lalu kehancuran datang lalu ia berkata padanya: ‘Keluarkan harta simpananmu.’ Lalu harta simpanannya mengikutinya seperti lebah-lebah jantan."

6. Mampu menghidupkan orang mati 

6. Mampu menghidupkan orang mati 
http://criminaldefencelawyers.com.au
Ilustrasi

Dalam sebuah hadis diceritakan bahwa Dajjal membunuh seseorang lalu ia menghidupkannya kembali. Hal tersebut untuk memperlihatkan kekuatan dirinya kepada orang lain hingga mereka menjadi pengikut Dajjal. 

Berikut riwayat Nabi Muhammad SAW, 

يَأْتِى الدَّجَّالُ وَهُوَ مُحَرَّمٌ عَلَيْهِ أَنْ يَدْخُلَ نِقَابَ الْمَدِينَةِ ، فَيَنْزِلُ بَعْضَ السِّبَاخِ الَّتِى تَلِى الْمَدِينَةَ ، فَيَخْرُجُ إِلَيْهِ يَوْمَئِذٍ رَجُلٌ وَهْوَ خَيْرُ النَّاسِ أَوْ مِنْ خِيَارِ النَّاسِ ، فَيَقُولُ أَشْهَدُ أَنَّكَ الدَّجَّالُ الَّذِى حَدَّثَنَا رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – حَدِيثَهُ ، فَيَقُولُ الدَّجَّالُ أَرَأَيْتُمْ إِنْ قَتَلْتُ هَذَا ثُمَّ أَحْيَيْتُهُ ، هَلْ تَشُكُّونَ فِى الأَمْرِ فَيَقُولُونَ لاَ . فَيَقْتُلُهُ ثُمَّ يُحْيِيهِ فَيَقُولُ وَاللَّهِ مَا كُنْتُ فِيكَ أَشَدَّ بَصِيرَةً مِنِّى الْيَوْمَ . فَيُرِيدُ الدَّجَّالُ أَنْ يَقْتُلَهُ فَلاَ يُسَلَّطُ عَلَيْهِ

Artinya: “Dajjal datang dan diharamkan masuk jalan Madinah. Lantas ia singgah di lokasi yang tak ada tetumbuhan dekat Madinah. Kemudian ada seseorang yang mendatanginya yang ia adalah sebaik-baik manusia atau di antara manusia terbaik, dia berkata, ‘Saya bersaksi bahwa engkau adalah Dajjal yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah ceritakan kepada kami.’ Kemudian Dajjal mengatakan, ‘Apa pendapat kalian jika aku membunuh orang ini lantas aku menghidupkannya, apakah kalian masih ragu terhadap perkara ini?’ Mereka menjawab, ‘Tidak’. Maka Dajjal membunuh orang tersebut kemudian menghidupkannya, namun orang tersebut tiba-tiba mengatakan, ‘Ketahuilah bahwa hari ini, kewaspadaanku terhadap diriku tidak sebesar kewaspadaanku terhadapmu!' Lantas Dajjal ingin membunuh orang itu, namun ia tak bisa lagi menguasainya.”

7. Dajjal membawa air dan api

7. Dajjal membawa air api
unsplash/Buzz Andersen

Fitnah yang akan disebar Dajjal berikutnya adalah air dan api. Di akhir zaman, ia akan membawa air dan api. Nantinya ia akan menawarkan kepada manusia untuk memilih salah satu di antaranya.

Namun, sebenarnya kedua hal tersebut merupakan kebohongan. Air yang dia tawarkan sebenarnya adalah api yang bergejolak. Sedangkan api yang ditawarkan Dajjal adalah air yang berarti surga. 

Hal tersebut sesuai dengan hadis Rasulullah SAW berikut.


إِنَّ مَعَهُ مَاءً وَنَارًا فَنَارُهُ مَاءٌ بَارِدٌ وَمَاؤُهُ نَارٌ فَلاَ تَهْلِكُوا

Artinya: “Sesungguhnya bersamanya ada air dan api, apinya adalah air dingin dan airnya adalah api, karena itu janganlah kalian binasa.”

Dalam hadis lain, Nabi Muhammad SAW bersabda, 

لأَنَا أَعْلَمُ بِمَا مَعَ الدَّجَّالِ مِنْهُ مَعَهُ نَهْرَانِ يَجْرِيَانِ أَحَدُهُمَا رَأْىَ الْعَيْنِ مَاءٌ أَبْيَضُ وَالآخَرُ رَأْىَ الْعَيْنِ نَارٌ تَأَجَّجُ فَإِمَّا أَدْرَكَنَّ أَحَدٌ فَلْيَأْتِ النَّهْرَ الَّذِى يَرَاهُ نَارًا وَلْيُغَمِّضْ ثُمَّ لْيُطَأْطِئْ رَأْسَهُ فَيَشْرَبَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مَاءٌ بَارِدٌ وَإِنَّ الدَّجَّالَ مَمْسُوحُ الْعَيْنِ عَلَيْهَا ظَفَرَةٌ غَلِيظَةٌ مَكْتُوبٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ كَافِرٌ يَقْرَؤُهُ كُلُّ مُؤْمِنٍ كَاتِبٍ وَغَيْرِ كَاتِبٍ

Artinya: “Sungguh aku tahu apa yang ada bersama Dajjal, bersamanya ada dua sungai yang mengalir. Salah satunya secara kasat mata berupa air putih dan yang lainnya secara kasat mata berupa api yang bergejolak. Bila ada yang menjumpainya, hendaklah mendatangi surga yang ia lihat berupa api dan hendaklah menutup mata, kemudian hendaklah menundukkan kepala lalu meminumnya karena sesungguhnya itu adalah air dingin.”

8. Dajjal tak bisa masuk ke Mekkah dan Madinah

8. Dajjal tak bisa masuk ke Mekkah Madinah
Unsplash/Haidan

Di akhir zaman, Dajjal akan mengelilingi dunia. Namun, ada dua tempat yang tak bisa dimasuki olehnya, yakni Mekkah dan Madinah. Sebab, dua kota tersebut dijaga oleh malaikat.

لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلاَّ سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ ، إِلاَّ مَكَّةَ وَالْمَدِينَةَ ، لَيْسَ لَهُ مِنْ نِقَابِهَا نَقْبٌ إِلاَّ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ صَافِّينَ ، يَحْرُسُونَهَا ، ثُمَّ تَرْجُفُ الْمَدِينَةُ بِأَهْلِهَا ثَلاَثَ رَجَفَاتٍ ، فَيُخْرِجُ اللَّهُ كُلَّ كَافِرٍ وَمُنَافِقٍ

Artinya: “Tidak ada suatu negeri pun yang tidak akan dimasuki Dajjal kecuali Makkah dan Madinah, karena tidak ada satu pintu masuk pun dari pintu-pintu gerbangnya kecuali ada para malaikat yang berbaris menjaganya. Kemudian Madinah akan berguncang sebanyak tiga kali, sehingga Allah mengeluarkan orang-orang kafir dan munafik daripadanya."

Nah, itulah sembilan ciri-ciri Dajjal yang wajib Mama ajarkan pada anak agar di akhir zaman dapat terhindar dari fitnah Dajjal. Perlu diberitahukan agar menambah wawasan anak. Semoga kita menjadi salah satu umat yang terlindung dari fitnah Dajjal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.