50 Contoh Kalimat Positif untuk Anak yang Bisa Memotivasi Berbuat Baik

Tindakan sederhana yang meningkatkan rasa percaya diri dan semangat anak

5 November 2020

50 Contoh Kalimat Positif Anak Bisa Memotivasi Berbuat Baik
Freepik/tirachardz

Dalam masa pertumbuhannya anak akan belajar banyak hal. Tentunya pembelajaran ini bukanlah sesuatu yang mudah bagi anak, tak jarang ia akan bertemu dengan kegagalan. Kegagalan seringkali membuat anak menjadi tidak percaya diri dan tak ingin menyelesaikan masalahnya.

Agar tidak kehilangan rasa percaya diri, Mama bisa memberikan kalimat-kalimat positif yang mendorong anak. Sebuah studi mengatakan, bahwa dengan memberikan pernyataan positif pada anak, disebut-sebut mampu membuat anak juga berpikir positif.

Apalagi ketika sering diulang, kalimat positif ini dapat membantu anak pada peningkatan harga diri dan pemikiran positif secara keseluruhan. Kalimat positif apa yang bisa Mama katakan pada anak?

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 50 contoh kalimat positif untuk anak yang dapat Mama katakan untuk mendorong rasa percaya diri dan meningkatkan pemikiran positifnya.

1. "Kamu sangat membantu"

1. "Kamu sangat membantu"
Freepik/Fabrikasimf

"Kamu sangat membantu"

Kalimat ini dapat Mama ucapkan Ketika anak mencoba untuk meringankan tugas-tugas Mama. Walaupun belum bisa sempurna namun anak yang inisiatif untuk membantu tetap perlu diapresiasi.

"Ya, kamu benar sekali"

Berani menyatakan pendapat juga kemampuan yang perlu dilatih anak, Keika ia mencoba untuk berbendapat, Mama bisa menyatakan kalimat ini agar ia tidak takut menyampaikan pemikirannya.

"Mama tahu kamu telah melakukan yang terbaik"

Kegagalan merupakan hal wajar dalam masa pembelajaran, berikan kalimat positif berikut ini agar anak tidak menjadi patah semangat.

"Mama bersyukur memiliki kamu"

Kalimat ini dapat membuat anak merasa menjadi bagian keluarga yang memiliki peran penting di dalamnya.

"Kamu punya ide yang bagus, Nak!"

Tingkatkan rasa percaya diri anak agar menjadi lebih kreatif dalam mengeluarkan ide-ide, dengan mengatakan kalimat positif berikut ini.

2. "Mama sangat bahagia menjadi orangtua mu"

2. "Mama sangat bahagia menjadi orangtua mu"
Freepik/prostooleh

​​​​​​"Mama sangat bahagia menjadi orangtua mu"

Saat anak melakukan hal yang berprestasi atau membanggakan, cobalah ucapkan kalimat berikut ini. Anakpun akan bahagia mendengarkannya.

"Mama percaya denganmu"

Memberikan kepercayaan pada anak, dapat melatihnya untuk menjadi anak yang bisa diandalkan dan selalu bisa dipercaya hingga bertambah usianya.

"Kamu sangat penting"

Kalimat yang satu ini akan membuat anak merasa bahwa dirinya adalah bagian penting dari keluarga yang juga disayangi dan dilindungi.

"Mama bangga denganmu"

Ketika anak sedang mengikuti kompetisi, baik menang atau kalah. Tetap berikan kalimat positif yang satu ini. Tujuannya agar anak tidak patah semangat dan terus ingin mencoba kompetisi lainnya.

"Kamu dicintai"

Perasaan dicintai dapat membuat anak menjadi terasa dijaga oleh orangtuanya. Perasaan ini juga yang menumbuhkan rasa empati pada diri anak kepada orang lain bahwa setiap manusia perlu menyayangi dan melindungi satu sama lain.

3. "Kamu tidak perlu menjadi sempurna untuk menjadi luar biasa"

3. "Kamu tidak perlu menjadi sempurna menjadi luar biasa"
Freepik/Master1305

"Kamu tidak perlu menjadi sempurna untuk menjadi luar biasa"

Tanamkan pada diri anak agar tidak berpatokan pada hasil yang sempurna, namun dari pembelajaran yang ia dapatkan dari selama proses yang ia kerjakan.

"Kamu berharga"

Kalimat berikut ini dapat membantu anak untuk meningkatkan harga dirinya agar menjadi lebih percaya diri.

"Jangan takut untuk menjadi diri sendiri"

Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing, sehingga anak tidak perlu mengikuti orang lain agar diterima dilingkungannya. Justru ia harus menunjukkan keunikan diri agar jadi ciri khasnya.

"Rasa penasaran itu baik"

Rasa penasaran anak perlu diapresiasi agar ia tetap terus ingin belajar dan ingin tahu.

"Kita semua membuat kesalahan, tidak apa-apa"

Jangan membuat kesalahan yang dilakukan anak menghambatnya untuk banyak belajar. Sehingga, ucapkan kalimat ini yang di mana mengakui bahwa wajar seseorang melakukan kesalahan atau kegagalan.

4. "Mama mengerti ucapanmu"

4. "Mama mengerti ucapanmu"
Freepik

​​​​​​"Mama mengerti ucapanmu"

Sulit bagi seorang anak yang belum memiliki banyak pengalaman hidup untuk mengungkapkan perasaan dan pemikirannya, sehingga Mama bisa membantunya dengan mengucapkan kalimat ini agar anak tidak kesulitan lagi.

"Kamu boleh berkata tidak"

Tidak semua yang diperintahkan pada anak harus dilakukan, apalagi jika hal-hal tersebut adalah hal yang negative. Sehingga anak bisa belajar mengatatakan tidak pada sesuatu yang tidak ia sukai atau tidak benar.

"Mari kita coba dengan caramu"

Kalimat positif ini dapat membuat anak menjadi lebih dihargai dalam keluarga, bahwa perkataannya didengar dan merupakan ide baik yang bisa dilakukan.

"Mama memaafkanmu"

Wajar jika seseorang melakukan kesalahan, termasuk anak. Dengan memaafkan anak, Mama juga mengajarkannya agar mudah memaafkan orang lain serta tidak menjadi anak yang pendendam.

"Mama senang kamu berada di sini"

Dengan mengucapkan kalimat positif ini dapat membuat anak merasa dirinya bisa membuat Mama bahagia karena keberadaannya.

Editors' Picks

5. "Yang kamu lakukan itu sangat berani"

5. "Yang kamu lakukan itu sangat berani"
Freepik/Senivpetro

"Yang kamu lakukan itu sangat berani"

Tentunya Mama ingin memiliki anak yang pemberani, dengan mengucapkan kalimat ini bisa melatih anak menjadi lebih percaya diri dan berani dengan segala tantangan.

"Jika kamu sangat yakin dalam sesuatu, lakukanlah"

Beberapa anak mungkin masih ragu dalam menentukan keputusan, kalimat ini bisa membantu anak untuk menentukan keputusannya walaupun itu mungkin sulit untuknya.

"Jangan menyerah"

Kalimat ini mungkin sering diucapkan, namun secara tak sadar kalimat ini memang berguna agar anak tidak larut dalam kegagalan dan terus berusaha.

"Mama tidak pernah bisa berhenti menyayangimu"

Setiap orang tentu merasa senang jika diucapkan kalimat ini karena merasa disayangi oleh orang sekitarnya, termasuk anak-anak.

"Kamu bisa coba lagi besok"

Ucapkan kalimat ini ketika mengalami kegagalan, bahwa disetiap kegagalan ada waktu keesokan harinya untuk belajar dan berusaha lebih banyak

6. "Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain"

6. "Jangan membandingkan dirimu orang lain"
Freepik

"Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain"

Saat berkompetisi mungkin anak melihat ada lawannya yang lebih baik darinya, sehingga mengurangi rasa percaya dirinya. Namun ingatkan dirinya agar tidak membandingkan diri dengan orang lain, karena setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing.

"Tak apa-apa jika kamu merasa takut"

Sangat wajar jika anak merasa takut pada suatu hal, namun bukan berarti itu adalah kelemahan. Sehingga kalimat positif ini nembuat anak lebih nyaman dan mencoba menghilangkan rasa takutnya.

"Walaupun kamu membuat kesalahan, kamu bisa memperbaikinya"

Membuat kesalahan secara tak langsung mengajarkan anak tentang mana yang benar dan mana yang salah. Sehingga ketika ia berbuat kesalahan, cobalah untuk mengajarkan anak untuk menginstrospeksi diri.

"Menjadi anak baik tidak membuatmu lemah"

Terkadang menjadi orang yang baik membuat seseorang menjadi tertindas. Namun, tekankan pada anak bahwa berperilaku dengan baik itu tidak selalu menunjukkan dirinya lemah. Justru ia bersikap benar dibanding orang lain.

"Kamu tidak perlu melakukan yang orang lain lakukan"

Dengan selalu mengikuti tren yang sedang ramai, justru membuat anak kehilangan jati diri dan keunikan dirinya. Sehingga daripada selalu mengikuti tren, lebih baik anak melatih kepercayaan dirinya. 

7. "Tidak semua orang akan menyukaimu dan itu tidak apa-apa"

7. "Tidak semua orang akan menyukaimu itu tidak apa-apa"
Freepik

"Tidak semua orang akan menyukaimu, dan itu tidak apa-apa"

Kalimat positif yang satu ini sebenarnya mengingatkan anak bahwa tidak semua orang memiliki selera yang sama. Namun bukan berarti anak jadi kehilangan rasa percaya dirinya, karena masih banyak orang yang akan menyukainya.

"Kamu punya pilihan"

Setiap anak berhak atas keputusan-keputusan positif yang dilakukannya, sehingga Mama bisa mengajari anak untuk menjadi mandiri dengan mengatakan hal ini

"Pertanyaan yang bagus, Nak!"

Rasa penasaran atau ingin tahu membuat anak terus belajar, sehingga ketika anak bertanya sesuatu Mama bisa mengapresiasinya dengan pernyataan ini. Tujuannya agar anak tetap mengeksplor sesuatu yang belum diketahuinya.

"Mama sangat senang menghabiskan waktu denganmu"

Mengatakan hal ini dapat membuat anak menjadi lebih senang menghabiskan waktu bersama Mama, dan dengan kalimat ini juga bisa mempererat hubungan antara Mama dan anak.

"Itu adalah pilihan yang tepat"

Menentukan keputusan memang bukan pekerjaan yang mudah bagi anak-anak, sehingga ketika ia berhasil menentukan keputusannya, cobalah mengatakan itu pilihan yang tepat. Namun Mama juga bisa menambahkan masukkan-masukkan yang membuat langkah anak menjadi lebih baik.

8. "Apapun itu mungkin saja terjadi"

8. "Apapun itu mungkin saja terjadi"
Freepik

"Apapun itu mungkin"

Ketika anak merasa ragu akan kemampuan dirinya, yakinkan anak dengan mengatakan bahwa apapun itu mungkin jika dilakukan dengan maksimal.

"Kamu bisa membuat perubahan/perbedaan"

Ingatkan pada anak jika setiap yang dilakukannya bisa membuat perubahan atau perbedaan positif di lingkungannya. Sehingga terus lakukan tindakan yang positif sehari-hari.

"Mama senang kamu mengucapkan hal ini"

Setiap anak perlu dilatih dengan kejujuran, agar ia tumbuh menjadi anak yang jujur dan menjauhi tindakan curang. Sehingga ketika anak berkata jujur, berikan apresiasi atas kejujurannya.

"Mama mendengarkan"

Didengarkan oleh orang tersayang dapat membuat anak menjadi lebih terbuka menceritakan apa yang dialaminya. Menjadi terbuka juga menghindari anak dari tindakan negative yang umumnya dirahasiakan.

“Kamu mengerjakannya dengan baik”

Agar anak bisa lebih semangat untuk mengerjakan sesuatu lebih baik, yuk Ma coba ucapkan kalimat yang satu ini!

9. "Kamu membuat Mama bahagia"

9. "Kamu membuat Mama bahagia"
Freepik

"Kamu membuat Mama bahagia"

Walaupun sederhana, kalimat ini bisa membuat anak bangga pada dirinya sendiri karena bisa membahagiakan orangtuanya. Tentunya anak juga akan selalu bersikap positif untuk membuat Mama dan Papa nya bahagia.

"Semua akan indah pada waktunya"

Tidak semua yang dilakukan anak akan mendapatkan hasil yang baik, sehingga Mama bisa memberinya semangat dengan mengatakan kalimat positif yang satu ini.

"Jangan takut gagal"

Kegagalan mungkin menjadi hal yang ditakutkan setiap anak disaat masa pembelajarannya, namun sebenarnya Mama bisa ingatkan anak bahwa tidak boleh takut gagal karena semua yang dialami anak pasti ada hikmahnya.

"Kamu pasti bisa"

Semangat dari orangtua bisa memicu anak untuk melakukan apapun secara maksimal. Jadi katakan kalimat ini setiap harinya saat anak menghadapi sesuatu dalam hidupnya.

"Mama akan selalu ada untukmu"

Kalimat ini bermakna bahwa Mama akan selalu ada ketika anak sedang senang, sedih, takut, marah, dan lain-lain. Mama juga akan selalu mendengarkan setiap cerita atau keluhan anak tentang hari-harinya.

10. "Mama percaya kamu pasti mampu melakukannya"

10. "Mama percaya kamu pasti mampu melakukannya"
Freepik/Racool_studio

"Mama percaya kamu pasti mampu melakukannya"

Selain mempercayai setiap ucapan anak, percaya di kalimat ini berarti Mama yakin bahwa anak bisa menghadapi tantangan yang dialaminya. Kalimat ini pun bisa memotivasi anak untuk lebih maju kedepannya.

"Tingkah lakumu dapat merubah situasi apapun"

Kalimat ini sebenarnya mengingatkan anak bahwa apapun yang dilakukan dan dikatakannya berdampak pada lingkungannya. Maka dari itu dengan mengatakan ini juga bisa membuat anak memikirkan tindakannya terlebih dahulu.

"Kamu adalah teman yang terbaik"

Mengatakan anak sebagai teman yang baik bisa membuat hubungan antara Mama dan anak menjadi lebih akrab. Hubungan seperti teman dapat membuat anak juga lebih terbuka lagi dengan Mama.

"Jangan berhenti mencoba"

Tidak ada salahnya untuk mencoba terus dan menerus, karena dari proses yang anak alami bisa menjadi pelajaran dalam hidupnya. Sehingga ingatkan anak untuk tidak boleh berhenti mencoba.

"Mama akan selalu menyayangimu"

Kalimat ini akan membuat anak tahu jika Mama akan terus menyayangi dan mendidiknya hingga menjadi dewasa yang positif. Kalimat pernyataan ini juga akan membuat anak merasa dilindungi oleh Mama.

Nah itu dia Ma, 50 contoh kalimat positif untuk anak yang bisa dikatakan dalam komunikasi sehari-hari. Mengungkapkan kalimat-kalimat ini tentunya tidak sulit, namun dampaknya akan sangat berarti bagi pertumbuhan anak yang lebih positif. Yuk mulai mengatakan hal yang positif pada anak! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.