Waspada! Ini 5 Penyakit yang Paling Sering Diidap Anak Sekolah

Penyakit-penyakit ini jadi langganan untuk anak sekolahan. Bagaimana mencegahnya ya?

10 Februari 2019

Waspada Ini 5 Penyakit Paling Sering Diidap Anak Sekolah
huffingtonpost.com

Memiliki anggota keluarga terutama anak yang selalu sehat dan tumbuh kuat adalah harapan dari setiap orang di mana pun berada. Namun sekuat apa pun kita berusaha untuk menjaga kesehatan keluarga dengan cara mencegah dan menghindar, sayangnya anak mama belum memiliki jaminan untuk tidak terbaring di kasur karena sakit.

Anak yang baru masuk sekolah dasar biasanya rentan sakit karena berbagai hal. Bisa karena mereka tertular teman sekolahnya, bisa juga karena kesibukan mereka yang semakin meningkat sehingga istirahat kurang dan daya tahan tubuh menjadi lemah. Saat daya tahan tubuh turun, dan anak mama kurang istirahat juga asupan gizi, kuman mudah menyerang. Akibatnya bisa ditebak. Anak mama bakalan gampang sakit!

Nah karena hal itu, dilansir dari cdc.gov, Popmama.com telah merangkum beberapa penyakit yang sering dihadapi anak mama. Yuk, dibaca dan lebih cari tahu, Ma! Biar Mama nggak panik ketika menghadapinya.

1. Influenza

1. Influenza
nation.com.pk

Influenza atau flu, adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus. Flu adalah salah satu penyakit yang sering dihadapi anak mama dan biasanya disebarkan oleh batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi. Anak mama juga dapat ikut terkena flu hanya dengan menyentuh orang yang terinfeksi, misalnya dengan berjabat tangan.

Dari laman medicalnewstoday.com, disebutkan bahwa kebanyakan orang sering kebingungan dalam membedakan flu dengan pilek berat. Bisa jadi, Mama juga termasuk ke dalamnya ya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa gejala flu yang berbeda dari pilek berat:

  • Suhu tubuh tinggi,
  • keringat dingin dan menggigil,
  • sakit kepala,
  • sakit sendi dan anggota badan, serta
  • kelelahan atau merasa lelah.

Mungkin juga Anak Mama memiliki gejala gastrointestinal, seperti mual, muntah, dan diare. Oh iya, perlu dicatat bahwa tidak setiap orang dengan flu akan memiliki semua gejala misalnya Anak Mama memiliki flu tanpa demam. Jadi, setelah membaca penjelasan di atas Mama tidak kebingungan lagi membedakan flu dan pilek berat, ya!

2. Asma

2. Asma
medshadow.org

Asma adalah penyakit paru jangka panjang akibat alergi yang dapat membuat penyempitan pada saluran udara. Asma pada anak mama bisa diketahui dengan timbulnya suara ketika mereka bernapas, sesak dada, sesak napas, dan batuk. Batuk ini sering terjadi pada malam hari atau di pagi hari, Ma. 

Asma mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling sering dimulai selama masa kanak-kanak. Di Amerika Serikat, lebih dari 25 juta orang diketahui menderita asma. Sekitar 7 juta dari orang-orang ini adalah anak-anak. Asma merupakan penyakit yang biasanya terjadi di kalangan anak-anak dan remaja di negara tersebut. Penyakit ini juga yang menjadi salah satu penyebab utama ketidakhadiran para siswa di sekolah. Rata-rata di ruang kelas dengan 30 anak, sekitar 3 dari mereka cenderung memiliki asma.

Asma dapat dipicu oleh faktor lingkungan seperti tungau, debu, dan asap rokok. Penduduk berpenghasilan rendah, minoritas, dan anak-anak yang tinggal di kota-kota pedalaman mengalami lebih banyak unit gawat darurat, rawat inap, dan kematian karena asma daripada populasi umum lainnya.

Editors' Picks

3. Cacar air

3. Cacar air
sheknows.com

Cacar air adalah penyakit menular yang sering dihadapi anak mama. Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zoster yang akan menimbulkan ruam, gatal, kelelahan, dan demam.

Biasanya ruam akan muncul pertama kali di perut, punggung dan wajah anak pama dan bahkan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Cacar air bisa serius lho, Ma. Terutama pada bayi, orang dewasa, dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Cara terbaik untuk mencegah cacar adalah dengan mendapatkan vaksin cacar air.

4. Campak

4. Campak
beautyhealthtips.in

Campak adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Campak ini menyebar melalui udara ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Penyakit yang sering dihadapi anak mama ini dimulai dengan demam. Segera setelah itu, akan menyebabkan batuk, pilek, dan mata merah. Kemudian bintik-bintik kecil akan muncul mulai dari kepala dan menyebar ke seluruh tubuh. 

Campak dapat dicegah dengan vaksin MMR. Vaksin ini melindungi anak mama dari tiga penyakit: campak, gondok, dan rubella. Sebelum adanya program vaksinasi campak dimulai pada tahun 1963, diperkirakan 3 hingga 4 juta orang mendapat campak setiap tahun di Amerika Serikat. Dari jumlah ini, sekitar 500.000 kasus dilaporkan setiap tahun ke  dan 400 hingga 500 orang meninggal.

5. Sakit tenggorokan

5. Sakit tenggorokan
cesarecocchi.it

Penyakit yang sering dihadapi anak mama selanjutnya adalah sakit tenggorokan. Memang kebanyakan sakit tenggorokan pada anak mama akan hilang dengan sendirinya tanpa antibiotik. Biasanya sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, seperti yang menyebabkan pilek atau flu, namun alergi, udara kering, polusi atau terpapar asap rokok juga dapat menyebabkan penyakit ini, Ma.

Beberapa sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh bakteri, seperti grup A Streptococcus. Nah, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri ini dikenal sebagai radang tenggorokan, Ma.

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!