5 Game PC yang Bisa Melatih Time Management Anak

Ajak si Kecil bermain game yang mampu meningkatkan tumbuh-kembangnya

13 Juni 2021

5 Game PC Bisa Melatih Time Management Anak
Freepik/Our-team

Kemampuan time management atau mengatur waktu sangatlah penting untuk dimiliki anak.

Kemampuan tersebut dapat membantu mereka dalam mengerjakan tugas dan menjalankan aktivitas di sekolah.

Apabila mereka tidak mampu mengatur waktu, si Anak akan kesulitan mengatur jadwal kegiatan sehari-hari termasuk jadi sering terlambat datang ke sekolah.

Mereka juga tumbuh menjadi pribadi yang tidak disiplin dan tak kenal waktu.

Sayangnya, time management tidak datang dengan sendirinya. Untuk memilikinya, anak harus dilatih dan dibiasakan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan bermain game. Memangnya game bisa melatih time management?

Kalau Mama penasaran, langsung saja kita lihat ulasan lengkap yang sudah disiapkan Popmama.com tentang 5 rekomendasi game komputer yang bisa melatih time management anak.

1. Farm Frenzy 3

Farm Frenzy 3 merupakan game yang bertemakan peternakan. Namun, bukan sekadar peternakan biasa lho, Ma. Melainkan, Farm Frenzy 3 bakal mengajak anak untuk menjelajahi lima jenis peternakan yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Ada 95 level atau tingkatan yang harus dilalui.

Di tiap level pula, sejumlah misi harus mampu diselesaikan dalam waktu tertentu. Tidak hanya itu, anak mama juga bisa belajar berbagai macam hewan, mulai dari burung unta di Afrika, penguin dari Antartika, dan Lama dari selatan benua Amerika.

Editors' Picks

2. Diner Dash

Kalau anak mama tidak terlalu menyukai permainan beternak, Diner Dash mungkin bisa menjadi pilihan.

Game yang satu ini mengisahkan seorang wanita yang mencoba untuk memulai sebuah bisnis tempat makan.

Karena bertemakan restoran, anak mama harus melayani sejumlah pelanggan untuk diantarkan ke meja makan dan juga membawakan pesanan mereka.

Meskipun terlihat gampang, anak harus memiliki strategi dan time management yang bagus sebab setiap pelanggan memiliki tingkat kesabaran yang berbeda-beda dalam menunggu makanan.

Mereka bisa kapan saja pergi dan membuat kita rugi.

3. Sally’s Spa

Sally’s Spa merupakan salah satu game yang dikeluarkan oleh perusahaan bernama Games Cafe. Sesuai dengan namanya, permainan yang satu ini berlokasi di sebuah spa milik Sally.

Lewat Sally’s Spa, anak mama juga bisa mengetahui berbagai macam hal yang bisa kita lakukan jika pergi ke sebuah spa, misalnya dipijat, manikur, ataupun melakukan yoga.

Bukan cuma melatih kemampuan time management, si Anak juga dituntut untuk mampu mengatur keuangan supaya tempat spanya semakin bagus dengan membeli peralatan spa yang lebih berkualitas.

4. Doggie Dash

Anak mama termasuk penyayang hewan? Nah, game ini sangat cocok untuk ia mainkan. Layaknya sebuah salon hewan di dunia nyata, anak akan memandikan dan mendandani sejumlah kucing dan anjing supaya terlihat menjadi lebih cantik.

Namun Doggie Dash ini cukup menantang lho, Ma.

Setiap levelnya memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Belum lagi karakter hewan yang berbeda-beda.

Selalu pahami tingkat kesabaran para kucing dan anjing supaya mereka tidak pergi dan kecewa.

5. Heart’s Medicine: Time to Heal

Menjadi seorang dokter tidaklah mudah. Butuh ketepatan dan ketelitian yang ekstra untuk melakukan setiap pekerjaannya, terutama dalam mendiagnosis penyakit para pasien.

Di game Heart’s Medicine: Time to Heal, anak mama diberi gambaran tentang bagaimana keadaan di sebua klinik. Yang perlu dilakukan sebenarnya cukup gampang, yakni menempatkan pasien di pos yang mereka inginkan.

Kendati demikian, jangan sampai salah menempatkan, ya? Yang ada pasiennya malah marah dan membuat penyakitnya semakin parah.

Mama sudah baca informasi tentang 5 rekomendasi gamePC yang bisa melatih time management anak.

Penting sekali bagi orangtua untuk menyuguhkan permainan yang tidak hanya menghibur, namun juga mengedukasi. Terlebih lagi, di zaman sekarang, banyak bertebaran game online yang ternyata memberikan efek buruk, yakni candu, pada anak.

Semoga game tadi bisa melatih kemampuan mengatur waktu anak mama, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.