10 Hewan dari Huruf B yang Ada di Muka Bumi, Kenalkan pada Anak

Yuk lihat kira-kira apa saja ya hewannya?

23 Februari 2022

10 Hewan dari Huruf B Ada Muka Bumi, Kenalkan Anak
Freepik

Hewan di dunia ini ada banyak sekali jenisnya, baik itu dari famili yang sama ataupun dari famili yang berbeda. Maka dari itu daftar nama hewan juga di susun secara alphabet seperti halnya nama manusia dan makhluk hidup lainnya, di mana tiap-tiap nama bisa diawali dari huruf A-Z.

Seperti yang berawalan dari huruf B, terdapat cukup banyak nama hewan yang perlu diketahui oleh anak atau ini bisa menjadi jawaban dari permainan yang sedang dilakukan.

Untuk itu, kali ini Popmama.com akan mengumpulkan hewan dari huruf B yang ada di muka bumi beserta penjelasannya. Kenalkan pada anak agar makin luas wawasannya, Ma!

1. Bangau

1. Bangau
Pixabay/MabelAmber

Melansir dari Wikipedia, Bangau adalah sebutan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Badannya memiliki ukuran yang besar, berkaki panjang, berleher panjang namun lebih pendek dari burung Kuntul dan mempunyai paruh yang besar, kuat dan tebal.

Bangau bisa dijumpai di daerah beriklim hangat. Habitat di daerah yang lebih kering dibandingkan burung Kuntul dan Ibis lho, Ma. Makanannya pun bisa berupa katak, ikan, serangga, cacing, burung kecil atau bahkan mamalia kecil yang berasal dari lahanbasah dan pantai.

Bangau tidak memiliki organ suara syrinx sehingga tidak bersuara. Paruh yang diadu dengan pasangannya merupakan cara berkomunikasi menggantikan suara panggilan.

2. Bebek

2. Bebek
pexels/pixabay

Melansir dari Wikipedia, Bebek atau itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek. Bebak dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut ya, Ma. 

Bebek kadang-kadang disamakan dengan beberapa burung air yang berhubungan jauh namun mirip dalam penampilan, misalnya loon, grebe, gallinule, dan coot.

Beberapa jenis bebek juga dapat melakukan kawin silang lho, tetapi menghasilkan keturunan yang steril dan tidak bisa memiliki keturunan. Seperti persilangan antara serati dan bebek pelari dapat menghasilkan keturunan yang steril, brati dan tiktok.

3. Beruang

3. Beruang
Freepik/Pixabay

Melansir dari Wikipedia, beruang (KBBI: be·ru·ang) adalah binatang buas jenis Ursus, berbulu tebal, dapat berdiri di atas kedua kakinya, bercakar, dan bermoncong panjang. Atau dalam (Inggris: bear) yang berasal dari Bahasa Inggris kuno yaitu bera.

Beruang pun melahirkan, biasanya kehamilannya akan berlangsung 6–9 bulan, termasuk implantasi yang tertunda dan bisa hamil hingga empat anak sekaligus lho, Ma! Panda raksasa dapat melahirkan anak kembar tetapi mereka hanya dapat menyusui satu anak dan yang lainnya dibiarkan mati.

Beruang pun memiliki indra penciuman dan pendengaran yang ulung, bertelinga bundar, berekor kecil, berbulu yang panjang, lebat dan kasar, mereka memiliki cakar yang lebar dan berjumlah lima pada telapak tangan yang tak dapat ditarik masuk.

Cakar-cakarnya pun bisa digunakan untuk menyobek, menggali, dan menangkap. Pengelihatan beruang hampir sama dengan pengelihatan manusia. 

4. Banteng

4. Banteng
Pixabay/Alexas_Fotos

Melansir dari Ragunanzoo, banteng (Bos javanicus) adalah spesies ternak liar yang ditemukan di Asia Tenggara. Bulls jauh lebih berotot dibandingkan sapi. Dengan tulang tebal, kaki yang lebih besar, leher yang sangat berotot dan besar, dengan tanduk dikepalanya. 

Perkembangbiakanyabiasanya akan melakukan kawin pada bulan September – Oktober, lama kehamilan  antara 8 - 9 bulan, biasanya melahirkan 1 – 2  ekor anak. Baik itu banteng jantan maupun betina pasti memiliki tanduk yang umumnya dengan panjang 60 hingga 75 cm. Ilmuwan umumnya membaginya menjadi tiga subspesies: banteng jawa, banteng indocina, dan banteng kalimantan. 

Banteng selalu aktif pada siang dan malam hari, tetapi aktivitas malam lebih umum di daerah yang banyak dikunjungi manusia lho, Ma.

Banteng adalah hewan dalam golongan herbivora dan memakan berbagai tumbuhan seperti rumput, tunas, daun, bunga, dan buah-buahan. Banteng sering minum air, terutama dari air yang tenang, tetapi mampu bertahan beberapa hari tanpa air di musim kemarau.

Editors' Picks

5. Buaya

5. Buaya
Pexels/henning-roettger

Melansir dari Wikipedia, buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air. Secara ilmiah, buaya meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae, termasuk pula buaya sepit (Tomistoma schlegelii). Meski demikian nama ini dapat pula dikenakan secara longgar untuk menyebut ‘buaya’ aligator, kaiman dan gavial; yakni kerabat-kerabat buaya yang berlainan suku.

Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara lho, Ma.

Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti bangsa ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea bergantung pada spesiesnya. Buaya merupakan hewan purba, yang hanya sedikit berubah karena evolusi semenjak zaman dinosaurus.

6. Biawak

6. Biawak
Pexels/Pixabay

Biawak adalah sebangsa kadal berukuran menengah dan besar yang tersebar di daerah beriklim panas dan tropis Afrika, Asia, dan Australia. Jenis biawak terbesar dan terkenal di dunia ialah komodo (Varanus komodoensis), yang panjangnya dapat melebihi 3 m. Biawak ini memburu hewan-hewan berukuran menengah dan besar seperti rusa, babi hutan dan anak kerbau. 

Biawak biasanya tinggal tidak jauh dari perairan ya, Ma. Seperti, di hutan lembap, padang rumput, dan sekitar hilir sungai. Di daerah perkotaan, biawak kerap ditemukan di gorong-gorong saluran air yang bermuara ke sungai. 

Biawak sangat pandai memanjat dan berenang. Di musim kawin, biawak jantan biasanya berkelahi lebih dulu untuk memperlihatkan kekuasaannya atau untuk memperebutkan biawak betina. Pertarungan biawak dilakukan sambil ‘berdiri’. Kedua biawak itu lalu saling memukul atau saling tolak sambil berdiri pada kaki belakangnya, sehingga tampak seperti menari bersama. 

7. Belut

7. Belut
tokopedia.com

Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari empat genera dengan total 20 jenis. Jenis-jenisnya banyak yang belum diperikan dengan lengkap sehingga angka-angka itu dapat berubah. Anggotanya bersifat pantropis (ditemukan di semua daerah tropika).

Belut berbeda dengan sidat, yang sering dikelirukan. Ikan ini bisa dikatakan tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang juga tereduksi, sementara sidat masih memiliki sirip yang jelas. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik, dapat bernapas dari udara, bukan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. 

8. Bunglon

8. Bunglon
Pixabay/elg21-3764790

Bunglon (Calotes) adalah sebutan khusus untuk beraneka jenis kadal/bengkarung yang memiliki kemampuan mengubah warna kulitnya. Secara umum, istilah "bunglon" digunakan untuk menyebut kadal-kadal dari suku Iguania termasuk Iguanidae, agamidae dan chamaeleonidae. Istilah dalam bahasa Inggris adalah Chameleon atau Chamaeleon.

Bunglon memiliki keistimewaan yaitu dapat mengubah-ubah warna (bahkan juga kombinasi warna) kulit luarnya lho, Ma! Setiap jenis bunglon setidaknya memiliki beberapa warna dasar mulai dari hijau tua, hijau muda, kuning, merah, oranye, cokelat, abu-abu, pink, sian, bahkan ungu.

Beberapa spesies bahkan memiliki kombinasi dari beberapa warna tersebut. Hal ini yang membuat bunglon menjadi salah satu kelompok kadal paling berwarna-warni di dunia.

9. Babi

9. Babi
Freepik/tsekhmister

Babi adalah sejenis hewan ungulata yang bermoncong panjang dan berhidung lemper dan merupakan hewan yang aslinya berasal dari Eurasia. Babi merupakan omnivora yang berarti mereka mengonsumsi daging maupun tumbuh-tumbuhan.

Melansir dari Wikipedia, babi termasuk salah satu mamalia yang paling cerdas lho, Ma. Babi dilaporkan lebih pintar dan mudah dipelihara dibandingkan dengan anjing dan kucing.

10. Bekicot

10. Bekicot
Pixabay/DorianKrauss

Bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae.

Berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia akibat terbawa dalam perdagangan, moluska ini sekarang menjadi salah satu spesies invasif terburuk di bumi, sehingga beberapa negara bahkan melarang pemeliharaannya sebagai hewan kesayangan/timangan termasuk Amerika Serikat lho, Ma.

Padahal hewan ini mudah dipelihara dan di beberapa tempat bahkan dikonsumsi, termasuk di Indonesia. Meskipun berpotensi membawa parasit, bekicot yang dipelihara biasanya bebas dari parasit. Apakah anak Mama pernah memelihara bekicot? 

Nah, itulah tadi beberapa hewan yang dari huruf B yang ada di muka bumi beserta penjelasannya. Yuk, Ma main tebak-tebakan dengan anak dan berikan pengetahuan tentang hewan ini pada anak. Supaya wawasan pengetahuan tentang hewan makin luas! Selamat belajar bersama anak, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk