Cara Jennifer Bachdim Berkomunikasi dengan Anak Tanpa Marah

Meski lelah, begini cara menghadapi anak tanpa marah-marah yang bisa bikin anak lebih nurut

4 Mei 2021

Cara Jennifer Bachdim Berkomunikasi Anak Tanpa Marah
Instagram.com/jenniferbachdim

Model sekaligus Mama dari tiga orang anak, Jennifer Bachdim membagikan kisahnya yang mengasuh anak tanpa perlu marah sejak usia dini. Melalui sesi tanya jawab yang dibuatnya di Instagram Story pada Sabtu (01/05), Jennifer menjawab sejumlah pertanyaan seputar cara pengasuhan yang ia lakukan.

Dari pola asuh yang diajarkan Jennifer, yang menarik perhatian adalah di mana istri dari pesepak bola Irfan Bachdim ini mengaku tidak pernah memarahi anak-anaknya, Ma.

Dalam unggahan Instagram Story tersebut, Jennifer menyebutkan bahwa berkomunikasi dengan anak tidak perlu dengan cara marah atau berteriak. Sebab menurutnya, "tidak marah sama anak-anakku, karena it's not their fault!"

Lebih lanjut, berikut Popmama.com telah merangkum cara Jennifer Bachdim berkomunikasi dengan kedua anaknya yang sudah semakin besar, Kiyomi dan Kenji agar tidak perlu berteriak ataupun marah kepada mereka.

1. Mengurus ketiga anaknya tanpa pengasuh

1. Mengurus ketiga anak tanpa pengasuh
Instagram.com/jenniferbachdim

Melalui unggahan Instagram Story, Jennifer menjawab pertanyaan seputar mengurus ketiga buah hatinya sendiri. Mama tiga orang ini menyebutkan bahwa mengurus tiga orang anak tanpa pengasuh tentu saja membuatnya sangat lelah.

Meski merasa lelah, Jennifer mengaku akan melakukan apapun untuk kebahagiaan ketiga anaknya. Seperti yang dituliskannya, "BUT... I Would do anything and everything to see my children smile."

Editors' Picks

2. Tidak pernah memarahi anak

2. Tidak pernah memarahi anak
Instagram.com/jenniferbachdim

Dalam cerita yang dibagikannya, Jennifer mengaku ia adalah orang yang penyabar dan tidak suka berteriak. Sehingga ketika anak-anaknya tidak mendengarkan apa yang ia katakan, ia akan berusaha untuk tetap tenang.

"Tapi I'll still make sure they'll know this isn't right and they have to listen to Mama," ungkapnya. Jadi, meski tidak pernah memarahi anaknya, Jennifer akan berusaha memberikan pemahaman kepada anak-anaknya untuk mendengarkannya.

3. Cara Jennifer berkomunikasi dengan anak tanpa marah

3. Cara Jennifer berkomunikasi anak tanpa marah
Instagram.com/jenniferbachdim

Jauh dari sang suami yang harus tanding sepak bola di kota Bandung, Jennifer sebagai Mama yang mengurus ketiga buah hatinya seorang diri ini tentu saja perenah merasakan lelah juga, Ma.

Meski tengah dihadapi kelelahan, Jennifer sebisa mungkin tidak marah pada anak-anaknya.

Hal yang ia lakukan adalah berbicara kepada anaknya seperti, "Aku minta tolong Kiyomi dan Kenji, Mama capek banget, tolong listen to Mama."

4. Cara menahan rasa marah saat menghadapi anak

4. Cara menahan rasa marah saat menghadapi anak
Instagram.com/jenniferbachdim

Jennifer juga membagikan cara yang ia lakukan ketika menghadapi kedua anaknya yang sudah cukup besar dengan berbagai cara. Menurutnya, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah memahami bahwa anak-anak masih kecil dan belum tau mana yang benar maupun yang salah.

"You are their biggest role model, be a good example," tulisnya.

Sebab menurut Jennifer, kitalah sebagai orangtua yang perlu memberikan pemahaman kepada anak mengenai mana yang salah dan mana yang benar. Jennifer juga menyebut bahwa ketika sang Mama memarahi anaknya, maka anak pun akan meniru kebiasaan marah tersebut.

5. Cara Jennifer menghadapi anak yang tak mau mendengarkan

5. Cara Jennifer menghadapi anak tak mau mendengarkan
Instagram.com/jenniferbachdim

Sebagai anak kecil, bukan tak mungkin jika mereka sesekali tak mau mendengarkan apa yang orangtuanya bicarakan. Saat anak tak mendengarkan apa yang Mama sampaikan, jangan memarahi atau berteriak padanya, Ma.

Berikut cara yang bisa Mama lakukan a la Jennifer Bachdim:

  • Mama harus sabar. Atur napas agar bisa mengendalikan emosi.
  • Tingkatkan pandangan jika berbicara dengan anak. Menurut Jennifer, "go on their eye level and talk to your children."
  • Jangan berteriak, kembali lagi kuncinya harus tenang tidak emosi.
  • Jangan lari dari masalah, bicarakan pada anak dan beri tahu mereka mana yang benar dan mana yang salah.

Itulah cara pengasuhan yang Jennifer Bachdim lakukan dalam berkomunikasi dengan anak-anaknya. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan panutan dalam mendidik anak-anak mama di rumah. Tetap semangat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.