Menjaga Kekebalan Tubuh Anak dengan Konsumsi Yogurt Secara Rutin

Berikan yogurt maksimal tiga cangkir perhari ya, Ma

2 Maret 2021

Menjaga Kekebalan Tubuh Anak Konsumsi Yogurt Secara Rutin
Freepik/8photo

Siapa yang tidak mengetahui yogurt, olahan susu yang telah difermentasi ini memang menjadi primadona dikalangan banyak orang karena kepraktisannya dan varian rasa yang ditawarkan.

Umumnya yogurt banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet, namun anak-anak pun banyak menyukai olahan susu satu ini lantaran rasanya yang beragam dan menyegarkan.

Dengan mengonsumsi yogurt secara rutin setiap hari, tentunya anak akan merasakan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuhnya. Namun, pastikan yogurt yang Mama berikan tidak memiliki kadar gula yang berlebihan ya.

Untuk mengetahui informasi lainnya seputar yogurt, berikut Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat yogurt untuk anak-anak. Disimak yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Menjaga kekebalan tubuh

1. Menjaga kekebalan tubuh
Freepik/freepik

Di era pandemi yang tak kunjung usai ini, kekebalan tubuh anak tentu menjadi prioritas orangtua dalam memerangi virus yang marak tersebar. Dengan memberikan yogurt, Mama dapat membantu anak dalam menjaga kekebalan tubuhnya dari ancaman virus yang ada. 

Tak hanya meningkatkan imun tubuh, keseimbangan bakteri di usus pun perlu diperhatikan untuk memperbaiki fungsi pencernaan, mengurangi peradangan, sampai mengurangi risiko kanker.

Yogurt dan berbagai olahan fermentasi lainnya dipercaya mampu menjaga keseimbangan bakteri usus Mama dan keluarga, termasuk anak-anak.

2. Kandungan baik pada yogurt

2. Kandungan baik yogurt
Eatthis.com

Yogurt sendiri memiliki berbagai jenis kandungan yang bermanfaat untuk tubuh seperti bakteri baik (probiotik) serta serat pangan yang mampu membantu fungsi sistem pencernaan dan memperkuat daya tahan tubuh.

Sebagai produk olahan susu, yogurt juga mengandung kalsium yang membantu memperkuat tulang dan gigi anak, serta tambahan vitamin B6 dan B12 untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Agar anak lebih lahap mengonsumsi yogurt, Mama bisa kok mengkreasikannya menjadi berbagai olahan yang bisa ditambahkan dengan buah atau topping lain kesukaan anak mama.

3. Perhatikan kadar gula dalam yogurt

3. Perhatikan kadar gula dalam yogurt
Freepik/nensuria

Yogurt sendiri sudah bisa dikonsumsi oleh anak sejak memasuki usia 6 bulan sebagai menu MPASI, namun banyak orangtua masih ragu memberikannya karena rasa asam pada yogurt.

Namun bagi anak-anak mama yang gemar produk olahan susu fermentasi satu ini, tentu bukan hal yang sulit untuk memberikannya secara rutin. Tetapi tetap perhatikan kadar gula pada yogurt yang akan diberikan pada anak ya, Ma.

Jika terlalu manis, maka bisa jadi yogurt tersebut terdapat kadar gula berlebih yang sebaiknya dihindari pemberiannya pada anak mama. Pastikan memberikannya tidak lebih dari tiga cangkir perhari untuk mendapat manfaat yang optimal.

Itu dia informasi seputar manfaat yogurt untuk anak yang bisa Mama berikan untuk menunjang kesehatan buah hati tercinta. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk Mama dan keluarga di rumah.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.