Bacaan dan Doa Tahiyat Akhir saat Salat dan Artinya

Saat salat ada bacaan tahiyat akhir yang agak panjang, inilah bacaan dan artinya yang perlu dipahami

3 Juli 2022

Bacaan Doa Tahiyat Akhir saat Salat Artinya
Popmama.com/Novy Agrina

Sebagai seorang muslim dan muslimah kewajiban utamanya adalah melakukan salat 5 waktu, yaitu salat subuh, zuhur, ashar, maghrib, dan isya.

Di samping itu juga banyak salat sunnah lainnya yang bisa jadi cara untuk mendapatkan pahala dan rida Allah SWT.

Ada beberapa gerakan salat yang repititif atau dilakukan secara berulang. Bacaannya pun mengulang sehingga memudahkan umat Islam untuk menghafalnya. 

Namun ada bacaan setiap bagian dari gerakan salat itu yang berbeda-beda. Meski ada bacaan yang panjang atau pendek, tentu semuanya harus kita hafalkan. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum bacaan dan doa tahiyat akhir saat salat dan artinya secara lengkap.

Editors' Picks

1. Apa itu tahiyat akhir?

1. Apa itu tahiyat akhir
Freepik/rawpixel.com

Tahiyat akhir adalah posisi duduk bersimpuh yang terakhir sebelum mengucapkan salam ketika seorang muslim sedang salat dan berdoa pada Allah SWT.

Hafalkan dan lakukan ketika salat dengan benar ya agar ibadah yang dilakukan sempurna. 

Jika sudah bisa mengamalkan dengan baik, pastikan juga mengajarkan anak-anak atau orang-orang yang lebih muda untuk melakukan dengan benar.

2. Bacaan dan doa tahiyat akhir bahasa Arab dan latin

2. Bacaan doa tahiyat akhir bahasa Arab latin
Freepik/GarryKillian

Bacaan dan doa tahiyat akhir dalam bahasa Arab:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bahasa latin bacaan dan doa tahiyat akhir:

“At_Tahiyyaatul Mubaarakaatush Shalawaatuth Thoyyibaatulillaah. As_Salaamu’Alaika Ayyuhan Nabiyyu Wa Rahmatullaahi Wabarakaatuh, Assalaamu’Alaina Wa’Alaa Ibaadillaahishaalihiin.

Asyhaduallaa Ilaaha Illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammad Rasuulullaah. Allaahumma Shalli’Alaa Muhammad, Wa’Alaa Aali Muhammad.

Kamaa Shallaita Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim. Wabaarik’Alaa Muhammad Wa Alaa Aali Muhammad. 

Kamaa Baarakta Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim, Fil’Aalamiina Innaka Hamiidum Majiid."

3. Arti bacaan tahiyat akhir hingga salam saat salat

3. Arti bacaan tahiyat akhir hingga salam saat salat
Freepik/Jcomp

"Segala kehormatan dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah. Keselamatan atas Nabi Muhammad, juga rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan kepada kami dan atas seluruh hamba Allah yang saleh.

Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Ya Allah, limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad. Seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. 

Seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkaulah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.”

Itulah bacaan dan doa tahiyat akhir dalam salat. Bacalah secara perlahan saat salat, sehingga bisa meresapi sambil memahami artinya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk