5 Nilai Positif yang Diperoleh Anak Lewat Berpuasa

Ayo ajak anak untuk berpuasa sejak dini

11 Mei 2019

5 Nilai Positif Diperoleh Anak Lewat Berpuasa
Commons.wikimedia/Rizkyharis

Puasa telah tiba. Mama tentu ingin mengajarkan anak untuk berpuasa. Bagi anak yang baru mulai puasa, menahan lapar seharian selama sebulan tentu menjadi tantangan tersendiri.

Untuk menambah semangat anak, beri penjelasan mengenai nilai-nilai positif yang bisa diperoleh dari puasa selama bulan Ramadan.  Ada baiknya untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh anak sejak usia dini.

Apa saja nilai positif berpuasa? Popmama.com mengulasnya untuk Mama.

1. Melatih untuk bersyukur

1. Melatih bersyukur
Freepik/bearfotos

Bila sebelum ini kita dengan mudah memilih-milih makanan sesuai selera atau mungkin menolak beberapa makanan, dengan berpuasa, Mama bisa mengajari anak untuk lebih banyak bersyukur.

Bisa menikmati es buah kesukaan setelah seharian berpuasa misalnya, memberi pengalaman pada anak bahwa hal-hal sederhana yang selama ini sering diabaikan ternyata dapat memberi kebahagiaan yang luar biasa. Dan hal ini perlu disyukuri.

2. Melatih empati

2. Melatih empati
Pixabay/jarmoluk

Masih banyak orang yang kekurangan dan bahkan mungkin kesulitan mendapatkan makanan. Puasa mengajarkan anak untuk menahan lapar dan haus seharian, ini juga mengajarkan mereka berempati, merasakan bahwa kalau lapar dan tidak memiliki makanan itu tidak enak.

Nah, diharapkan dari sini anak juga belajar untuk berbagi kepada orang yang kurang beruntung. Bulan suci jadi waktu yang tepat untuk lebih banyak berbagi. Mulai dari bersedekah hingga berbagi menu takjil atau berbuka puasa.

Kepekaan sosial anak bisa lebih terasah dengan melatih anak untuk sering berbagi.

Editors' Picks

3. Mengajarkan mengenai agama

3. Mengajarkan mengenai agama
Pixabay/muhammadweb

Mengajarkan anak mengenai ibadah puasa sejak dini akan membuatnya dekat dengan nilai-nilai agama saat ia dewasa nanti. Sehingga karakter anak akan dipenuhi dengan perilaku positif dan anak akan lebih mengerti perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Pemahaman yang baik mengenai agama akan menjauhkan anak-anak dari perilaku negatif.

4. Anak belajar bersabar dan menghargai waktu

4. Anak belajar bersabar menghargai waktu
Freepik/Doucefleur

Berpuasa berarti menahan lapar dan haus seharian. Ini akan mendidik anak menjadi pribadi yang lebih sabar dan juga menghargai waktu. Misalnya, anak akan segera bangun pada waktu sahur agar bisa menjalankan sahur tepat waktu.  Dan sabar menunggu sampai waktunya berbuka.

Pada saat berbuka puasa atau sahur, sajikan makanan favorit anak. Sehingga anak akan lebih bersemangat untuk menanti waktu berbuka dan sahur. Tambahkan sayur dan makanan yang mengandung gizi bagi anak ya, Ma.

5. Belajar mengendalikan diri dan emosi

5. Belajar mengendalikan diri emosi
Freepik/Asier_relampagoestudio

Berpuasa bukan cuma soal menahan haus dan lapar. Tapi juga belajar untuk mengendalikan diri.

Saat lapar, anak mungkin akan jadi gampang marah. Ingin segera makan padahal belum masuk waktu berbuka. Di sini Mama bisa memberikan penjelasan kepadanya. Mama juga bisa melakukan kegiatan bersama yang akan mengalihkan rasa laparnya.

Meski anak kecil belum memiliki kewajiban untuk berpuasa, tapi membantunya untuk berlatih mengendalikan diri selama puasa sangatlah penting. Jelaskan manfaat dan kebaikan yang diperoleh anak selama berpuasa.

Yuk ajak anak berpuasa!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;