7 Cara Mengatasi Batuk pada Anak Secara Alami

Anak sering batuk? Coba cara ini, Ma!

9 Agustus 2019

7 Cara Mengatasi Batuk Anak Secara Alami
madeof.com

Batuk adalah sebuah reaksi yang ditimbulkan karena tubuh melakukan pertahanan terhadap bakteri yang menyerang tubuh. Batuk yang terjadi hanya sesekali memang tidak mengganggu, namun jika batuk terjadi secara terus-menerus harus segera ditangani.

Biasanya, anak-anak sering mengalami batuk, hal ini disebabkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Untuk mengobati batuk yang dialami oleh si Kecil sebaiknya Mama menggunakan bahan-bahan yang alami. Menggunakan bahan alami bisa mengurangi efek samping yang tidak diinginkan.

Banyak sekali obat alami yang murah dan mudah ditemukan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk pada si Kecil.

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai apa saja bahan alami yang dapat mengatasi penyakit batuk pada si Kecil.

1. Perasan air lemon bisa meredakan batuk si Kecil

1. Perasan air lemon bisa meredakan batuk si Kecil
Freepik/Dashu83

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dengan mengonsumsi air lemon bisa membuat tenggorokan si Kecil menjadi lebih lega dan mengurangi rasa gatal di tenggorokannya.

Buatlah minuman dari lemon dengan menggunakan air hangat, saat Mama ingin membuat air lemon untuk si Kecil pastikan lemonnya masih bagus dan jangan menambahkan terlalu banyak air ke dalam perasan air lemon.

Jika Mama takut air lemonnya tidak disukai anak karena rasanya asam sekali, Mama bisa mencampurkan madu ke dalam air lemon tersebut. Madu akan membuat rasa air lemon menjadi seimbang dan tidak terlalu asem.

Minumlah air perasan lemon ini secara teratur 2-3 hari dalam seminggu sampai batuk si Kecil mereda.

2. Menghirup udara dari uap air bisa melegakkan tenggorokan

2. Menghirup udara dari uap air bisa melegakkan tenggorokan
Freepik

Bila mendengar si Kecil batuk tentu akan membuat Mama menjadi sedih karena si Kecil sedang kesakitan, tanpa harus menggunakan obat-obatan yang sarat akan kandungan kimia Mama bisa menggunakan uap air hangat untuk memperlancar aliran pernafasan si Kecil yang sedang tersumbat akibat lendir.

Mama bisa menyediakan semangkuk kecil berisikan air hangat untuk dihirup uapnya oleh si Kecil, jangan lupa Mama perhatikan suhu air jangan sampai terlalu panas karena air yang terlalu panas bisa menyebabkan luka bakar pada kulit si Kecil

Jangan lupa tutuplah mangkuk yang berisi uap itu menggunakan handuk tipis guna mengurangi risiko air tersebut akan langsung mengenai tubuhnya, biarkan si Kecil menghirup uap selama 15 menit ya, Ma.

3. Kumur-kumur menggunakan air garam dapat meredakan batuk pada anak

3. Kumur-kumur menggunakan air garam dapat meredakan batuk anak
Freepik/Awesomecontent

Garam bukan hanya berguna sebagai bumbu dapur saja tetapi garam juga bisa mengobati sakit tenggorokan, jika si Kecil menangis karena sering batuk sebaiknya berikan air garam untuk dikumur-kumur.

Larutan air garam ini bisa membunuh semua bakteri yang ada di mulut, caranya Mama masukan garam setengah sendok teh ke dalam gelas lalu tuangkan air hangat aduk sampai garam larut di dalam air.

Arahkan si Kecil untuk berkumur dengan air garam itu bilang padanya saat berkumur angkat kepalanya agar air garam menyentuh tenggorokannya, setelah itu buang air garam yang sudah dikumurnya. Rutin berkumur menggunakan air garam sebanyak 3 kali sehari bisa membuat batuk si Kecil cepat sembuh.

Editors' Picks

4. Mengonsumsi buah nanas konon dapat redakan batuk

4. Mengonsumsi buah nanas konon dapat redakan batuk
Freepik

Buah nanas sangat segar untuk dikonsumsi ternyata buah nanas selain bisa dimakan juga memiliki manfaat untuk meredakan batuk lho, Ma. Buah nanas memiliki kandungan bromelain senyawa ini berfungsi sebagai obat batuk dan mengencerkan lendir pada tenggorokan.

Buah nanas juga bisa diolah menjadi jus atau langsung saja dimakan, jika si Kecil lebih suka makan buah nanas langsung Mama bisa memotong buah nanas menjadi kecil-kecil agar mudah dimakan oleh si Kecil.

Namun jika Mama khawatir anak belum bisa secara langsung memakan buah ini Mama bisa mengolahnya untuk dijadikan sebagai jus nanas, selain itu buah ini juga gampang untuk ditemukan karena dijual di pasar dan di supermarket.

5. Irisan bawang merah menghasilkan aroma untuk menyembuhkan batuk

5. Irisan bawang merah menghasilkan aroma menyembuhkan batuk
Freepik/Whatwolf

Bawang merupakan rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan, ternyata bawang tidak cuma bisa digunakan untuk melengkapi masakan.

Bawang juga bisa dijadikan sebagai obat batuk, caranya Mama mengiris bawang merah terlebih dahulu lalu tempatkan irisan bawang ke dalam wadah dan letakan di samping tempat tidur si Kecil.

Uap yang dihasilkan oleh irisan bawang ini akan membuat batuk si Kecil menjadi membaik, menggunakan bawang juga tidak memberi dampak negatif terhadap kesehatan si Kecil.

Jadi ketika si Kecil sedang sakit batuk Mama bisa menggunakan cara alami seperti ini ya, Ma.

6. Memperbanyak minum air putih untuk redakan batuk

6. Memperbanyak minum air putih redakan batuk
Freepik/Rawpixel.com

Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menetralisir segala asupan yang masuk ke dalam tubuh, selain itu air putih membuat cairan dalam tubuh kita tetap terjaga dan menghindari dehidrasi.

Saat si Kecil terserang penyakit batuk sebaiknya minta ia untuk banyak meminum air putih karena air putih sangat penting, jika si Kecil kekurangan air putih terlebih saat ia lagi sakit maka ia akan kekurangan cairan.

Kekurangan cairan akan membuat kekebalan tubuhnya semakin menurun dan memperlambat pemulihan tubuhnya, minumlah air putih yang teratur agar pemulihan batuk si Kecil akan berlangsung cepat.

7. Konsumsi buah jeruk sebagai sumber vitamin

7. Konsumsi buah jeruk sebagai sumber vitamin
Freepik/Spkphotostock

Buah jeruk adalah buah yang sangat nikmat apalagi makan buah jeruk bisa membuat tubuh memiliki vitamin C, jeruk juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri.

Jika si Kecil diberi makan jeruk maka kekebalan tubuhnya akan meningkat dan membuatnya menjadi lebih kuat dalam melawan penyakit yang menyerang tubuhnya.

Nah, itu dia bahan-bahan alami yang bisa Mama gunakan untuk meredakan batuk si Kecil, tanpa harus minum obat-obatan medis. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;