5 Cara Merawat Rambut Anak agar Selalu Sehat dan Kuat

Rambut yang selalu dirawat dengan tepat maka pertumbuhannya akan sehat

7 September 2018

5 Cara Merawat Rambut Anak agar Selalu Sehat Kuat
blackheads.com

Rambut adalah mahkota setiap orang. Rambut indah dambaan semua orang, termasuk anak-anak.

Orangtua mana yang tidak menginginkan anaknya memiliki rambut indah. Peran Mama sangat dibutuhkan, yaitu memberikan nutrisi yang tepat untuk menumbuhkan rambutnya. Kalau kondisi rambut selalu dirawat dengan tepat maka pertumbuhannya akan sehat.

Tentunya pertumbuhan rambut yang sehat itu ialah jauh dari masalah rambut. Sedangkan rambut kusam salah satu hal yang akan merubah penampilan seseorang.

Mengidamkan rambut indah menawan hanya butuh perawatan rutin secara teratur.  Terlebih lagi jika si Kecil memiliki rambut panjang, pastinya Mama harus selalu merawat rambutnya agar tetap kuat serta bersih. 

Berikut ada ulasan beberapa tips cara merawat rambut anak perempuan tetap sehat. Tidak memerlukan perawatan yang mahal kok, ada cara-cara sederhana yang bisa Mama lakukan di rumah:

1. Perhatikan asupan gizi

1. Perhatikan asupan gizi
Freepik/freepic.diller

Untuk membantu pertumbuhan rambut pada anak dibutuhkan aneka vitamin serta gizi. Mama bisa memberinya makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan omega 3.

Wortel, stroberi, sayuran hijau, ikan salmon, jeruk, tomat adalah makanan yang cocok untuk membuat rambut anak berkilau dan bersinar.

Faktor inilah berperan penting pada kesehatan maupun kesuburan rambut anak.

Editors' Picks

2. Perawatan alami

2. Perawatan alami
moneycontrol.com

Mama juga bisa memberikan bahan alami untuk pertumbuhan rambut anak agar tampak lebat dan hitam, yaitu menggunakan minyak kemiri, lidah buaya, daun seledri, dan lain-lain.

Mama dapat mengaplikasikan minyak kemiri atau yang lainnya ke kulit kepala si kecil sambil memijat-mijat dengan kembut.

Jangan lupa cuci dan bilas rambut memakai shampoo berbahan lembut yang mengandung pro vitamin B5. Lakukan secara rutin 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

3. Gunakan pelembab rambut

3. Gunakan pelembab rambut
Freepik/Asier_relampagoestudio

Jika anak sering bermain di luar ruangan terkena paparan sinar matahari, maka Mama perlu menggunakan pelembap rambut seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak argan untuk memudahkan menata rambut sang buah hati.

Atau alternatif lain Mama bisa memberinya hair lotion yag kini banyak dijual di toko-toko. Carilah hair lotion berbahan alami bernutrisi dengan formula yang hipoallergenik, yaitu aman untuk kulit kepala anak. 

4. Menggunakan pelindung kepala

4. Menggunakan pelindung kepala
romper.com

Cara selanjutnya ialah memakaikannya pelindung kepala saat beraktivitas di bawah terik matahari. Pastikan Mama memilihkan pelindung kepala yang bahannya nyaman saat dipakai. 

5. Menjaga kebersihan rambutnya

5. Menjaga kebersihan rambutnya
Pixabay/DEZALB

Selain helaian rambutnya yang dijaga, bagian kulit kepala pun juga harus diperhatikan untuk menjaga volume serta kualitas rambutnya.

Sebaiknya hindari produk sampo yang mengandung minyak mineral, dikarenakan sampo tersebut tidak akan merawat kulit kepala anak.

Gunakan sampo yang mengandung kemiri atau aloe vera yang diperkaya dengan pro vitamin B5 agar rambut si kecil lebih berkilau.

Berikut tadi informasi mengenai cara merawat rambut anak perempuan yang bisa Mama lakukan.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.