Sweet! 20 Ucapan Sebelum Tidur untuk Anak dan Manfaatnya

Ucapan sepele yang ternyata memiliki makna mendalam lho

8 Mei 2020

Sweet 20 Ucapan Sebelum Tidur Anak Manfaatnya
Pixabay/Free-Photos

Mengucapkan “selamat malam” pada anak sebelum tidur mungkin menjadi kebiasaan yang suka dilupakan oleh Mama, padahal ucapan ini sangat baik dikatakan pada anak sebelum mereka benar-benar menjalani dunia yang baru untuknya. Namun, hanya mengatakan “selamat malam” akan sangat membosankan jika disebutkan setiap harinya.

"Selamat malam, tidur nyenyak, nanti digigit nyamuk lho!" Mungkin beberapa orangtua mengatakan ini kepada anak-anaknya sebelum mereka tidur.

Walaupun terdengar lucu, ucapan tersebut mungkin membentuk pikiran anak jadi berpikir tentang hal yang mengerikan, jelek, hingga mimpi buruk.

Lalu bagaimana mengucapkan “selamat malam” pada anak yang tepat dan tidak membosankan ya?

Nah kali ini, Popmama.com telah menyiapkan 20 ucapan sebelum tidur untuk anak di malam hari yang dapat Mama mulai praktikan di rumah.

Bisa menjadi cara menyampaikan selamat malam yang manis. Yuk disimak ya, Ma!

Editors' Picks

1. 20 kata-kata indah untuk menyampaikan selamat malam dan membuat anak lebih cepat tidur

1. 20 kata-kata indah menyampaikan selamat malam membuat anak lebih cepat tidur
Freepik

Sebelum tidur, Mama dapat mengajak anak untuk berdoa, jika anak belum terbiasa cobalah versi doa yang lebih umum seperti ini: Sekarang aku membaringkan tubuhku untuk tidur, aku berdoa kepada Tuhan agar jiwaku tetap terjaga. Jika aku harus mati sebelum bangun, aku berdoa agar Tuhan mengambil jiwaku.

Untuk membuat anak menjadi lebih nyaman dan santai, nyanyikan “Twinkle Twinkle Little Star”: “Twinkle, twinkle, little star, how I wonder what you are. Up above the world so high, like a diamond in the sky. Twinkle, twinkle, little star, how I wonder what you are.”

Jika anak belum merasa mengantuk, Mama dapat bercerita sebelum tidur, dengan buka buku cerita favorit anak dan bacalah satu atau dua cerita. Saat anak tertidur, jangan tinggalkan ruangan tanpa ciuman selamat malam.

Serta coba metode “Harapan di atas bintang”, untuk membuat anak tidur, dengan kalimat: “Cahaya bintang, bintang terang, bintang pertama yang kulihat malam ini, aku berharap aku dapat, aku berharap aku dapat, aku memiliki keinginan untuk berharap malam ini.” Setelah Mama mengatakan ini bersama anak, minta ia membuat permohonan pada bintang dan kemudian tutup mata mereka sampai pagi agar menjaga keinginan untuk "menjadi kenyataan."

Hitung domba merupakan cara agar membuat anak mudah mengantuk, dengan kalimat: “Satu, dua, tiga, ku hitung domba, sementara aku menutup mata dan tidur

Biarkan mereka tahu Mama akan selalu ada di sana: Mama akan selalu di sini untuk menemanimu. Berikan pelukan, ciuman, dan ucapkan selamat malam. Ketika anak terbangun pada pagi hari, pastikan Mama akan ada di sampingnya.

Dari waktu ke waktu, mungkin anak akan kesulitan tidur. Cara mengucapkan selamat malam ini membuat mereka menggunakan metode mudah dan cepat untuk membantu mereka masuk ke alam mimpi.

Ucapan sebelum tidur lainnya yang dapat Mama sampaikan pada anak malam hari:

  1. "Selamat tidur."
  2. "Jangan buat aku menjadi monster yang menggelitik itu!"
  3. "Tidur nyenyak, Sayang!"
  4. "Waktunya untuk naik pelangi ke alam mimpi!"
  5. "Selamat malam, pangeran / putri kecilku!"
  6. "Jangan lupa mengucapkan doamu, Nak!"
  7. "Selamat malam, cinta kecil dalam hidupku!"
  8. "Lampu padam, pejamkan mata untuk melihat keindahan!"
  9. “Mama akan memimpikanmu, selamat malam”
  10. "Sampai jumpa di pagi hari, kamu pasti besok tetap sehat dan lebih pintar!"
  11. "Mama akan ada di sini ketika kamu bangun."
  12. "Mimpi indah, Nak."
  13. "Ini jam tidur; sekarang tidurlah!"
  14. “Mimpikan Mama dan Papa ya!”

2. Manfaat memberikan ucapan sebelum tidur yang positif untuk anak

2. Manfaat memberikan ucapan sebelum tidur positif anak
Freepik/tirachardz

Selain selamat pagi untuk memberikan anak semangat, jangan lupa untuk memberikannya ucapan selamat malam agar ia dapat mimpi indah. Setelah Mama memberikan ucapan sebelum tidur, perasaan Mama dan anak akan lebih lega dan nyaman. Karena ucapan malam hari ini memang punya makna yang mendalam.

Menurut Profesor Mark Goulston dari University of California, ucapan selamat malam memiliki hubungan dengan perasaan yang Mama rasakan serta anak. Ucapan ini secara tak langsung menunjukkan besarnya rasa sayang Mama kepada anak. Besarnya rasa sayang ini pun terlihat jika Mama sedang dalam suasana hati yang buruk.

Sebesar apapun perasaan tak enak itu, saat mengucapkan selamat malam Mama akan berusaha untuk terlihat baik-baik saja agar tidak membuat anak khawatir yang mungkin pada akhirnya akan mengganggu waktu istirahatnya di malam hari.

3. Rutinitas sebelum tidur malam hari yang dapat Mama dapat terapkan dengan anak balita

3. Rutinitas sebelum tidur malam hari dapat Mama dapat terapkan anak balita
Freepik/Prostooleh

Rutinitas sebelum tidur dapat dimulai 15-30 menit sebelum waktu tidur mereka yang sebenarnya dimulai. Termasuk mematikan televisi, memainkan musik yang menenangkan, meredupkan lampu, berbicara dengan lembut. Semua perubahan halus ini merupakan isyarat sudah waktunya anak untuk tidur.

Sebelum mengucapkan selamat malam dan menidurkan anak, ada rutinitas pengantar tidur yang dapat Mama dan anak lakukan, seperti:

  1. Mandi santai
  2. Mengenakan piyama
  3. Menyikat gigi
  4. Waktu cerita di tempat tidur
  5. Ciuman dan ucapan selamat malam

Walaupun terdengar sepele, namun mengucapkan “selamat malam” pada anak memiliki makna yang penting lho! Anak juga akan lebih merasa dicintai dan dijaga oleh orangtuanya, dan tentunya akan membuat anak tidur lebih nyaman dan nyenak, jadi tak ada lagi deh susah tidur di malam hari!

Itulah ucapan sebelum tidur yang positif untuk anak. Mama bisa mengatakan dengan cara yang manis beserta manfaat baiknya. Diterapkan yuk, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.