Paula Verhoeven Mengajarkan Kiano Berbicara, Ini Manfaatnya untuk Anak

Bisa dicontoh karena manfaatnya besar untuk si Anak ke depannya

18 November 2021

Paula Verhoeven Mengajarkan Kiano Berbicara, Ini Manfaat Anak
Instagram.com/kianotigerwong

Paula Verhoeven mengajarkan anak pertamanya dengan Baim Wong, Kiano Tiger cara bicara yang benar. Hal itu terlihat dari vlog Youtube-nya pada 3 November 2021 lalu.

Saat Kiano meminta susu, ia masih terbata-bata saat mengungkapkan permintaan itu. Tanpa terkesan menggurui sang Anak, Paula membantu mengajarkan cara bicara dan meminta yang benar kepadanya.

"Mintanya yang baik ya sayang," tutur Paula mengajarkan Kiano.

Rupanya bagi orangtua mengajarkan kepada anak cara bicara yang benar ternyata memiliki banyak manfaat lho. Kita bisa mencontoh cara yang dilakukan Paula untuk mengajarkan anak cara bicara yang baik.

Berikut Popmama.com rangkum informasi Paula Verhoeven mengajarkan Kiano bicara yang bisa dicontoh. Simak manfaatnya yuk, Ma!

1. Paula membimbing Kiano untuk bicara dan meminta dengan kalimat yang benar

1. Paula membimbing Kiano bicara meminta kalimat benar
Youtube.com/Baim Paula

Dalam video tersebut Paula Verhoeven membimbing Kiano untuk bicara dengan kalimat yang benar. Keadaannya saat Kiano meminta susu dari sang Mama tapi tidak mengucapkan permintaan itu dengan benar.

"Belajar kak, nggak apa-apa, Mama kasih kok. Coba pelan-pelan ya," tutur Paula sambil menatap sang Anak.

Paula pun mengajarkan satu per satu kata-kata yang benar agar Kiano bisa mendapatkan susu miliknya. Dengan arahan Paula, anak sulungnya itu pun bisa mengikutinya dengan baik.

Editors' Picks

2. Paula memberikan pujian kepada Kiano setelah berhasil berbicara dengan baik

2. Paula memberikan pujian kepada Kiano setelah berhasil berbicara baik
Youtube.com/Baim Paula

Selain membimbing untuk berbicara dengan baik, Paula pun memberikan semangat kepada Kiano agar terus mencoba. Ia memberikan pujian saat Kiano berhasil mengikuti arahan cara berbicara darinya.

"Pinter, Kiano pinter. Oke, sini cium dulu, pinte banget, dipeluk juga," tutur Paula kepada Kiano.

Kiano pun memeluk Mamanya dengan hangat setelah itu. Tak lupa, Kiano juga mencium Paula dengan penuh kasih sayang.

Rupanya cara Paula Verhoeven mengajarkan bicara dengan baik layaknya kepada orang dewasa bisa ditiru, lho. Sebab banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak.

3. Hindari cara mengajarkan anak bicara dengan keras dan agresif

3. Hindari cara mengajarkan anak bicara keras agresif
Freepik/Jcomp

Salah satu manfaat dari mengajak berbicara anak yakni bisa mendorong mereka lebih percaya diri. Mereka pun bisa mengungkapkan ekspresi perasaan lebih baik ke depannya.

Namun, jangan sampai ingin membuat anak cepat bicara kita menjadi keras kepadanya. Dikutip dari Very Well Family, ketika kita mengajarkan secara agresif maka bisa membahayakan hubungan orangtua dan anak. 

Oleh karenanya jika anak kita ingin mengembangkan keterampilan yang dia butuhkan berkaitan dengan perilakunya, berbicara dengan baik dan jelas adalah cara terbaik. Sebab, cara terbaik adalah mencotohkan kepada anak dengan berbicara baik kepadanya. 

4. Manfaat mengajari anak bicara dengan baik layaknya Paula Verhoeven

4. Manfaat mengajari anak bicara baik layak Paula Verhoeven
Freepik/freepik

Belajar bicara kepada anak sangat berguna untuk cara komunikasi dan hubungannya dengan orang lain. Berlatih percakapan dua arah akan membantu anak memahami keterampilan sosial seperti empati, kerja sama dan menjadi pendengar yang baik. 

Mengajarkan anak cara berbicara yang baik juga bisa membantu mengembangkan kosakatanya lebih bagus. Ini juga membantu anak bisa memahami dan menafsirkan kata-kata tertulis di masa depannya dengan lebih baik. 

Selanjutnya, mengajak anak bicara juga membantu mereka mengenali emosi lebih baik. Sebab, semakin banyak kosa kata yang dipelajarinya anak akan bisa lebih baik menggunakan kata-kata untuk menunjukkan emosi.

Kita bisa memperkenalkan kepada anak konsep ini lebih awal dan melalui percakapan. 

Itulah tadi berita Paula Verhoeven mengajarkan Kiano bicara yang bisa dicontoh oleh Mama dan si Kecil di rumah. Ternyata banyak juga manfaat dari mengajarkan anak bicara dengan baik salah satunya menambah kosa kata anak dan si Anak bisa mengenali emosinya dengan baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.