Pahami 5 Metode Pembelajaran PAUD Sebelum Menyekolahkan Anak

Agar proses belajar anak makin optimal, pelajari dulu 5 metodenya ya, Ma!

9 Februari 2019

Pahami 5 Metode Pembelajaran PAUD Sebelum Menyekolahkan Anak
Freepik/Kireyonok_Yuliya

Metode pembelajaran PAUD adalah cara yang digunakan pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran kepada anak untuk mencapai kompetensi tertentu.

Metode pembelajaran dirancang dalam kegiatan bermain yang bermakna dan menyenangkan bagi anak. Tujuan dari metode yang satu ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai olehnya selama mengikuti pendidikan di PAUD. 

Selain itu, metode ini juga menggunakan informasi yang didapat sebagai umpan balik bagi pendidik untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran dan meningkatkan layanan pada anak agar sikap, pengetahuan, dan keterampilan berkembang secara optimal.

Dan yang terakhir adalah untuk memberikan informasi bagi orangtua agar dapat melaksanakan pengasuhan di lingkungan keluarga yang sesuai dan terpadu dengan proses pembelajaran di PAUD.

Secara umum, metode pembelajaran yang diterapkan di PAUD dibagi menjadi 5, yakni melalui bermain, cerita, musik, karyawisata, dan demonstrasi.

Agar lebih jelas, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa jenis metodenya.

1. Metode pembelajaran PAUD melalui bermain

1. Metode pembelajaran PAUD melalui bermain
Pixabay/_Alicja_

Metode bermain adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menerapkan permainan tertentu sebagi wahana pembelajaran siswa.

Teknik ini didasarkan penelusuran literatur maupun pengamatan sepintas dilapangan terbukti paling efektif dan efisien dibandingkan dengan metode yang lain.

Kemampuan belajar mengingat anak menjadi cepat dan banyak serta anak tidak merasa jenuh. Setidaknya ada 5 manfaat nyata dari metode bermain ini diantaranya yaitu :

  • Manfaat motorik adalah manfaat yang berhubugan dengan nilai-nilai positif mainan yang terjadi pada fisik jasmani anak
  • Manfaat afeksi adalah manfaat mainan yang berhubungan dengan perkembangan psikologis anak
  • Manfaat kognitif adalah manfaat mainan untuk perkembangan kecerdasan anak, biasanya ini berhubungan dengan kamampuan imajinasi pada anak 
  • Manfaat spiritual adalah manfaat mainan yang menjadi dasar pembentukan nilai-nilai kesucian maupun keluhuran akhlak manusia 
  • Manfaat keseimbangan adalah suatu jenis mainan bagi tumbuh kembang anak dimana mainan berfungsi untuk melatih dan mengembangkan perpaduan nilai-nilai positif dan negatif dari mainan

2. Metode pembelajaran PAUD melalui cerita

2. Metode pembelajaran PAUD melalui cerita
all4women.co.za

Metode cerita adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan teknik guru bercerita tentang suatu legenda, dongeng, mitos, atau suatu kisah yang didalamnya diselipkan pesan-pesan moral atau intelektual tertentu.

Hal ini akan berguna bagi anak ketika suatu saat ia menemukan masalah yang hampir mirip dengan kisah atau dongeng yang pernah diceritakan gurunya.

Dari kisah itu alam bawah sadar anak pun akan memicu nalar konstruktif pemecahan masalah yang dihadapi sesuai pesan-pesan moral atau intelektual yang diajarkan.

Editors' Picks

3. Metode pembelajaran PAUD melalui musik

3. Metode pembelajaran PAUD melalui musik
toosmall.org

Metode menyanyi adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan media nyanyian sebagai wahana belajar anak.

Menurut Grace Soedargo, seorang musisi dan pendidik, dasar-dasar musik klasik, secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter bahakan raga manusia. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa musik klasik yang mengandung komposisi nada berfluktuasi antara nada tinggi dan nada rendah akan merangsang kuadran C pada otak.

Bahkan, sampai usia 4 tahun kuadran B dan C pada otak anak-anak akan terus berkembang hingga 80% dengan musik.

Hal tersebut dapat terjadi karena musik memiliki 3 bagian penting, yakni beat yang dapat memengaruhi tubuh, ritme yang dapat memengaruhi jiwa, dan harmoni yang dapat mempengaruhi ruh.

4. Metode pembelajaran PAUD melalui karyawisata

4. Metode pembelajaran PAUD melalui karyawisata
PatentMap/PARENT STORIES

Bagi anak karyawisata berarti memperoleh kesempatan untuk memperoleh informasi atau mengkaji sesuatu secara langsung.

Karyawisata berarti membawa anak ke objek-objek tertentu untuk memberikan pengalaman belajar yang tidak mungkin diperoleh didalam kelas.

Welton & Malloton dalam buku Moeslichatoen juga mengatakan bahwa karyawisata dapat memberi kesempatan bagi anak untuk mengobservasi alam dan melihatnya sendiri dari dekat.

Karyawisata mempunyai makna penting bagi perkembangan anak karena dapat membangkitkan minatnya pada sesuatu hal, memperluas perolehan informasi, dan juga memperkaya lingkup program kegiatan belajar anak yang tidak mungkin dihadirkan dikelas.

5. Metode pembelajaran PAUD melalui demonstrasi

5. Metode pembelajaran PAUD melalui demonstrasi
blogs.brighthorizons.com

Demonstrasi berarti menunjukkan dan menjelaskan. Jadi, dalam demonstrasi guru bertugas untuk menunjukkan dan menjelaskan cara-cara mengerjakan sesuatu.

Melalui demonstrasi, diharapkan anak dapat mengenal langkah-langkah pelaksanaan. Demonstarsi mempunyai makna penting bagi anak yaitu:

  • Dapat memperlihatkan secara konkret apa yang dilakukan
  • Membantu mengembangkan kemampuan mengamati secara cermat dan teliti
  • Membantu mengembangkan kemampuan untuk melakukan segala pekerjaan secara cermat dan tepat
  • Membantu mengembangkan peniruan dan pengenalan secara tepat

Nah, itulah 5 metode PAUD secara umum yang wajib Mama ketahui.

Jangan hanya bergantung pada guru di sekolah, Mama juga harus mengetahui metode belajar yang diterapkan PAUD untuk si Kecil.

Oleh karena itu, pahami karakternya dan ketahui metode mana yang paling cocok untuk anak mama. Dengan begitu, proses belajar pun akan lebih mudah diterima olehnya.

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!