TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pentingnya Pantau Milestone Tumbuh Kembang Si Kecil

Mams harus pintar-pintar nih

13 Desember 2021

Penting Pantau Milestone Tumbuh Kembang Si Kecil
Shutterstock/VasitChaya

Para Mams, pasti sudah tahu ya bahwa sangat penting untuk memantau tumbuh kembang si Kecil. Apalagi peran Mams biasanya yang paling penting dan harus serba peka. Nggak hanya harus peka, Mams juga harus selalu belajar terkait dunia sebagai ibu.

Termasuk belajar tentang menjaga tumbuh kembangnya demi mendukung fondasi belajar si Kecil. Salah satu yang sering bikin Mams bingung sih biasanya soal asupan gizi dan milestone (tahapan) tumbuh kembang anak. Sering terlupa, ternyata memantau milestone si Kecil penting banget lho, Mams. Berikut beberapa faktanya yang sudah Popmama rangkum dari berbagai sumber.

1. Apa sih milestone tumbuh kembang anak itu?

1. Apa sih milestone tumbuh kembang anak itu
Shutterstock/Arlee.P

Dikutip dari MedlinePlus, milestone tumbuh kembang anak adalah perilaku atau keterampilan fisik yang terlihat pada bayi dan anak-anak saat mereka tumbuh dan berkembang. Milestone ini bisa dilihat dari berbagai hal mulai dari kegiatan si Kecil sampai bentuk fisik si Kecil. 

Berguling, merangkak, berjalan, dan berbicara semuanya dianggap sebagai tonggak sejarah. Milestone tumbuh kembang anak ini berbeda untuk setiap rentang usia. Ada kisaran normal di mana seorang anak dapat mencapai setiap milestone-nya.

Editors' Picks

2. Ada berapa pilar milestone tumbuh kembang anak?

2. Ada berapa pilar milestone tumbuh kembang anak
Shutterstock/PR Image Factory

Milestone tumbuh kembang si Kecil ada beberapa pilar. Total ada enam pilar yang menjadi dasar milestone tumbuh kembang si Kecil. Yang pertama adalah motorik kasar yang bisa dilihat dari kegiatan si Kecil sehari-hari seperti kemampuannya berjalan, berlari dan lain-lain. Kegiatan motorik kasar biasanya mengandalkan kekuatan otot yang besar.

Kemudian ada kemampuan motorik halus yang meliputi kegiatan seperti bermain gelang karet, bermain puzzle, bertepuk tangan atau sekedar makan dengan sendok. Ada juga kemampuan literasi seperti bagaimana si Kecil berbicara, berbahasa dan berkomunikasi dengan sekitar.

Keempat ada kemampuan kognitif yang meliputi kemampuannya dalam memahami informasi. Kelima kemampuan sosial seperti berbicara dan berkomunikasi dengan sekitarnya serta kemandiriannya. Terakhir adalah perkembangan fisiknya, apakah sesuai dengan kurva dan anak-anak seumurannya atau tidak.

 Biasanya perkembangan fisik ini menjadi patokan para Mams dalam memantau milestone si Kecil, betul Mam? Padahal ada banyak pilar yang juga nggak kalah penting seperti yang sudah dijelaskan di atas.

3. Kapan ‘red flag’ yang harus diwaspadai Mams?

3. Kapan ‘red flag’ harus diwaspadai Mams
Shutterstock/GBJSTOCK

Lalu, kapan ‘red flags’ yang harus diwaspadai? Red flags atau tanda bahaya dan harus diwaspadai oleh Mams adalah saat si Kecil menunjukan perkembangan yang stagnan atau terhambat.

Seperti apa tuh? Misalnya saat si Kecil sudah melampaui usia tertentu, ia masih belum bisa melakukan hal yang biasanya dilakukan anak seusianya. Contohnya, saat memasuki usia lebih dari satu tahun, si Kecil masih belum bisa berjalan tanpa dibantu Mams. Jika sudah seperti itu, penting banget untuk berkonsultasi ke dokter anak ya, Mams.

4. Pantau milestone si Kecil

4. Pantau milestone si Kecil
Shutterstock/Onjira Leibe

Ada baiknya mencegah daripada mengobati. Begitu juga soal milestone ini. Lebih baik dipantau sedini mungkin untuk mengetahui apakah milestone tumbuh kembang si Kecil sudah sesuai atau belum.

Apalagi sekarang ada banyak aplikasi yang membantu Mams memantau tumbuh kembang si Kecil seperti #CaraPintarMam Smart Learning Milestone Tracker dari S-26 Procal Nutrissentials. #CaraPintarMam Smart Learning Milestone Tracker memiliki panduan lengkap seputar milestone (tahapan) tumbuh kembang anak. Mam akan dipandu untuk mempelajari tentang milestone si Kecil sesuai usianya. Mams bisa memantau dan mendapatkan informasi lengkap seputar milestone si Kecil.

Jadi Mams nggak bingung dan khawatir lagi deh. Langsung klik di sini ya Ma!

5. Optimalkan milestone tumbuh kembang si Kecil

5. Optimalkan milestone tumbuh kembang si Kecil
Shutterstock/Makistock

Selain memantau tumbuh kembangnya, Mams wajib banget mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil dengan memberikan stimulasi dan memenuhi asupan nutrisi hariannya. Hal ini untuk mendukung perkembangan fondasi belajar si Kecil sesuai dengan tahapan usianya.

S-26 Procal Nutrissentials hadir untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. S-26 Procal Nutrissentials adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun yang kaya akan Kolin, asam linoleat dan tinggi protein sehingga dapat membantu mendukung fondasi belajar si kecil. Selain itu, S-26 Procal Nutrissentilas juga mengandung nutrisi seperti zat besi, zink, dan asam folat juga kaya akan Vitamin B kompleks (B1, B2, B6, dan Niasin)

Nggak hanya itu, S-26 Procal Nutrissentials juga tinggi kalsium, vitamin D dan K. Kalsium membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi serta membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Karena S-26 Procal Nutrissentials adalah #CaraPintarMam dalam mendukung fondasi belajar si Kecil. Klik di sini untuk info lengkapnya ya! (WEB)

Baca Juga: Pentingnya Kemampuan Menggenggam dalam Milestone si Kecil

Baca Juga: Perkembangan Anak Usia 5 Tahun: Selamat Datang Milestone Baru

Baca Juga: Baby Milestone: Pentingnya Kemampuan Menunjuk pada Bayi

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk