Perkembangan Anak Usia 5 Tahun: Selamat Datang Milestone Baru

Seperti apa perkembangan umum anak usia 5 tahun? Simak selengkapnya di sini

17 Desember 2019

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun Selamat Datang Milestone Baru
Freepik/Rawpixel.com

Selamat menapaki milestone baru! Di usia lima tahun ini, anak Mama makin mandiri dan tak lagi bergantung sepenuhnya pada orangtua. Energinya makin besar dan butuh peranan orangtua untuk mengarahkan dan memfasilitasi rasa ingin tahunya.

Milestone Usia Lima Tahun

Milestone Usia Lima Tahun
Jcomp / Freepik

Di usia lima tahun ini, anak Mama mengalami hal-hal baru yang terkadang membuat takjub sekitarnya. Bersiap-siaplah menyambut jejak baru ya, Ma!

  • Anak Mama tak lagi takut dengan kesendirian. Tetap merasa baik-baik saja meski tidak ada orangtua di sekitarnya. Misalnya saat ia dilepas bermain di rumah teman.
  • Tetap merasa nyaman meski tidak berada bersama orangtua dalam satu ruang yang sama
  • Mulai mengerti nilai-nilai pertemanan
  • Mulai tergerak untuk membantu di sekitar rumah, misalnya membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga ringan seperti menata meja makan, merapikan mainan, dan sebagainya

Editors' Picks

Kehidupan Orangtua: Menghadapi Fase Eksplorasi Anak

Kehidupan Orangtua Menghadapi Fase Eksplorasi Anak
Pixabay/schoolprpro

Saat anak mencapai usia lima tahun, orangtua perlu menyeimbangkan antara mendorong kemandirian dengan melindungi anak. Di usia ini, biarkan anak mengeksplorasi dan bereksperimen dengan lingkungan sekitarnya.

Selama aktivitasnya tidak membahayakan, memperbolehkan anak mengeksplorasi dan bereksperimen dengan lingkungan sekitar akan menumbuhkan rasa percaya dirinya di situasi baru, misalnya di sekolah. 

Tantangan orangtua yang memiliki anak usia lima tahun adalah menahan diri untuk tidak buru-buru terlibat saat anak tampak berjuang dengan hal baru. Biarkan ia mencoba sendiri. Mungkin Mama merasa gregetan dan tidak sabar. Tapi ingatlah, Ma, ini adalah cara anak Mama belajar mandiri dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.