TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Nama Buah dari Huruf S, Beri Tahu si Kecil Yuk Ma!

Beberapa buah berawalan huruf S ini mempunyai kemiripan bentuk dengan buah yang lain lho Ma

7 September 2022

9 Nama Buah dari Huruf S, Beri Tahu si Kecil Yuk Ma
Popmama.com/Aristika Medinasari

Terdapat berbagai jenis buah yang ada di alam. Buah-buahan tentu saja mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan anak mama.

Adanya jenis buah yang terlalu banyak ini, terkadang membuat si Kecil bingung untuk mengingat atau mengenali nama-nama buah. Oleh karena itu, untuk mempermudah anak agar cepat hafal, Mama bisa memperkenalkan nama buah kepada anak dengan cara mengelompokkannya ke dalam urutan abjad pertama dari nama buah.

Nah, untuk menambah wawasan anak mama tentang nama buah, kali ini Popmama.com berikan informasi terkait nama buah dari huruf S. Yuk disimak!

1. Stroberi

1. Stroberi
Popmama.com/Aristika Medinasari

Siapa yang tidak mengenal buah berwarna merah satu ini? Yup, ini adalah buah stroberi. Buah stroberi adalah buah yang mempunyai rasa asam dan manis.

Buah ini mudah ditemukan di toko buah, pasar atau supermarket. Buah stroberi sering dijadikan sebagai campuran untuk membuat minuman segar dan sebagai hiasan kue. Terdapat banyak sekali kandungan vitamin dan mineral dalam buah stroberi, antara lain adalah vitamin B, B6, E, dan K.

2. Sawo

2. Sawo
Popmama.com/Aristika Medinasari

Sawo adalah buah yang kulit luar dan daging buahnya berwarna cokelat. Sawo memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis serta legit.

Buah sawo dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sawo mampu membantu melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, menangkal radikal bebas, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

3. Semangka

3. Semangka
Popmama.com/Aristika Medinasari

Semangka adalah buah berukuran besar yang memiliki kulit berwarna hijau dan bagian dalam buah yang berwarna merah dengan biji cukup banyak. Mempunyai rasa yang manis dan segar membuat semangka menjadi buah kesukaan banyak orang.

Buah semangka kaya akan kandungan mineral dan vitamin juga lho, Ma. Semangka bisa mencegah dehidrasi sebab semangka mengandung banyak air, bahkan 92% semangka terdiri dari cairan.

Editors' Picks

4. Salak

4. Salak
Popmama.com/Aristika Medinasari

Salak adalah buah yang mempunyai kulit menyerupai sisik dan rasa yang manis pada dagingnya. Di balik kulitnya yang menyerupai sisik, ternyata buah salak memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh.

Buah berwarna cokelat ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, misalnya vitamin C, vitamin B2, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi.

5. Sirsak

5. Sirsak
Popmama.com/Aristika Medinasari

Berikutnya ada buah bernama sirsak. Buah sirsak adalah buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak memiliki ciri-ciri kulit buahnya berwarna hijau dan terdapat duri-duri kecil di bagian kulit.

Sirsak dikenal mempunyai rasa segar dan sedikit asam. Buah sirsak mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi.

6. Srikaya

6. Srikaya
Popmama.com/Aristika Medinasari

Srikaya adalah buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis termasuk di Indonesia. Buah srikaya sekilas mirip dengan buah sirsak. Namun, tentu kedua buah ini berbeda.

Buah srikaya memiliki bentuk bulat dengan kulit bermata banyak. Daging buahnya berwarna putih. Srikaya mengandung serat, vitamin, dan mineral. Tak hanya itu, ternyata di dalam buah srikaya terdapat senyawa polifenol yang berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

7. Sukun

7. Sukun
Pixabay/valorcsr

Sukun adalah buah tropis dengan nama latin Artocarpus Altilis. Buah sukun ini sekilas juga mirip seperti buah nangka. Buah sukun memiliki daging buah berwarna putih serta rasa buah yang empuk dan manis.

Buah sukun sering dimanfaatkan menjadi berbagai macam camilan lezat, seperti sukun goreng, keripik, dan campuran untuk kolak. Sukun mengandung kalium, zat besi, serta berbagai mineral lain.

8. Siwalan

8. Siwalan
Pinterest.com/krishnaveni k

Siwalan adalah buah yang banyak bisa dijumpai di Asia Selatan dan Tenggara. Di Indonesia sendiri buah siwalan ini terkadang juga dikenal dengan sebutan buah lontar.

Buah siwalan berbentuk mirip dengan kolang kaling karena warnanya yang putih dan transparan. Akan tetapi tekstur buah siwalan ini agak lebih keras dibandingkan dengan kolang kaling. Daging buah siwalan mampu membantu menyembuhkan radang kulit.

9. Saninten

9. Saninten
Pinterest.com/mario afarel

Mama atau anak mama mungkin asing dengan buah satu ini. Saninten adalah buah langka yang umumnya tumbuh di Gunung Ciremai.

Buah saninten seringkali disebut sebagai rambutan hutan karena bentuknya mirip dengan rambutan yang hanya tumbuh di hutan. Buah saninten mempunyai tekstur kulit buah keras, berduri keras, dan bijinya yang bisa digunakan sebagai bahan makanan.

Nah, itu tadi nama buah dari huruf S. Dari sembilan buah di atas, buah mana yang menjadi favorit Mama dan anak mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk