Tebak-tebakan Sayur untuk Anak TK, Coba Yuk!

Si Kecil sudah tahu jenis sayur-sayuran ini belum, Ma?

27 November 2021

Tebak-tebakan Sayur Anak TK, Coba Yuk
Pexels/Vo Thuy Tien

Selain buah-buahan, sayuran juga memiliki manfaat bagi tubuh, lho! Tidak hanya mengandung berbagai vitamin, namun sayuran juga memiliki kandungan-kandungan bernutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Sayur adalah jenis tanaman yang dapat dikonsumsi mulai dari akar, batang, daun, biji, bunga serta bagian lainnya yang dapat diambil dan diolah dan menjadi sebuah masakan.

Tidak semua jenis sayuran yang dapat diambil dan diolah seluruhnya. Namun, ada yang hanya terletak pada akar, batang bahkan daunnya saja.

Sayuran merupakan sebuah sebutan yang umum terhadap bahan pangan yang berasal dari tumbuhan. Biasanya tanaman ini memiliki kandungan dengan kadar air yang cukup tinggi dan dapat dikonsumi dalam keadaan yang segar atau sesudah diolah.

Sudah tahukah si Kecil tentang berbagai nama-nama dan jenis sayuran?

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum tebak-tebakan sayuran yang perlu diketahui. Ajak si Kecil nebak, yuk!

1. Sayur kangkung

1. Sayur kangkung
Pexels/Arina Krasnikova

Apakah nama sayuran yang satu ini?

Ciri-cirinya adalah sayur ini memiliki daun yang panjang dengan batang yang kurus dan akar yang halus. Sayur ini memiliki warna hijau dari daun sampai ke bagian batangnya.

Jawabannya adalah sayur kangkung.

Kangkung termasuk dalam sayur daun. Hal ini karena bagian kangkung yang dapat dimakan adalah daun dan juga batangnya. Kangkung yang memiliki kualitas yang baik memiliki ciri-ciri daun yang segar, tidak berlubang serta memiliki bagian batang dan daun yang utuh.

Kangkung terdiri dari dua macam, kangkung air dan darat.

Sayuran ini termasuk salah satu sayuran yang banyak sekali dijumpa di pasar dan banyak dijumpai di kawasan Asia.

2. Asparagus

2. Asparagus
Pexels/Aphiwat chuangchoe

Apakah jenis sayuran yang satu ini?

Ciri-cirinya adalah tumbuhan ini memiliki bentuk seperti batang tumbuhan dan memiliki warna hijau dan juga putih. Tumbuhan ini juga terdapat bagian seperti bunga berukuran kecil di atasnya. Batangnya memiliki bentuk seperti bambu dan berukuran kecil.

Jawabannya adalah asparagus.

Masih banyak beberapa orang yang belum mengetahui jenis sayuran seperti ini. Padahal sayuran asparagus ini memiliki gizi yang sangat baik untuk tubuh.

Asparagus juga dapat dikonsumsi dengan cara pengolahan ditumis atau dipanggang. Menjelang matang, aromanya sangat khas dan bisa membuat perut keroncongan. Batang yang semula keras pun jadi lunak setelah matang.

Tumbuhan yang satu ini termasuk dalam sayuran jenis batang dan dapat pula dihidangkan sebagai salah satu campuran sup.

3. Brokoli

3. Brokoli
Pexels/Pixabay

Tahukah kamu jenis tumbuhan yang seperti bunga ini?

Ciri-cirinya adalah tumbuhan ini memiliki bunga atau kembang yang tersusun rapi dan juga cukup rapat. Terdapat pula daun-daun berukuran besar disekitarnya. Pada bagian bunga atau kembangnya memiliki warna putih dan ada pula yang berwarna hijau. Memiliki batang yang tebal namun pendek.

Ya, jawabannya adalah brokoli.

Tumbuhan yang satu ini berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah ada dan dibudayakan semenjak zaman Yunani Kuno. Brokoli termasuk sayuran yang memiliki banyak kandungan gizi untuk tubuh, seperti mineral, vitamin, serat, dan juga antioksidan. 

Selain itu, tumbuhan ini dapat dikonsumsi dengan cara di tumis, direbus, dan juga dapat dikukus. Brokoli juga dapat dihidangkan sebagai pendamping atau campuran makanan seperti sup ataupun pasta.

4. Paprika

4. Paprika
Pexels/Kai Pilger

Tahukah kamu nama sayuran yang satu ini?

Tumbuhan ini memiliki memiliki warna yang beragam yaitu, merah, kuning, hijau, oren, dan juga ungu. Tumbuhan ini memiliki ukuran yang cukup pasar dan memanjang. Selain itu, terdapat pula seperti tangkau daun pada bagian atas tumbuhan ini.

Tumbuhan ini juga mirip dengan cabai, namun tidak memiliki rasa pedas.

Jawabannya adalah paprika.

Paprika termasuk jenis tumbuhan yang tergabung dalam terong-terongan. Paprika juga kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam sebuah masakan. Tumbuhan yang satu ini memiliki kandungan yang bergizi yang baik untuk dikonsumsi.

5. Kentang

5. Kentang
Pexels/Daniel Dan

Tidak asing dengan sayuran ini? Coba tebak apa namanya.

Tumbuhan ini memiliki bentuk seperti ubi dengan kulit yang berwarna cokelat. Ukurannya ada yang kecil dan ada pula besar. Selain itu, tumbuhan yang satu ini cukup enak dan dapat dijadikan sebagai pengganti nasi.

Ya, jawabannya adalah kentang.

Banyak yang mengira kentang adalah buah, padahal tumbuhan ini termasuk dalam jenis sayuran. Kentang terdiri dari tiga jenis, di antaranya kentang merah, putih, dan juga kuning. Kentang termasuk dalam jenis sayuran umbi-umbian. Penggolongannya pun juga berdasarkan dari daging umbi dan warna kulit.

Kentang juga banyak sekali dikonsumsi baik anak-anak hingga orang dewasa karena memiliki kandungan karbohidrat. Bahkan, kentang juga dijual bersama dengan jenis junkfood yang ada.

6. Buncis

6. Buncis
Pexels/Yulia Rozanova

Apakah nama sayuran yang satu ini?

Sayuran ini berwarna hijau yang memiliki ukuran panjang. Memiliki kulit dan buah yang lurus dengan benjolan dari biji-biji di dalamnya. Bentuknya polos dan besar.

Jawabannya adalah buncis.

Sayuran ini termasuk dalam jenis sayuran polongan dan dapat dimanfaatkan mulai dari daun, buah dan bijinya. Sayuran yang satu ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kacang panjang, namun memiliki ukuran yang lebih pendek.

Buncis termasuk tumbuhan yang tumbuh dengan merambat dan berasal dari Amerika. Tumbuhan ini juga termasuk dalam biji tunggal dan memiliki akar yang tunggang.

Editors' Picks

7. Jamur

7. Jamur
Pexels/Anton Atanasov

Tahukah sayuran yang memiliki bentuk seperti payung ini?

Tumbuhan ini memiliki berbagai macam jenis dengan bentuk dan warna yang cukup banyak, seperti mendatar dan bulat. Ada yang beracun dan ada juga yang dapat dikonsumsi. Bentuknya bercabang dengan batang yang kecil. Ukurannya pun mulai dari yang kecil bahkan juga ada yang besar.

Jawabannya adalah jamur.

Tumbuhan satu ini terdiri atas benang-benang anyaman yang banyak dan bercabang. Benang ini disebut juga dengan hifa. Beberapa jenis jamur ada yang dapat dikonsumsi layaknya seperti sayuran, namun beberapa tidak dianjurkan karena mengandung racun.

8. Sawi

8. Sawi
Pexels/Laker

Apakah nama sayuran yang satu ini?

Tumbuhan ini memiliki daun yang halus dan lonjong serta tidak berbulu dan tidak memiliki krop. Batangnya cukup panjang dan memiliki akar yang bulat memanjang. Sayur ini memiliki warna hijau dan juga putih.

Jawabannya adalah sawi

Sayuran yang satu ini dapat digunakan sebagai pelengkap makanan. Bahkan sayuran ini juga dikonsumsi sebagai pelengkap saat makan mie. Sayur ini juga dapat diolah dengan cara ditumis. Sawi juga mengandung karbohidrat, protein dan vitamin yang tentunya baik untuk tubuh.

9. Sayur Bayam

9. Sayur Bayam
Pexels/Yaroslav Shuraev

Tahukah kamu nama sayuran yang satu ini?

Sayur ini memiliki daun dan batang berwarna hijau. Memiliki daun yang panjang dan melebar serta batang yang halus dan tidak terlalu tebal. Tumbuhan ini juga memiliki akar yang memanjang.

Ya, jawabannya adalah bayam.

Sayur ini dikenal dengan kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Bayam termasuk sayuran yang tumbuh di daerah tropis dan juga subtropis. Selain itu, bayam juga merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika. 

10. Mentimun

10. Mentimun
Pexels/Alena Darmel

Apakah nama sayuran yang satu ini?

Tumbuhan ini memiliki warna hijau dengan ukuran yang memanjang. Memiliki rasa yang segar dan dapat dikonsumsi secara langsung. Selain itu, timun juga memiliki biji yang terdapat di dalam dagingnya dan dapat pula dikonsumsi. Biasanya dihidangkan bersama nasi goreng.

Ya, jawabannya adalah timun.

Timun dapat dikelompokkan menjadi sayuran dan buah-buahan. Berdasarkan sejarahnya timun berasal dari benua Asia dan sudah menyebar ke berbagai dunia. Timun juga kaya akan sumber air dan memiliki berbagai jenis vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

11. Seledri

11. Seledri
Pexels/Marina Leonova

Tahukah kamu jenis sayuran satu ini?

Sayuran ini memiliki warna hijau dengan daun yang gemuk dan bercabang. Kemudian, sayuran ini juga memiliki batang yang pendek Sayuran jenis ini biasanya dihidangkan sebagai pelengkap dari makanan, seperti sup, soto, dan berbagai makanan lainnya.

Ya, jawabannya adalah seledri.

Seledri termasuk dalam sayuran daun dan juga dapat dijadikan sebagai tumbuhan obat. Walaupun begitu, sayuran ini juga kerap dijadikan sebagai bagian dari bumbu masakan. Seledri juga termasuk dalam tumbuhan yang dapat ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah.

12. Terong

12. Terong
Pexels/Alexandr Podvalny

Apakah jenis sayuran ini?

Memiliki ukuran yang besar dan cukup panjang. Tumbuhan ini juga memiliki warna ungu serta mirip dengan timun. Selain itu, tumbuhan ini memiliki batang hijau pada bagian pucuknya.

Jawabannya adalah terong.

Terong merupakan tumbuh-tumbuhan yang dapat menghasilkan buah namun juga dapat dijadikan sebagai sayuran. Tumbuhan yang satu ini juga berkerabat dengan timun dan berasal dari benua Asia. Terong juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

13. Tauge

13. Tauge
blog.sayurbox.com

Apakah nama tumbuhan yang satu ini?

Tumbuhan ini memiliki batang berwarna putih dengan kecambah diatasnya. Tumbuhan ini juga memiliki ukuran yang kecil dan memanjang. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat dikonsumsi dengan cara ditumis atau sebagai pelengkap masakan.

Jawabannya adalah tauge.

Tauge merupakan tanaman baru yang berkembang dari biji. Perkembangan inilah yang disebut dengan kecambah. Tauge berasal dari kacang hijau yang ditanam. Sayuran satu ini diketahui dibudidayakan di Asia Timur dan juga Asia Tenggara.

14. Wortel

14. Wortel
Pexels/mali maeder

Apakah nama sayuran satu ini?

Sayuran ini memiliki bentuk bulat pada bagian pucuknya dan tumbuh memanjang berbentuk kerucut. Selain itu, sayuran ini juga memiliki warna oren dan memiliki batang hijau dibagian pucuknya. Sayuran ini juga termasuk makanan kesukaan kelinci.

Ya, jawabannya adalah wortel.

Wortel memiliki kandungan karbohidrat yang baik dalam tubuhnya. Sayuran yang satu ini juga dapat dikonsumsi saat mentah, direbus bahkan dibuat untuk jus dan juga pudding. Wortel juga memiliki kandungan beta-karoten sebagai antioksidan.

15. Tomat

15. Tomat
Pexels/Arina Krasnikova

Tumbuhan yang satu ini tentu sudah tidak asing, coba tebak!

Ciri-cirinya adalah tumbuhan ini memiliki bentuk bulat dan memiliki warna merah dan juga hijau. Selain itu, tumbuhan ini memiliki batang daun pada pucuknya serta memiliki rasa yang manis dan juga asam. Bentuknya berukuran sedang dan ada juga yang berukuran kecil seperti ceri.

Jawabannya adalah tomat.

Tomat juga banyak dikira seperti tumbuhan sayur-sayuran karena berbentuk buah. Tomat merupakan tumbuhan yang memiliki siklus hidup yang singkat dan dapat dikonsumsi saat mentah ataupun dimasak. Bahkan tomat juga dapat dijadikan minuman jus.

Nah, itulah tebak-tebakan sayuran yang dapat diikuti oleh si Kecil. Bagaimana? Sudah tahu jenis dan nama sayuran ini kan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.