Penting, Beritahu si Kecil Adab dan Doa Ketika Bersin

Ada beberapa adab dan doa yang harus dilaksanakan saat bersin sesuai dengan sunah Nabi Muhammad SAW

11 April 2021

Penting, Beritahu si Kecil Adab Doa Ketika Bersin
Freepik/User6624752

Bersin adalah pengeluaran udara yang kuat dan tidak disengaja melalui mulut. Hal tersebut terjadi untuk menghilangkan iritasi dari hidung atau tenggorokan. 

Dalam agama Islam, ada beberapa etika yang harus Mama ajarkan kepada si Kecil ketika ia bersin.

Selain itu, Mama juga harus mengajarkan doa-doa yang dapat dibaca setelah anak selesai bersin dan ketika anak mendengar orang lain bersin.

Berikut ini Popmama.com membagikan informasi mengenai adab saat bersin dan doa ketika bersin. Simak yuk Ma, lalu ajarkan pada si Kecil!

1. Menutup mulut dan wajah dengan tangan atau kain

1. Menutup mulut wajah tangan atau kain
Freepik/Jcomp

Saat hendak bersin tutup mulut dengan tangan, sapu tangan, atau tisu. Hal ini bertujuan agar virus yag keluar dari mulut tidak menular ke mana-mana. Etika ini seperti yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Abu Hurairah berkisah;

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ

“Sesungguhnya Nabi Saw ketika bersin, beliau menutup wajahnya dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya.” (HR. Al-Tirmidzi).

Editors' Picks

2. Rendahkan suara saat bersin

2. Rendahkan suara saat bersin
Freepik/Anchaleeyates

Saat bersin dianjurkan untuk merendahkan suara sehingga tidak mengganggu atau menyakiti orang lain. Nabi Muammad SAW bersabda;

إذا تجشأ أحدكم أو عطس فلا يرفعن بهما الصوت ، فإن الشيطان يحب أن يرفعه بهما الصوت

“Jika salah seorang di antara kalian bersendawa atau bersin, maka jangan mengeraskan suara dengan keduanya. Karena setan senang terhadap salah seorang dari kalian yang mengeraskan suara saat bersin dan bersendawa.” (HR. Al-Dailami)..

3. Membaca hamdalah

3. Membaca hamdalah
immunise4life.my

Setelah bersin, seseorang dianjurkan untuk membaca hamdalah dengan suara keras agar didengar oleh orang lain. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW berikut;

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

“Jika salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, ‘Alhamdulillah’ dan saudaranya atau temannya (yang mendengar) hendaklah mengucapkan, ‘Yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu).’ Jika saudaranya berkata ‘Yarhamukallah,’ maka hendaknya dia berkata, ‘Yahdikumullah wa yushlihu balakum (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).” (HR. Al-Bukhari).

4. Doa setelah bersin

4. Doa setelah bersin
iqra.id

Bersin termaksud nikmat dari Allah SWT sehingga manusia bisa mengeluarkan virus yang berada dalam dirinya.

Maka sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, kita dianjurkan membaca beberapa doa berikut ini setelah bersin dan ketika mendengar orang bersin:

1. Doa ketika kita bersin

Karena sudah diberi nikmat untuk mengeluarkan virus yang ada dalam tubuh, maka kita harus mengucapkan hamdalah.

اَلْحَمْدُ ِللهِ

al-hamdu lillaahi

artinya : "Segala puji bagi Allah"

2. Doa ketika mendengar orang lain bersin 

Jika ada seseorang di sekitar kita bersin dan mengucapkan hamdalah, wajib bagi kita membalasnya dengan doa berikut ini:

يَرْحَمُكَ اللهُ

yarhamukalloohu

artinya: "Semoga Allah memberi rahmat kepadamu"

3. Membalas doa dari orang lain yang mendengar bersin 

Ketika ada orang lain yang menanggapi ucapan Alhamdulillah kita saat bersin, maka kita harus kembali berdoa untuknya dengan membaca doa berikut:

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

”Yahdiikumulloh wa yaslihu balakum”

artinya: “Semoga Allah memberikan petunjuk atas mu dan membaguskan keadaanmu”

Itulah adab saat bersin dan doa ketika bersin yang wajib Mama ajarkan kepada si Kecil. Semoga kedepannya anak mama dapat menerapkan etika dan dan doa-doa setelah bersin dalam kehidupan sehari-hari ya, Ma. Semangat terus mendampingi si Kecil belajar!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.