Masih Kecil, Arsy Hermansyah Anak Ashanty Sudah Semakin Gemar Berhijab

Si Kecil sudah mulai diajarkan berhijab sejak dini belum nih, Ma?

16 Januari 2019

Masih Kecil, Arsy Hermansyah Anak Ashanty Sudah Semakin Gemar Berhijab
Instagram.com/queenarsy

Ma, si Kecil di rumah sudah mulai diajarkan untuk memakai hijab belum nih? 

Walau usianya masih kecil, tidak ada salahnya untuk mulai memperkenalkan hijab kepada anak-anak. Asalkan pakaian atau model hijab yang dipilih sesuai dengan usianya. 

Jika Mama memerhatikan Instagram pribadi dari Ashanty dan putri pertamanya Arsy Addara Musicia Nurhermansyah pasti seringkali melihat Arsy bergaya dengan menggunakan hijab. 

Tak jarang melalui beberapa unggahan foto dan video di dunia maya, tingkah gemas Arsy yang memakai hijab didukung oleh orangtua dan kakak-kakaknya.

Untuk Mama yang penasaran dengan beberapa potret Arsy yang kerap memakai hijab, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

Selain itu, intip juga beberapa tips mengenai cara memperkenalkan hijab kepada si Kecil sejak usia dini. Semoga bisa menjadi inspirasi tersendiri ya, Ma.  

1. Memberikan contoh kepada anakĀ 

Seperti yang sudah Mama ketahui kalau peran orangtua sangatlah berpengaruh terhadap kepribadian positif si Kecil.

Untuk membantu anak-anak di rumah mulai berhijab dan terus semakin konsisten, Mama perlu menjadi teladan untuknya. 

Keteladanan yang diperlihatkan dari orangtua ke si  Kecil cukup berpengaruh terhadap perkembangan dirinya. Apalagi anak-anak gemar mengikuti apa yang telah dilakukan oleh orangtuanya. 

Namun, perlu diingat berusahalah untuk memberikan teladan agar si Kecil tetap berpenampilan layaknya anak-anak. Dari banyaknya model hijab, si Kecil harus diajarkan menggunakan hijab sesuai dengan usianya. 

Ingat perlakukanlah si Kecil layaknya anak-anak bukan orang dewasa.

Baca juga: Arsy Hermansyah Ulang Tahun ke-4, Ashanty Bangga Terhadap Anaknya

2. Memperkenalkan anak dengan pakaian muslimah

Walau usianya masih kecil, Mama bisa mulai memperkenalkan pakaian muslimah sejak dini. Secara bertahap cara memperkenalkan pakaian muslimah bisa diawali dari memakai baju berlengan panjang, celana panjang dan juga hijab anak-anak. 

Mama perlu memilih bahan yang mudah menyerap keringat, sehingga si Kecil merasa nyaman dan tidak gerah saat memakainya. 

Selain itu, Mama juga bisa mengajak si Kecil untuk memilih pakaian muslimah sesuai dengan kesukaannya. Hal ini tentu membantu dirinya semakin merasa lebih senang saat menggunakan pakaian yang dipilihnya. 

Baca juga: Arsy Anak Ashanty Pakai Kemeja Bermata Satu, Ini Komentar Warganet

Editors' Picks

3. Dilatih agar menjadi kebiasaan tanpa perlu memaksa

Mama bisa membiasakan diri si Kecil tampil menggunakan hijab saat sedang keluar rumah atau sekedar pergi bermain bersama teman-temannya. 

Dimulai dari kebiasaan seperti ini, pelan-pelan si Kecil akan merasa nyaman dan mulai menggunakan hijab seterusnya.

Namun, seringkali di awal-awal memang cukup sulit karena mungkin dirinya belum terbiasa. Hal ini wajar terjadi, usahakan tidak terlalu memaksakan kehendak pribadi. 

Mulailah dari kebiasaan kecil yang sederhana terlebih dahulu. Jika si Kecil merasa nyaman, dirinya pasti akan konsisten dalam menggunakan hijab. 

Biarkan niat untuk menggunakan hijab datang sendiri tanpa ada paksaan dari siapapun ya, Ma.

Baca juga: 6 Alasan untuk Mama Berhenti Memaksa Anak Belajar

4. Selalu berusaha memberikan motivasi atau pujian

Memotivasi si Kecil menggunakan hijab bisa dilakukan dengan selalu memberikan pujian setiap kali dirinya berhasil berhijab.

Tak perlu segan untuk memberikan pujian karena anak mama akan merasa dihargai dan semakin termotivasi menggunakan hijab secara konsisten. 

Walau terkesan sepele, namun si Kecil saat diberikan pujian akan merasa usahanya memakai hijab tidak sia-sia bahkan bisa membuat orang-orang sekelilingnya merasa bahagia. 

Pujian di awal-awal usaha si Kecil menang sangat dibutuhkan, tetapi setelah mulai konsisten dirinya akan merasa nyaman menggunakan hijab walau tanpa ada pujian. 

5. Fasilitasi lingkungan yang baik untuk anak

Lingkungan menjadi salah satu faktor pendukung untuk seseorang membentuk perilaku kesehariannya.  

Saat Mama berusaha memperkenalkan dan membiasakan si Kecil menggunakan hijab, ada baiknya juga diikuti dengan memilihkan lingkungan yang baik untuk dirinya.

Berada di lingkungan yang positif dan mayoritas anak-anak lain menggunakan pakaian serupa, tentu akan semakin membuat si Kecil merasa lebih nyaman. Dirinya pun akan tidak merasa malu kalau harus menggunakan hijab. 

Namun, jika si Kecil berada di lingkungan yang negatif akan dikhawatirkan dirinya bisa ikut terpengaruh secara perlahan-lahan. Usahakan jangan sampai ini terjadi ya!

Itulah beberapa potret dari Arsy Addara Musicia Nurhermansyah, putri pertama dari pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty.

Semoga beberapa tips di atas mengenai cara mengajarkan anak berhijab bisa diterapkan ke si Kecil ya, Ma. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;