3 Rekomendasi Animasi Anak yang Mengedukasi Selama Ngabuburit di Rumah

Ada karakter baru yang bisa mengajarkan terkait agama kepada anak nih, Ma!

24 April 2020

3 Rekomendasi Animasi Anak Mengedukasi Selama Ngabuburit Rumah
Instagram.com/hafizandhafizah/rikotheseries

Ngabuburit menjadi momen sekaligus pengalaman tersendiri untuk anak-anak dan orangtua sebelum berbuka puasa ya, Ma. Apalagi bulan Ramadan tahun ini terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena semua umat muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa di rumah masing-masing. 

Demi ngabuburit selama #DiRumahAja yang tidak membosankan, orangtua perlu mengatur strategi agar anak-anak tetap memiliki aktivitas yang menyenangkan. 

Tak jarang banyak orangtua yang berusaha memberikan pengalaman ngabuburit yang positif untuk anaknya, meskipun hanya berada di rumah.

Pengalaman ngabuburit yang positif bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, seperti menonton sebuah tayangan animasi bersama.

Jika Mama sedang mencari beberapa alternatif terkait rekomendasi tontonan animasi anak untuk ngabuburit di rumah, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Ada karakter baru untuk animasi anak di tahun 2020 ini nih, Ma.  

Editors' Picks

1. Hafiz dan Hafizah

Ketika menunggu waktu berbuka puasa, anak-anak bisa belajar mengenal agama lebih dalam dengan menonton sebuah tayangan serial. 

Animasi 3D Hafiz Hafizah bisa menjadi salah satu animasi lokal yang memberikan edukasi tayangan islami untuk anak-anak. Serial animasi anak ini bercerita tentang petualangan sehari-hari dari saudara kembar bernama Hafiz dan Hafizah, keduanya pun memiliki cita-cita untuk menjadi penghafal Alquran.

Selain karakter Hafiz serta Hafizah, ada juga Kubil, Humaira dan Niko. Mereka berlima selalu membuat masalah dan harus diselesaikan berdasarkan Alquran dan Hadits.

Ketika si Kecil menonton, Mama pun bisa ikut mendampingi agar dapat menjadi bahan diskusi bersama terkait topik yang sedang dibahas. 

2. Nussa

Setiap orangtua tentu ingin menanamkan berbagai pembelajaran untuk menciptakan anak-anak dengan karakter positif. 

Saat menjelajahi YouTube, channel Nussa Official bisa alternatif sebagai tontonan positif selama ngabuburit menunggu waktu berbuka. Karakter Nussa dan Rarra bisa menjadi teladan karena baik saat ditiru oleh anak-anak. 

Nussa dan Rara menceritakan tentang dua saudara kandung yang menjalani kesehariannya dengan menerapkan ajaran-ajaran agama Islam.

Nussa dan Rarra pun hadir dengan episode yang mampu mengedukasi anak-anak ketika ngabuburit selama puasa. Dari tayangan Nussa dan Rarra, si Kecil dapat mengerjakan beberapa pembelajaran, mulai dari: 

  • Mengajarkan anak untuk belajar ikhlas. 
  • Menyadarkan bahwa senyum itu termasuk sedekah. 
  • Pelan-pelan belajar untuk berpuasa. 
  • Mengajarkan tentang adab tidur. 
  • Mengingatkan mengenai adab makan. 

Selain itu, ada pembelajaran positif yang bisa diterapkan sebagai pendewasaan si Kecil ke depannya.

3. Riko The Series

Riko The Series adalah tayangan hiburan yang mendidik, dengan demikian animasi ini disebut sebagai animasi edutainment. Salah satu tayangan animasi anak yang bisa ditonton oleh anak-anak selama ngabuburit telah rilis secara perdana pada bulan Februari lalu. 

Riko The Series menceritakan tentang kehidupan Riko dan robotnya Q11O dalam sebuah petualangan untuk mencari tahu tentang berbagai macam hal atau peristiwa yang sedang terjadi di sekitarnya. 

Sosok Riko digambarkan sebagai seorang anak laki-laki berusia 8 tahun yang cukup antusial dengan ilmu pengetahuan alam, energik, suka mengeksplorasi dan pantang menyerah. 

Tak hanya berisikan tentang ilmu pengetahuan saja, namun Riko mengajarkan berbagai pembelajaran ke anak termasuk ilmu agama. 

Episode baru Riko The Series akan hadir pada setiap Jumat, pukul 16.00 WIB.

Itulah beberapa rekomendasi tontonan animasi anak yang dapat menemani dan mengedukasi anak selama ngabuburit di rumah. 

Semoga rekomendasi yang bisa orangtua berikan kepada anak ini dapat bermanfaat untuk membentuk karakternya ya, Ma. 

Selamat menonton!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.