5 Kegiatan Bonding Mama dan Anak saat Liburan

Manfaatkan waktu liburan untuk meningkatkan bonding antara Mama dengan anak

19 Juni 2022

5 Kegiatan Bonding Mama Anak saat Liburan
Pexels/Andrea Piacquadio

Ada beberapa cara yang bisa orangtua lakukan untuk mempererat hubungan atau bonding dengan anak-anaknya. Salah satunya selalu meluangkan waktu kita untuk dihabiskan bersama si Kecil.

Saat di hari-hari biasa mungkin Mama dan Papa memiliki sedikit waktu bersama anak, cobalah manfaatkan waktu liburan untuk kembali mempererat bonding bersama putra putri tercinta.

Cobalah dengan mengisi kegiatan seru yang dapat membangun kedekatan, khususnya kedekatan antara Mama dan juga si Kecil.

Bisa diagendakan sejak jauh-jauh hari, apa aja sih kegiatan seru yang bisa dilakukan Mama bersama anak?

Berikut Popmama.com rangkum beberapa kegiatan bonding mama dan anak saat liburan. Bikin semakin dekat!

1. Memasak bersama

1. Memasak bersama
Freepik/tirachardz

Aktivitas paling sederhana dan menyenangkan yang bisa Mama manfaatkan bersama si Kecil adalah dengan mengajak mereka memasak bersama. 

Mama bisa meminta anak untuk membantu mengaduk adonan, mengocok telur, mengambil dan memasukan bumbu ke dalam masakan, dan kegiatan dapur lainnya.

Meski terdengar sangat sederhana, namun ini akan memberikan kesan besar bagi buah hati kita, Ma. Mereka akan merasa diajak berkontribusi dalam membuat makanan untuk keluarga di rumah.

Selain itu meningkatkan bonding, memasak bersama anak juga akan membuat mereka antusias saat menikmati makanan hasil masakan mereka sendiri. Jadi double function, deh!

Editors' Picks

2. Belanja kebutuhan rumah

2. Belanja kebutuhan rumah
Pexels/gustavo-fring

Sebelum memasak, Mama juga bisa mengajak si Kecil untuk belanja kebutuhan rumah yang sudah habis. Nggak perlu terlalu jauh, cukup berbelanja di minimarket dekat rumah pun nggak masalah, kok.

Selain memasak, anak juga akan suka ketika diajak pergi belanja bulanan. Meski sering kali meminta beberapa 'amunisi' andalan mereka seperti permen, cokelat, atau ciki, tetapi kegiatan ini bisa Mama manfaatkan untuk mendekatkan diri pada anak.

Tak hanya dekat dengan anak, Mama juga bisa mengajak anak belanja sambil belajar, lho. Caranya adalah dengan mengenalkan beragam warna yang ada dari setiap barang, atau mengenalkan apa nama dan kegunaan barang-barang yang akan mereka beli nanti.

3, Membersihkan rumah bersama

3, Membersihkan rumah bersama
Pexels/Cottonbro

Kegiatan bonding mama dan anak saat liburan selanjutnya adalah membersihkan rumah bersama. Jika di hari-hari biasa Mama tak sempat membersihkan rumah atau pun kamar anak, saat liburan inilah waktu yang tepat untuk melakukannya bersama.

Mama bisa memulainya dengan mengajak anak merapikan kamar tidurnya sendiri. Misalnya dimulai dari membereskan mainan yang berantakan, hingga merapikan tempat tidur yang sudah digunakan.

Selain menjadi momen mendekatkan diri dengan anak, kegiatan ini juga bisa membantu Mama untuk melatih tanggung jawab dan kemandirian anak sedari dini, Ma.

4. Ajak anak keliling komplek

4. Ajak anak keliling komplek
Freepik/senivpetro

Liburan bersama anak nggak selalu mahal dengan mengunjungi tempat-tempat di luar rumah, kok. Mama bisa memanfaatkan area sekitar komplek atau taman bermain untuk menghabiskan waktu bersama anak.

Baik di pagi atau sore hari, Mama bisa mengajak anak untuk jalan-jalan keliling komplek. Selama perjalanan, Mama dan anak bisa bertukar cerita atau mengamati lingkungan sekitar.

Selain mendapat manfaat kesehatan dengan berjalan kaki, anak pun bisa semakin terbuka dengan Mama karena agenda bertukar cerita tadi. Tak hanya itu, anak juga bisa belajar hal-hal baru yang ada di lingkungan sekitarnya. 

5. Membacakan buku cerita

5. Membacakan buku cerita
Freepik/prostooleh

Kegiatan terakhir yang tak kalah bermanfaat adalah membacakan buku cerita. Ada banyak manfaat yang bisa Mama dapat saat membacakan cerita kepada si Kecil, salah satunya membangun kedekatan antara orangtua dan anak.

Jika Mama sedang mengurangi waktu layar atau screen time anak, kegiatan satu ini bisa jadi pilihan yang tepat agar anak tetap bisa mengisi waktu liburnya dengan kegiatan yang positif.

Selain membangun bonding yang kuat, membacakan buku cerita pada anak juga akan meningkatkan kemampuan kognitif mereka lewat cerita yang dibacakan. Jadi, anak pun bisa mendapat manfaat lebih dari kegiatan satu ini, Ma.

Itulah beberapa kegiatan bonding mama dan anak saat liburan yang bisa dilakukan. Agar waktu libur anak lebih bermanfaat, yuk isi dengan kegiatan seru yang dapat mempererat hubungan Mama dengannya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk