Jangan Dilarang, Ma! Ini Manfaat Mainan Panjatan-panjatan untuk Anak

Anak suka bermain panjat-panjatan? Ternyata bermanfaat juga, Ma!

6 Maret 2021

Jangan Dilarang, Ma Ini Manfaat Mainan Panjatan-panjatan Anak
Freepik

Memasuki usia pendidikan dini atau biasa dikenal dengan PAUD, umumnya membuat si Kecil menjadi lebih aktif dalam bergerak. Biasanya mereka akan banyak mengeksplor hal-hal baru yang ada disekitarnya.

Untuk membantu tumbuh kembang si Kecil, banyak dari orangtua memberikan mainan edukasi yang mampu membantu proses tumbuh kembang sang anak. Namun, tak melulu permainan indoor, Ma. Ada pula mainan yang dimainkan di luar ruangan tetapi tetap sarat akan manfaat.

Salah satunya adalah bermain panjat-panjatan seperti panjat tambang yang banyak disediakan di taman bermain sekolah atau pun sekitar rumah. Meski perlu pengawasan ekstra agar anak tetap aman, namun permainan ini justru memiliki ragam manfaat untuk si Kecil, Ma.

Apa saja manfaatnya? Berikut Popmama.com telah merangkum manfaat yang bisa anak mama dapatkan dari permainan panjat-panjatan. Disimak yuk!

1. Mengembangkan keterampilan fisik

1. Mengembangkan keterampilan fisik
News24.com

Permainan panjat-panjatan membuat si Kecil menjadi lebih aktif bergerak dan membantunya mengembangkan keterampilan fisik.

Dengan begitu, ini akan membantu anak mama dalam mengasah koordinasi, keseimbangan, keterampilan motorik kasar (gerakan besar seperti merangkak dan berjalan) dan keterampilan motorik halus (gerakan kecil seperti mengambil benda).

Selain itu semua, dengan bermain panjat-panjatan yang membuat anak aktif bergerak, permainan ini juga membantu mereka menggunakan simpanan energi alami yang ada pada diri mereka, sereta dampat membantu menjaga pola makan dan tidur menjadi lebih baik.

Editors' Picks

2. Melatih keseimbangan

2. Melatih keseimbangan
Drillwarrior.com

Meneruskan manfaat sebelumnya, permainan panjat-panjatan umumnya menggunakan media tali tambang yang dibuat seperti sarang laba-laba dan dipasang pada sebuah tiang besi, jadi permainan ini juga bisa menjadi salah satu cara dalam melatih keseimbangan anak sejak dini, Ma.

3. Membangun rasa percaya diri

3. Membangun rasa percaya diri
Treesunlimitednj.com

Dengan bermain panjat-panjatan, anak umumnya akan melatih keberanian mereka dan ini tentu akan membuat mereka membangun rasa percaya diri pada anak mama bahwa mereka bisa melakukannya.

Jadi, selain baik untuk tumbuh kembang fisiknya, ternyata juga baik untuk membangun rasa percaya diri anak agar menjadi seorang pemberani dalam berbagai hal.

4. Membangun emosi anak

4. Membangun emosi anak
Freepik

Saat anak bermain panjat tambang, mereka juga akan menggunakan emosinya dan belajar bagaimana mengekspresikan dan mengatur perasaan mereka. Mulai dari menunjukkan perasaan takut, frustrasi, kemarahan dan agresi dalam situasi yang mereka kendalikan.

Dengan begitu, ini juga akan menjadi kesempatan baik bagi anak dalam empati dan pengertian. Sehingga anak akan dengan mudah mengekspresikan emosi atau perasaan yang sedang dirasakan, Ma.

5. Membangun sosialisasi anak

5. Membangun sosialisasi anak
Nymag.com

Permainan ini juga dinilai mampu membangun rasa sosialisasi anak kepada teman-temannya. Sebab dalam bermain panjat-panjatan, anak mama dan temannya akan belajar bagaimana bergabung dengan sesama.

Seperti misalnya menunggu giliran mereka untuk memanjat, dengan begitu mereka belajar memhami peran dan aturan dalam lingkungan sekitarnya, Ma.

Nah, itu dia manfaat yang bisa didapat si Kecil dari bermain panjat-panjatan. Meski sarat akan manfaat, namun tetap awasi anak mama ketika bermain ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.