Manfaat Permainan Papan Titian untuk Anak-Anak, Pernah Mendengarnya?

Dapat melatih keseimbangan dan keberanian si Kecil nih, Ma

5 Maret 2021

Manfaat Permainan Papan Titian Anak-Anak, Pernah Mendengarnya
Pinterest.com/Chicago Parent

Mainan edukasi untuk anak beragam jenisnya, mulai dari permainan yang dilakukan indoor atau dalam ruangan, juga permainan outdoor atau permainan yang biasa dilakukan di luar ruangan.

Jika umumnya anak mama bermain permainan seperti ayunan, panjat tambang, perosotan dan sebagainya. Pernahkah mendengar atau bermain dengan papan titian, Ma?

Perminan ini merupakan mainan yang berbentuk papan persegi panjang yang diberi penyangga. Sekilas permainan ini tampak seperti kursi kayu panjang biasa, namun papan titian juga kaya akan manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil, Ma.

Berikut Popmama.com telah merangkum manfaat yang bisa anak mama dapatkan dari permainan papan titian. Apa saja kira-kira? Yuk, simak jawabannya berikut ini!

1. Melatih keseimbangan

1. Melatih keseimbangan
Nordangliaeducation.com

Mainan ini dimainkan dengan cara anak berdiri di atas papan yang dipasang tidak terlalu tinggi, kemudian berjalan dari ujung ke ujung lainnya.

Dengan begitu, permainan ini dikenal efektif dalam melatih keseimbangan anak karena mereka akan berjalan lurus mengikuti papan titian, serta luas permukaan papan yang cukup kecil.

Editors' Picks

2. Mengembangkan keterampilan fisik

2. Mengembangkan keterampilan fisik
Freepik/tirachardz

Tak hanya melatih keseimbangan, permainan papan titian juga membuat anak aktif bergerak sehingga mampu mengembangkan keterampilan fisiknya.

Memiliki ukuran yang tak terlalu besar dan memakan tempat, Mama bisa menyediakan permainan ini di rumah sebagai permainan edukasi yang bermanfaat untuk menguatkan fisik anak sejak dini.

3. Merangsang perkembangan otak anak

3. Merangsang perkembangan otak anak
Freepik

Permainan ini juga bisa merangsang perkembangan otak si Kecil, Ma. Sebab mereka akan berjalan menjelajahi papan dan belajar memproses bagaimana melewati rintangan tersebut.

Papan titian juga akan menguji penalaran dan kemampuan anak dalam menyelesaikan rintangan untuk mencapai sisi ujung papan. Sehingga membantu anak untuk memperkuat keterampilan berpikir kritisnya.

4. Melatih keberanian diri

4. Melatih keberanian diri
Freepik/prostooleh

Dengan berjalan melewati papan dari ujung ke ujung lainnya, maka keberanian diri anak pun akan terlatih, Ma. Sebab mereka diuji untuk menyelesaikan rintangan dengan papan yang ukurannya cukup kecil tersebut.

5. Membangun sosialisasi anak

5. Membangun sosialisasi anak
Freepik/Master1305

Ketika anak bermain papan titian bersama dengan teman-temannya, ini juga menjadi pembelajaran dalam membangun rasa sosialisasi, Ma.

Dalam menyelesaikan permainan ini, anak akan secara bergantian menunggu giliran mereka untuk melewati papan-papan yang terbentang dari ujung ke ujung lainnya.

Dengan begitu, anak akan saling menghargai, belajar memahami peran, serta mengetahui aturan dalam lingkungan sekitarnya, Ma.

Bagaimana, cukup bermanfaat untuk tumbuh kembang anak mama, bukan? Pastikan Mama atau Papa selalu mengawasi si Kecil ketika menyelesaikan permainan papan titian ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.