Melatih Kesimbangan Anak, Yuk Buat 3 Mainan Keseimbangan Di Rumah

Agar kegiatan di rumah saja tak membosankan, yuk buat permainan yang dapat melatih keseimbangan anak

4 Maret 2021

Melatih Kesimbangan Anak, Yuk Buat 3 Mainan Keseimbangan Rumah
Softstarshoes.com

Masih mewabahnya Covid-19 atau virus corona di Indonesia membuat banyak orangtua terpaksa tidak mengizinkan anak-anak mereka untuk bermain di luar rumah. 

Saat berada di rumah saja, bukan tak mungkin anak merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja. Untuk itu, sebagai orangtua kita perlu memikirkan cara menyenangkan apa yang bisa anak lakukan agar kegiatan di rumah saja tidak membosankan.

Mama bisa memberikan anak beragam mainan edukasi yang dapat menghibur sekaligus memberikan edukasi untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya memberikan mainan yang dapat melatih keseimbangannya.

Ada beragam jenis permainan yang dapat melatih keseimbangan anak-anak, permainan ini pun bisa Mama dan Papa buat sendiri di rumah untuk menemani kegiatan si Kecil selama di rumah saja. 

Lantas, apa saja dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak rangkuman yang sudah Popmama.com siapkan berikut ini, Ma, Pa!

Editors' Picks

1. Membuat permainan papan titian

1. Membuat permainan papan titian
Nordangliaeducation.com

Memiliki papan yang tak terpakai di rumah? Manfaatkan untuk membuat permainan papan titian saja yuk! Perminan satu ini menjadi mainan edukasi yang mampu melatih keseimbangan anak-anak, Ma.

Permainan papan titian merupakan permainan yang cara mainnya dengan melewati bagian ujung papan ke ujung papan lainnya. Biasanya papan berukuran panjang dan cukup kecil , yang dipasang memanjang dari ujung satu ke ujung lainnya.

Mama bisa menggunakan beberapa potong papan panjang, yang telah lebih dulu dihamplas agar permukaannya halus untuk anak lewati. Kemudian, agar anak lebih tertarik menggunakannya, beri cat warna yang terang, barulah pasang papan sesuai dengan bentuk yang diinginkan dan sesuai dengan ruangan yang ada di dalam rumah.

2. Membuat permainan tardisional dampu

2. Membuat permainan tardisional dampu
Ceritakembang.wordpress.com

Permainan dampu menjadi permainan tardisional yang cukup populer dikalangan anak perempuan, tetapi anak laki-laki juga bisa memainkan permainan ini kok, Ma. 

Dampu juga dikenal sebagai permainan tradisional yang mampu melatih keseimbangan anak-anak dan mudah dibuatnya. Sebab permainan ini hanya membutuhkan permukaan tanah atau jalan yang akan dibentuk menggunakan kapur.

Pertama, Mama bisa menyiapkan kapur warna warni sehingga anak lebih bersemangat memainkan permainan ini. Kemudian bentuk petak demi petak yang disesuaikan dengan luas tanah atau halaman rumah. 

Ketika bentuk petak dampu sudah terbentuk, selanjutnya berikan batu kecil atau benda pilihan anak sebagai alat untuk melempar ke setiap petak yang ada sesuai urutannya. Lalu ajak anak melompat dari satu petak ke petak berikutnya dengan cara melompat menggunakan satu kakinya.

Permainan ini tentu dapat mengajarkan anak untuk merencanakan gerak dan melatih keseimbangan tubuh dalam menyelesaikan dampu hingga petak terakhir.

3. Membuat mainan panjat tambang

3. Membuat mainan panjat tambang
Freepik

Memanjat juga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk melatih keseimbangan tubuh si Kecil, Ma. Salah satu permainan memanjat yang bisa dibuat sendiri di rumah adalah panjat tambang.

Caranya pun cukup mudah, Mama hanya perlu menyiapkan tali tambang sebagai bahan utama dalam membuat permainan ini. Kemudian siapkan papan atau besi sebagai penyangganya.

Papan atau besi yang sudah disiapkan, bisa Mama dan Papa pasang pada ruangan yang telah disesuaikan. Setelah itu, pasang tali tambang dengan pola sesuai selera atau abstrak untuk anak panjati.

Permainan panjat tambang pun bisa anak mainkan di rumah untuk melatih keseimbangandan koordinasi yang baik antara tangan dan kakinya ketika memanjat. 

Itu dia permainan edukasi yang dapat digunakan sebagai media melatih keseimbangan anak. Agar anak tak bosan dengan mainan yang itu-itu saja selama di rumah, yuk coba buat mainan-mainan di atas, Ma.

Semoga informasinya bermanfaat dan dapat diterapkan di rumah untuk permainan edukasi anak-anak mama ya. Selamat mencoba, Ma, Pa!

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.