Anak Suka Bermain Panjat-Panjatan? Yuk Buat Wall Climbing di Rumah!

Manfaatkan perlatan yang ada di rumah untuk membuat wall climbing yuk, Ma!

5 Maret 2021

Anak Suka Bermain Panjat-Panjatan Yuk Buat Wall Climbing Rumah
Freepik

Permainan panjat-panjatan seperti panjat tambang memiliki beragam manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Permainan panjat-panjatan menjadi salah satu mainan edukasi yang bisa diajarkan pada anak sejak dini, Ma.

Jika biasanya si Kecil dapat bermain panjat-panjatan dengan bebas di luar rumah bersama teman-temannya. Yuk, buat permainan panjat-panjatan sendiri di rumah agar kegiatan di rumah selama pandemi lebih menyenangkan.

Salah satu permainan panjat-panjatan yang bisa dibuat sendiri di rumah adalah wall climbing. Mama bisa memanfaatkan perlatan yang ada di rumah untuk memudahkan anak bermain.

Seperti apa cara membuat wall climbing untuk anak di rumah? Yuk, simak cara membuat yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

Editors' Picks

1. Perhatikan ruangan yang akan digunakan

1. Perhatikan ruangan akan digunakan
Decoist.com

Sebelum membuat wall climbing untuk anak di rumah, terlebih dahulu Mama harus memastikan ruangan yang akan digunakan sebagai permainan panjat-panjatan tersebut.

Sesuaikan wall climbing dengan ruangan yang akan digunakan. Jika umumnya wall climbing cukup besar, namun Mama dan Papa bisa membuatnya versi kecil untuk anak mainkan di dalam rumah.

Tips untuk membuat wall climbing untuk anak adalah dengan membuatnya dalam bentuk horizontal, sehingga meski tingginya terbatas, luas area panjat dinding yang akan dipanjat anak akan jauh lebih luas, Ma.

2. Menyiapkan bahan-bahan

2. Menyiapkan bahan-bahan
Thecreatedhome.com

Bahan yang perlu disiapkan pertama adalah papan yang tebalnya kurang lebih 3/4 atau 1 inci, papan ukuran ini dirasa cocok digunakan untuk anak-anak sebab banyak digunakan oleh gym pendakian. Disarankan memilih papan tipe Baltic Birch untuk kemanan dan kenyamanan anak mama.

Setelah itu, siapkan T-nuts atau alat pengikat kayu yang dipasang pada bagian belakang papan. Pasanglah T-nuts secara teratur dan beri jarak kurang lebih 6-8 inci agar Mama dan Papa dapat mengubah atau memindahkan pegangan ketika anak merasa kesulitan menggunakannya.

Selanjutnya siapkan juga bookser atau pegangan yang disesuaikan dengan volume papan panjat. Pastikan memilih genggaman yang berkualitas baik agar anak tetap merasa nyaman dan aman saat memanjat ya, Ma.

Terakhir, Mama bisa menyiapkan matras sebagai alas keamanan anak yang ditempatkan di bawah wall climbing. Gunanya untuk mengantisipasi jika genggaman anak terlepas dari pegangan wall climbing dan tidak membuatnya terbentur bagian lantai.

3. Cara membuat wall climbing sendiri

3. Cara membuat wall climbing sendiri
Hellowonderful.co

Setelah menyiapkan bahan, berikut cara membuat wall climbing di rumah:

  • Langkah pertama adalah dengan memotong kayu sesuai ukuran ruang yang telah disiapkan. Kemudian amplas hingga halus dan beri cat warna agar lebih menarik perhatian anak mama.
  • Pasang kayu yang sudah disiapkan pada area wall climbing, setelah driasa sudah pas, rekatkan dengan cara dibor menggunakan skrup tembok.
  • Pasang point-point dibeberapa sisi kayu dengan jarak yang tak terlalu jauh untuk dijangkau anak.
  • Jika semua sudah terpasang, selanjutnya pasang matras dibagian bawah sebagai alas pelindung anak saat bermain panjat-panjatan dengan wall climbing.
  • Wall climbing rumahan pun siap anak mainkan!

Itu dia cara membuat wall climbing yang dapat dijadikan mainan panjat-panjatan anak. Semoga informasinya bermanfaat dan dapat diterapkan di rumah untuk menemani kegiatan si Kecil selama di rumah saja ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.