Vitamin E untuk Anak: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Cukupi kebutuhan harian vitamin si Kecil yuk, Ma

21 Mei 2020

Vitamin E Anak Manfaat, Dosis, Efek Samping
Pexels/Burst

Vitamin E merupakan jenis vitamin yang berfungsi untuk memelihari kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, mata, sel darah, dan otak. Vitamin E alami bisa didapat dari makanan- sehari-hari yang dikonsumsi.

Pada umumnya, setiap orang termasuk anak-anak dapat memenuhi sumber vitamin E mereka dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin E alami. Dalam seharinya, anak membutuhkan kurang lebih vitamin E sebanyak ≤10 mg/hari tergantung dengan usianya. 

Mama bisa mendapatkan sumber vitamin E alami anak dari minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Selain itu, vitamin E dapat diperoleh dalam jumlah kecil dari sayur dan buah, seperti brokoli, bayam, dan kacang-kacangan.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat vitamin E pada anak, yuk simak rangkuman informasi dari Popmama.com berikut ini!

1. Manfaat vitamin E

1. Manfaat vitamin E
sittercity.com

Secara umum, kita mengetahui vitamin E bermanfaat untuk kesehatan kulit, padahal vitamin E memiliki banyak fungsi karena kandungan antioksidannya. Berikut beberapa manfaat yang bisa anak dapatkan dari vitamin E:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga pembuluh darah tetap lebar untuk mengalirkan darah ke berbagai organ tubuh.
  • Membantu sel-sel tubuh untuk melakukan fungsi vital.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Melindungi tubuh dari radikal bebas, yang menyebabkan kanker, penyakit Alzheimer, stroke, dan beberapa kondisi kesehatan kritis lainnya. 
  • Mencegah degenerasi makula terkait usia dan hilangnya penglihatan.
  • Mencegah penyakit Lou Gehrig, yang merupakan penyakit neurologis progresif.

Manfaat dan dosis vitamin E pada anak juga dapat membantu perkembangan otak anak lho, Ma! Jadi jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan vitamin E si Kecil ya!

Editors' Picks

2. Dosis pemberian vitamin E pada anak

2. Dosis pemberian vitamin E anak
Freepik

Setiap orang pada umumnya membutuhkan asupan vitamin E sebanyak ≤15 mg/hari, tergantung pada usia berapa orang itu. Berbeda dengan anak-anak, berikut usia dan dosis yang tepat untuk pemberian vitamin E pada anak:

  • Usia 1 – 3 tahun: 6 miligram (mg), atau 9 IU vitamin E setiap hari.
  • Usia 4 – 8 tahun: 7 mg, atau 10.5 IU per hari.

Mama bisa memenuhi asupan vitamin hariannya berdasarkan makanan sehari-hari yang ia makan. Vitamin E dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain itu, Mama perlu memerhatikan kandungan pada makanan yang diberikan pada anak agar sesuai dengan porsi usianya. Pastikan untuk anak usia 2 – 3 tahun tidak boleh mendapatkan asupan vitamin E lebih dari 200 mg (300 IU) per hari. Serta anak berusia 4 – 8 tidak boleh mendapatkan asupan vitamin E lebih dari 300 mg (450 IU) per hari. Diatas tadi info tentang dosis vitamin E untuk anak.

3. Efek samping vitamin E

3. Efek samping vitamin E
Freepik/9nong

Meskipun pada umumnya vitamin baik untuk kesehatan tubuh, namun jika digunakan secara berlebihan akan memberikan efek samping tersendiri bagi tubuh, salah satunya overdosis.

Jika vitamin E yang dikonsumsi tidak dalam dosis yang sesuai atau berlebihan, berikut efek samping vitamin E dibawah ini:

  • Mual
  • Diare
  • Kram perut
  • Sakit kepala
  • Tubuh menjadi lemah
  • Gangguan pada penglihatan
  • Ruam kulit

4. Mengonsumsi vitamin E yang benar untuk anak

4. Mengonsumsi vitamin E benar anak
fitnesshealthforever.com

Jika Mama memutuskan memberikan suplemen vitamin E pada si Kecil, Mama bisa memberikannya bersama dengan makanan karena penyerapan vitamin E dalam tubuh memerlukan lemak dari makanan.

Perlu diketahui bahwa anak yang mengonsumsi suplemen vitamin E dalam jangka panjang, disarankan untuk berkonsultasi kembali dengan dokter agar terhindar dari efek samping atau overdosis.

Dan yang terpenting adalah, meski suplemen vitamin baik untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan vitamin, namun suplemen hanya digunakan sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi saja ya, Ma! Bukan sebagai pengganti nutrisi dari makanan, jadi tetap perhatikan asupan makanan yang bergizi untuk tumbuh kembang si Kecil ya.

Itulah penjelasan pentingnya manfaat vitamin E untuk anak beserta dosis dan efek sampingnya. Semoga bermanfaat ya Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.