5 Tanda Anak Sudah Siap Belajar Membaca

Kenali tanda-tandanya terlebih dahulu, Ma

15 November 2018

5 Tanda Anak Sudah Siap Belajar Membaca
Freepik/escapejaja

“Anak-anak lain sudah bisa membaca, kok anakku belum bisa, ya?”

Apakah Mama salah satu orangtua yang sering mengeluhkan hal seperti itu? Jika ya, sebaiknya Mama tidak khawatir berlebihan mengenai hal ini. Tentu saja Mama tidak bisa membanding-bandingkan kemampuan anak, karena tumbuh kembang anak berbeda-beda.

Lalu kapan anak mulai lancar membaca? Sebelum membahas ini lebih jauh, Mama perlu mengetahui tahapan belajar membaca pada anak.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), usia 4 sampai 5 tahun adalah usia yang baik untuk mulai memperkenalkan anak pada dasar-dasar baca tulis. Kemampuan ini sering juga disebut pre-reading skills, yaitu pengenalan huruf dan angka, mendengarkan sajak berima, dan mencocokkan kata-kata dengan bunyi awal yang sama.

Namun sebelum memperkenalkan pre-reading skills ini pada anak, sebaiknya Mama melihat dulu sikap si Kecil, dan mempertimbangkan kesiapannya untuk mulai belajar membaca.

Mau tahu tanda-tanda anak Mama sudah siap belajar membaca? Kenali 5 tanda berikut ini yuk, Ma.

1. Mulai suka pura-pura membaca buku

1. Mulai suka pura-pura membaca buku
Pexels/Dariashevtsova

Walau belum bisa baca, namun sikap anak yang mulai pura-pura bisa lancar membaca ini menunjukkan ketertarikannya pada bacaan.

Sikap menggemaskan ini menunjukkan anak Mama mulai mengerti kalau membaca buku, majalah, atau bahkan keterangan di kotak sereal adalah hal yang seru. Biasanya anak yang sudah siap belajar membaca tidak hanya satu kali pura-pura membaca, namun bisa setiap hari.

Selain itu, anak juga biasanya suka pura-pura bisa menulis dengan pensil atau krayon.

Kalau anak Mama menunjukkan dua sikap ini, manfaatkan saja momennya dengan mulai mengenalkan huruf demi huruf.

2. Antusias saat dibacakan cerita

2. Antusias saat dibacakan cerita
Freepik

Indikator lain dari anak sudah siap belajar membaca adalah ia antusias saat dibacakan cerita. Bahkan, anak mulai memilih sendiri buku cerita yang mau dibacakan, memberikannya pada Mama, dan mengatur posisi duduk ternyaman untuk mendengarkan Mama membacakan cerita sampai selesai.

Editors' Picks

3. Setelah dibacakan buku, ia bisa menceritakan ulang

3. Setelah dibacakan buku, ia bisa menceritakan ulang
Freepik

Mama bisa mengetahui anak siap belajar membaca ketika ia antusias dibacakan cerita sampai selesai, dan bisa menceritakannya kembali dengan bahasanya sendiri.

Tak hanya itu, jika Mama melemparkan beberapa pertanyaan sederhana tentang cerita yang sudah Mama bacakan, si Kecil juga sudah mampu menjawabnya dengan benar.

Kalau sudah begini, berarti anak sudah menikmati untaian kata-kata. Ia juga sudah mengerti kalau kalimat-kalimat yang tersusun rapi akan menghasilkan cerita yang menarik. Maka ketika anak dengan cermat menceritakan kisah yang Mama bacakan, itu bisa menandakan ia siap belajar membaca.

4. Tahu cara memegang buku dengan benar

4. Tahu cara memegang buku benar
Pexels/kha-ruxury-287153

Tanda anak sudah siap belajar baca? Sudah pasti ia harus mulai tertarik dengan kalimat dan buku (atau media apa saja yang memiliki banyak kalimat).

Setelah anak mulai tertarik dengan bacaan, otomatis ia akan tertarik dengan berbagai buku (dan kadang meminta Mama membacakannya saat itu juga).

Kalau sudah begini, perhatikan apakah anak sudah bisa memegang buku dengan benar. Kalau ia sudah membuka halaman dengan benar (dari kiri ke kanan), dan mengerti awal kalimat dimulai dari kiri ke kanan, maka ini bisa jadi indikator anak Mama sudah siap belajar membaca.

5. Tertarik pada huruf dan angka

5. Tertarik huruf angka
Pexels

Selain sudah mengenal bentuk-bentuk dasar (seperti kotak, lingkaran, segitiga), anak yang sudah siap belajar baca juga akan menunjukkan ketertarikan pada huruf dan angka.

Menurut IDAI, di usia 4 sampai 5 tahun, anak mungkin juga mulai tertarik untuk menulis beberapa huruf dan angka. Selain itu, anak semakin nyaman (walau mungkin belum mahir) menggunakan alat tulis.

Untuk menunjang keterampilan ini, Mama dapat memberikan permainan mencari jalan, atau menghubungkan titik-titik untuk membentuk huruf dan angka.

Anak yang siap belajar membaca biasanya sudah bisa mengenal huruf besar dan huruf kecil, atau setidaknya menyanyikan lagu ABC.

Apakah anak Mama sudah menunjukkan tanda-tanda siap belajar baca ini? Jika ya, semoga si Kecil lekas lancar membaca, ya.