Yuk, Lakukan Cara Ini agar Rambutmu Cepat Panjang!

Rambut panjang yang sehat dan kuat akan membuat kamu tampil memesona

26 Maret 2020

Yuk, Lakukan Cara Ini agar Rambutmu Cepat Panjang
Unsplash/Brooke Cagle

Rambut diibaratkan sebagai mahkota perempuan. Hal ini karena keindahan rambut dapat membuat tampilan perempuan menjadi lebih menawan. Rambut panjang yang sehat dan kuat pun menjadi impian sebagian perempuan.

Namun, tidak semua perempuan memiliki pertumbuhan rambut yang cepat sehingga cukup sulit mendapatkan rambut panjang. Rambut yang sulit tumbuh panjang dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti adanya kerontokan, kurangnya vitamin pada akar rambut, atau salah memilih produk perawatan rambut.

Jika kamu mengalami kondisi ini, yuk simak beberapa cara untuk memanjangkan rambut yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Konsumsi vitamin untuk rangsang pertumbuhan rambut

1. Konsumsi vitamin rangsang pertumbuhan rambut
Pexels/Elemen5 Digital

Jika menggunakan vitamin rambut tidak sesuai dengan kebutuhan dapat justru membuat rambut rusak, maka kamu bisa menggantinya dengan vitamin yang didapat dari bahan alami.

Kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan vitamin B dan vitamin D sehingga membantu pertumbuhan rambut. 

Dilansir dari Medicalnewstoday, sebuah studi tahun 2012 dalam jurnal Stem Cells Translational Medicine menunjukkan bahwa vitamin dapat membantu menciptakan folikel baru atau pori-pori kecil di mana rambut baru dapat tumbuh. Hal ini dapat meningkatkan ketebalan rambut atau mengurangi jumlah rambut rontok.

Selain itu, vitamin D juga dapat membantu "membangunkan" folikel yang tidak aktif menjadi aktif kembali sehingga memicu pertumbuhan rambut. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B dan vitamin D dari makanan, seperti ikan salmon, jamur, dan biji-bijian. 

2. Cuci rambut dengan air dingin

2. Cuci rambut air dingin
Pexels/Pixabay

Dikutip dari Cosmopolitan, mencuci rambut dengan air dingin saat kermas bisa memberikan tambahan kekuatan pertumbuhan rambut. Air dingin membantu lapisan luar rambut lebih lancar sehingga dapat mencegah hilangnya kelembaban, hambatan, dan kerusakan akibat panas. 

Mencuci rambut dengan air dingin akan menghindari rambut kusut. Air dingin juga melindungi pori-pori kulit kepala tetap tertutup sehingga mencegah masuknya kotoran.

Selain itu, air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit kepala dan akar rambut mendapatkan semua nutrisi untuk tetap sehat.

Bagi kamu yang memiliki kulit kepala cenderung berminyak sebaiknya rajin dalam mencuci rambut. Kulit kepala yang sehat dapat membantu pertumbuhan rambut dengan baik. Jadi, jangan malas untuk mencuci rambut, ya. 

3. Sampo yang tepat dapat membantu pertumbuhan rambut

3. Sampo tepat dapat membantu pertumbuhan rambut
Pexels/Craig Addelrey

Sampo merupakan hal penting dalam perawatan rambut karena selain dapat membersihkan, juga membantu rambut cepat tumbuh. Sebaiknya, pilih sampo dengan bahan-bahan alami sehingga rambut terhindar dari kerusakan.

Dikutip dari TheCut, Dr. Dominic Burg, seorang ahli trikologi dan kepala ilmuwan di Evolis Professional menganjurkan kamu menghindari zat-zat yang tidak dibutuhkan pada sampo rambut, seperti SLS dan SLES, paraben, dan silikon, yang sering dilihat sebagai 'dimethicone' pada label.

Bahan-bahan kasar ini dapat menumpuk di kulit kepala, menyumbat folikel rambut, dan menyabot rencana pertumbuhan rambut. 

Setelah memilih sampo yang tepat, gunakan sampo dengan baik dan benar. Hindari menggunakan sampo terlalu lama pada rambut saat kepala.

Hal ini karena dapat  membuat kulit kepala dan rambut kehilangan minyak alami yang dapat menyebabkan rambut rapuh dan memicu kerusakan sehingga rambut kamu sulit tumbuh panjang.

Editors' Picks

4. Jangan lupa gunakan kondisioner

4. Jangan lupa gunakan kondisioner
Pexels/Bennie Lukas Bester

Tak hanya mencuci rambut dengan air dingin dan sqmpo yang tepat, menggunakan kondisioner dalam perawatan dapat membantu rambutmu lebih cepat panjang. Saat mencuci rambut, kondisioner akan bantu mengembalikan kelembapan rambut sehingga terhindar dari masalah rontok. 

Gunakan kondisioner yang membantu mengganti lipid dan protein di dalam batang rambut serta menjaga kutikula luar sehingga rambut tidak cepat rusak dan kamu dapat mendapatkan rambut panjang lebih cepat. 

Selain itu, penambahan kelembaban dalam perawatan yang didapatkan dari kondisioner juga membantu menumbuhkan batang rambut, meningkatkan elastisitas dan kekuatan rambut dari waktu ke waktu. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, aplikasikan kondisioner saat rambut masih dalam keadaan basah setelah keramas, lalu biarkan kondisioner bekerja dengan mendiamkannya pada rambut selama 15-30 menit.

Jangan lupa memilih jenis kondisioner yang tepat, gunakan kondisioner dengan zat yang membantu pertumbuhan rambut, seperti Zinc dan Biotin. 

5. Hindari penggunaan handuk dalam mengeringkan rambut

5. Hindari penggunaan handuk dalam mengeringkan rambut
Pexels

Proses pengeringan rambut juga dapat berpengaruh pada proses pertumbuhan. Mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar, seperti menggosok dan menggulungnya dengan kuat akan menyebabkan rambut kusut dan memicu kerusakan lainnya. 

Pilih handuk dengan bahan yang lebih lembut dari bulu mikrofiber dan cukup keringkan rambut dengan mengusapnya secara lembut. Jika kamu memiliki rambut cenderung keriting, pilih handuk dengan bahan katun.

Cara yang paling tepat untuk mengeringkan rambut adalah menggunakan udara dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya. 

Dengan pengeringan secara alami ini akan membantu rambut tehindar dari kusut, lebih mudah diatur, dan menguatkan rambut yang memengaruhi pertumbuhan rambut kamu. Rambut pun akan terjaga kelembapannya sehingga rambut terasa halus. 

6. Jaga rambut dari kerusakan

6. Jaga rambut dari kerusakan
Pexels/Moose Photos

Pertumbuhan rambut yang cepat dipengaruhi oleh kesehatan kulit rambut dan rambut itu sendiri. Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat kamu perlu bijak dalam memperlakukannya.

Sebaiknya kurangi perawatan rambut yang memicu kerusakan, seperti penggunaan hair dryer, mewarnai rambut, menggunakan pelurus rambut berbahan kimia. 

Kamu juga perlu melindungi rambut dari sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit kepala dan juga rambut. Matahari melemahkan struktur protein rambut sehingga rambut akan terasa kering dan elastisitasnya dapat berkurang. 

Kerusakan rambut yang disebabkan oleh sinar matahari biasanya ditandai dengan perubahan warna, helai rambut yang kering dan rapuh, ujung yang pecah, dan penipisan rambut.

Untuk mencegah kerusakan ini, kamu dapat menggunakan produk perawatan rambut yang diperkaya dengan pelindung sinar UV.

Kamu juga dapat melindungi rambut dengan menggunakan topi dan payung saat sinar matahari sedang terik. Dengan menjaga kesehatan rambut, maka pertumbuhan rambut dapat lebih cepat. 

7. Gunakan bantal yang tepat

7. Gunakan bantal tepat
Pexels/Bruce Mars

Saat tidur, rambut cenderung berantakan sehingga kamu bangun dalam keadaan rambut yang kusut dan kering yang dapat membuat rambut rusak. Untuk menghindari hal itu, maka kamu perlu memilih bantal yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan sarung bantal berbahan sutra yang lembut. 

Bantal sutra dapat menjaga kelembapan alami pada kulit kepala dan akar rambut. Meskipun tidak berpengaruh langsung pada pertumbuhan rambut, menggunakan bantal ini akan membuat rambut lebih teratur dan menjaganya tetap sehat sehingga memicu pertumbuhan rambut dengan baik. 

Selain itu, untuk mendapatkan rambut panjang yang sehat kamu perlu memenuhi nutrisi dan diimbangi dengan olahraga. Semoga bermanfaat, ya. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.