Jangan Salah Pakai, Inilah 5 Masker Wajah Sesuai Jenis Kulitmu

Siapa sih yang nggak ingin punya kulit wajah bersih dan mulus

14 Maret 2019

Jangan Salah Pakai, Inilah 5 Masker Wajah Sesuai Jenis Kulitmu
Freepik/prostooleh

Salah satu kegiatan wajib dari seorang perempuan yaitu merawat kulit wajah. Untuk menghindari masalah kulit, biasanya perempuan melakukan perawatan ekstra seperti facial di klinik kecantikan atau di rumah.

Sementara perawatan dengan memakai masker wajah secara rutin dapat membantu mengurangi masalah pada kulit dan menciptakan kulit yang lebih bersih.

Namun apakah kamu sudah tahu jenis face mask apa yang kamu butuhkan?

Yuk, kita bahas 5 masker sesuai jenis kulit wajah. Berikut pemaparan dari Popmama.com:

1. Kulit berminyak

1. Kulit berminyak
Freepik/elnurfreepik

Kamu punya kulit yang berminyak? Coba Clay mask ya, Ma. Masker ini salah satu jenis masker terpopuler dan sangat cocok untuk jenis kulitmu.

Bahan dasarnya terbuat dari tanah liat  yang memiliki tekstur kering, sehingga dapat menyerap kelebihan minyak dan kotoran yang menempel di kulit wajah.

Dengan memakai clay mask maka masalah kulit bisa teratasi, karena masker ini akan membantu proses deep-cleansing, mengeksfoliasi sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori.

Hasilnya kulit kamu terasa lebih kencang dan halus, sebab daya serap dari clay mask yang mengandung bahan tanah liat alaminya mampu membersihkan secara mendalam dengan menarik kelebihan minyak dan mikrokomedo di wajah.

Tapi sebaiknya tidak mengaplikasikan clay mask setelah melakukan perawatan pada kulit wajah ya.

2. Kulit kering

2. Kulit kering
Freepik/Benzoix

Nah, untuk kamu yang punya kulit kering kini bisa memilih masker sesuai jenis kulit. Ya. Kamu bisa memakai sheet mask.

Jenis masker ini sangat cocok untuk kulit wajahmu, karena formula dari sheet mask dapat diserap secara langsung oleh kulit dan dapat melembapkan wajah.

Sebaiknya kamu menggunakan masker hydrogel atau oil-based mask yang memiliki banyak kandungan olive oil dan vitamin E. Sebab masker tersebut bisa membuat kulit wajah terasa lebih kenyal.

Selanjutnya kamu memilih masker wajah yang menyediakan kelembapan ekstra seperti masker peel-off, krim, sheet mask, firming mask, atau masker alami dari buah-buahan untuk menjaga elastisitas kulit wajah.

Editors' Picks

3. Kulit kusam

3. Kulit kusam
Freepik/tetenio

Apakah kamu sering melakukan perawatan wajah dengan memakai face mask? Tentunya dengan perawatan untuk membuat kulit wajah lebih bersih dan bersinar.

Exfoliating mask dapat membantumu yang memiliki kulit kusam. Formula dari exfoliating mask akan bekerja mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan menjadikan wajah kamu jadi lebih bersih maksimal.

Sebab sebagian besar dari produk masker tersebut memiliki kandungan hydroxy acid dan enzim buah-buahan yang sangat baik untuk kulit wajah kusam.

Memakai masker exfoliate atau radiance mask juga dapat menstimulasi pertumbuhan jaringan kulit baru, lho.

Sementara untuk mencerahkan warna kulit wajahmu, sebaiknya menggunakan masker yang mengandung exfoliator berupa scrub atau butiran halus.

4. Kulit normal

4. Kulit normal
Freepik/Benzoix

Memilih masker wajah nggak bisa sembarangan, lho.

Jenis dan kondisi kulit berbeda kebutuhannya, sehingga harus memilih formula yang tepat pada produknya.

Coba cek, apakah kulitmu termasuk normal?  Sementara cream mask yang mengandung bahan minyak dan pelembap, sangat cocok untuk jenis kulit wajahmu.

Kandungan pada cream mask berfungsi menutrisi ke dalam lapisan kulit dan memperbaiki sel-sel yang mulai kering.

Oleh karena itu cream mask akan membantu mengoptimalkan perawatan kulit normalmu, sehingga kulit wajah jadi lebih kenyal dan glowing.

Sebaiknya pilihlah cream mask yang mengandung hyaluronic acid, ya.

Jenis masker tersebut memiliki sifat pengikat molekul air yang berfungsi untuk mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit wajahmu.

5. Kulit sensitif

5. Kulit sensitif
Freepik

Kulit sensitif itu lebih selektif dalam menentukan masker yang tepat. Jika kamu salah memilih, maka akan membuat kulit jadi memerah dan meradang.

Sebaiknya kamu memilih jenis masker yang mengandung banyak mineral. Sebab kandungan tersebut untuk menenangkan kulit dan menghindari peradangan.

Nah, kamu bisa memakai gel mask dalam merawat kulit wajah sensitif.

Gel mask memiliki efek ringan dan sensasi dingin dalam menenangkan kulit wajah yang sedang mengalami iritasi atau inflamasi. Kamu dapat aplikasikan gel mask berbahan dasar green tea atau aloe vera yang kaya akan antioksidan.

Kandungan dari green tea atau aloe vera itu sendiri berfungsi untuk mengurangi reaksi dari kulit sensitif dan dapat membantu melembapkan wajah.

Melakukan serangkaian skin care belum lengkap rasanya untuk menggunakan masker wajah. Dengan memakai face mask maka akan memaksimalkan hasil perawatan wajahmu.

Baca juga: